5 Rekomendasi Alternatif ReCAPTCHA Terbaik dan Gratis 2022

Epic99.com – Rekomendasi alternatif ReCaptcha terbaik. Google ReCAPTCHA merupakan sebuah layanan perlindungan bot yang sudah di perkenalkan oleh Google sejak tahun 2007. Sejak itulah ReCAPTCHA terus mengalami perkembangan hingga melayani jutaan situs web.

Namun beberapa waktu belakangan banyak pengguna yang berusaha untuk beralih dari Google Recaptcha dan mencari alternatif Recaptcha lainnya dengan berbagai alasan tertentu.

Nah, berikut ini Epic99 sudah merangkumkan beberapa alternatif terbaik ReCAPTCHA yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menggunakannya di bandingkan Google ReCAPTCHA.

Namun sebelum itu, Epic99 akan menjabarkan beberapa alasan mengapa banyak pengguna Google ReCAPTCHA yang beralih dan mencari alternatif lainnya.

Alasan pengguna beralih dari Google ReCAPTCHA

  • Tidak lagi menyediakan layanan gratis

Google ReCAPTCHA sudah tidak lagi menyediakan layanan gratis sejak permintaan tantangan 1juta yang tidak cukup untuk situs web maupun aplikasi besar.

  • Khawatir mengenai privasi data pengguna

Google mulai menggunakan data pengguna yang bertujuan untuk iklan sehingga terjadi pelanggaran informasi pribadi.

  • Kompatibilitas GDPR

Di bawah undang-undang GDPR, semua layanan captcha harus mendapatkan persetujuan pengguna sebelum mengumpulkan data pengguna untuk menggunakannya untuk tujuan iklan.

  • Potensi Penghasilan

Layanan alternatif Captcha lainnya memberikan peluang bagi pengguna untuk mendapatkan uang berdasarkan jumlah captcha yang di selesaikan dalam situs web.

Alternatif ReCAPTCHA Terbaik

1. hCaptcha

Menjadi salah satu alternatif ReCaptcha terbaik, hCaptcha merupakan layanan Captcha berbasis pembelajaran mesin yang di kembangkan oleh Intuition Machines.

Bahkan Cloudflare juga sudah beralih menggunakan hCaptcha di karenakan manfaat yang di berikan oleh captcha yang satu ini.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati layanan captcha terbaik ini secara gratis dan tanpa ada batasan jumlah permintaan captcha. hCaptcha juga mudah di instal di WordPress dan situs non WordPress lainnya serta memiliki beberapa dukungan integrasi dalam daftarnya.

2. MTCaptcha

Merupakan salah satu layanan captcha gratis yang cukup populer. MTCaptcha sangat mengutamakan privasi data penggunanya.

Selain itu MTCaptcha juga memiliki fasilitas penyesuaian antarmuka pengguna captcha sehingga mudah di rancang dan dapat menyesuaikan dengan tema situs web dengan alat pembuat kode MTCaptcha.

Kamu bisa menjadikan MTCaptcha ini menjadi pilihan terbaik terlebih jika captcha bulanan kamu tidak lebih dari 2 juta untuk 1 situs web. Dengan begitu kamu masaih bisa menikmatinya secara gratis.

3. WPForms

Captcha khusus WPForms memungkinkan kamu untuk menggunakan pertanyaan matematika acak atau bahkan pertanyaan khusus di bidang formulir yang hampir tidak bisa di selesaikan oleh Bot.

Meskipun dukungan captcha khusus juga di sertakan dalam addon WPForms. Yang merupakan fitur dari plugin berbayar WPForms. Namun ini hanyalah pengeluaran untuk satu kali dan tidak ada batasan jumlah captcha yang di hasilkan melalui addon captcha cutom WPForms.

4. BotDetect Captcha

Di luncurkan pertama kali pada tahun 2004 yang sekaligus menjadi captcha tertua dan paling banyak di gunakan di pasaran.

Bahkan paket gratis dari BotDetect Captcha ini memungkinkan kamu untuk menambahkan captcha hingga 1000 URL perdomain. Tentunya ini sangat cukup untuk situs web mulai dari skala kecil hingga skala menengah.

BotDetect merupakan opsi terbaik untuk aplikasi web dan situs web yang di bangun melalui platform melalui Angular, jQuery, .Net, dan juga Java. Dalam artian hampir semua situs web non WordPress menggunakan layanan captcha ini untuk mengeaktifkan fungsionalitas captcha.

5. Sucuri

Rekomendasi alternatif ReCaptcha terbaik yang terakhir adalah Sucuri. Meskipun Sucuri bukan penyedia layanan captcha yang berdiri sendiri, namun pada dasarnya Sucuri sendiri merupakan solusi keamanan situs web yang terbilang cukup populer.

Hanya saja Sucuri bukanlah captcha biasa, namun di tambahkan dan di lindungi oleh firewall aplikasi web yang memberikan perlindungan lengkap ke situs web dari bahaya malware, bot, dan lainnya.

Selain itu, Sucuri juga menawarkan berbagai cara untuk melindungi halaman web termasuk perlindungan kata sandi, otentikasi 2-faktor, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi ReCaptcha alternatif terbaik yang bisa kamu gunakan. Tentunya dari semua rekomendasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing di dalamnya.***