Epic99.com – Rekomendasi password manager terbaik 2022. Mungkin kebanyakan dari kita selalu membuat akun dengan password yang sama. Hal ini biasanya di lakukan agar dengan mudah mengingat password. Namun taukah kamu, dengan menggunakan password yang sama untuk berbagai akun tentunya akan memberikan efek yang berbahaya?

Nah, di sini epic99 akan jelasin ke kamu mengenai password manager yang tentunya akan memberikan keamanan tersendiri untuk semua akun yang kamu miliki.

Apa Itu Password Manager?

Untuk kamu yang belum tahu, password manager merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu kamu membuat dan menyimpan password dari semua akun yang kamu miliki.

Sebenarnya peramban yang biasa kita gunakan sudah tersedia fitur password manager. Itulah sebabnya saat kita membuat sebuah akun, kemudian peramban kita akan menawarkan agar kita bisa menyimpan username dan juga password.

Alih – alih hanya mengandalkan password manager dari fitur bawaan peramban. Nyatanya kamu juga bisa lho menggunakan aplikasi password manager yang bisa di install di perangkat yang kamu miliki. Kamu juga gak perlu khawatir, karena aplikasi password manager ini tentunya akan aman untuk digunakan.

Kelebihan Password Manager

Setiap aplikasi di bangun tentunya dengan berbagai kelebihan yang di tawarkan. Tidak terkecuali juga dengan aplikasi password manager ini yang memiliki kelebihan berikut ini :

  • Kebanyakan aplikasi password manager memiliki fitur yang bisa di gunakan untuk membuat password.
  • Dapat menyimpan banyak password yang sekaligus dapat di akses hanya dengan sekali klik saja.
  • Aplikasi password manager bisa di gunakan untuk menyimpan catatan penting dan rahasia agar terhindar dari kelupaan seperti pin atm.
  • Dapat di gunakan di banyak perangkat.
Baca Juga:  Zorin OS, Sistem Operasi Alternatif Bagi Pengguna Windows

Password Manager Terbaik 2022

1. NordPass

Aplikasi satu ini menjadi salah satu aplikasi password manager terbaik yang memiliki fitur keamanan maksimal. Bagaimana tidak, NordPass memiliki fitur keamanan yang super canggih dengan menggunakan XChaCha20. Yang mana XChaCha20 sendiri di anggap lebih aman dan lebih mudah untuk di implementasikan.

nordpass

Tidak cukup di situ aplikasi ini juga menggunakan Zero-Knowledge Protocols yang memungkinkan data pribadi pengguna tidak bisa di akses oleh siapapun kecuali pengguna itu sendiri.

NordPass juga menerapkan MFA melalui sidik jari, face recognition, dan juga Touch Id. Tidak salah rasanya jika perusahaan raksasa teknologi sekelas Google juga menggunakan aplikasi ini.

2. LastPass

Menjadi salah satu aplikasi password manager terbaik yang sudah di gunakan lebih dari 20 juta pengguna. LastPass juga bisa di gunakan oleh pengguna Windows, Mac, Android, dan juga iOS. Selain itu aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur menarik yang bisa di gunakan dalam versi premiun maupun berbayar.

rekomendasi password manager terbaik lastpass

Nantinya kamu akan bisa menyimpan password dengan jumlah yang tidak terhingga sekaligus dapat melakukan sinkronisasi dengan banyak perangkat. Tidak cukup di situ, LastPass juga memberikan keamanan tambahan melalui scan sidik jari dan wajah dengan MFA atau Multi-Factor Authentication.

Namun LastPass sendiri memiliki tampilan ramah pengguna hanya pada versi ekstensionnya saja, sedangkan dalam versi aplikasi, LastPass masih terbilang belum ramah pengguna.

3. Bitwarden

Memiliki fitur yang bisa di katakan lengkap. Nyatanya Bitwarden juga menjadi salah satu aplikasi password manager terbaik yang patut untuk kamu coba. Bitwarden memiliki fitur menarik seperti penyimpanan password yang tidak terhingga sekaligus melakukan sinkronisasi dengan berbagai perangkat.

rekomendasi password manager terbaik bitwarden

Tidak hanya itu, Bitwarden juga dapat menyimpan password secara offline yang terenskripsi dan tersedia kode OTP, 2FA, laporan kesehatan brangkas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga:  8 Aplikasi Launcher Terbaik Android 2022 : Ringan Dan Hemat Baterai !

Kelebihan lainnya dari aplikasi Bitwarden ini adalah fitur versi premiumnya memiliki harga yang murah jika di bandingkan dengan aplikasi serupa lainnya.

4. KeePass

Salah satu aplikasi password manager terbaik yang hanya menyediakan versi gratis. Meskipun gratis, namun keunggulan dari aplikasi ini tidak perlu lagi di pertanyakan. KeePass menyediakan beragam fitur menarik yang sayang untuk kamu lewatkan.

rekomendasi password manager terbaik  keepass

Dengan menggunakan aplikasi ini, nantinya kamu akan bisa menyimpan password, password generator, dan juga bisa menyimpan password dalam keadaan offline sekalipun. Selain itu, KeePass juga tersedia dalam versi portable yang bisa di bawa kemanapun dan tidak perlu menginstallnya dalam perangkat.

5. Dashlane

Aplikasi password manager terbaik lainnya adalah dashlane. Hal ini di karenakan fitur menarik yang tersedia pada aplikasi ini. Dashlane juga memungkinkan kamu untuk bisa mengganti banyak password sekaligus dan tidak terbatas.

dashlane

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan keamanan yang maksimal mulai dari AES 256 bit, Zero-Knowledge Protocols dan juga 2FA. Dengan menggunakan aplikasi ini tentunya tidak akan ada yang bisa mengakses data pribadi pengguna kecuali pengguna itu sendiri.

Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis, premium, dan juga family. Namun harga termurah dari versi berbayar yang ada di aplikasi ini terbilang lebih mahal di banding aplikasi serupa yang lainnya.

6. 1Password

Aplikasi 1Password merupakan salah satu aplikasi password manager terbaik yang menjadi rekomendasi pilihan untuk dicoba. 1password menyediakan banyak fitur menarik dan membuat semua password yang kamu miliki menjadi aman.

1password

Dengan menggunakan aplikasi ini nantinya kamu akan bisa mendapatkan informasi apabila terdapat data yang bocor. Selain itu aplikasi ini juga bisa menghapus sementara data yang kamu miliki. Hal ini tentunya akan membuatmu lebih aman saat kehilangan perangkat.

Baca Juga:  8 Aplikasi ERP Terbaik untuk Kemajuan Usaha Kecil dan Menengah

Namun aplikasi ini tidak menyediakan versi gratis dan hanya menyediakan aplikasi berbayar yang bisa kamu coba dengan free trial 14 hari.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi password manager terbaik yang bisa kamu coba. Tentunya dengan menggunakan aplikasi password manager dapat memberikan keamanan berlebih pada semua akun yanag kamu miliki.***