5 Rekomendasi Aplikasi Self Hosted Terbaik

Epic99.com – Aplikasi self hosted terbaik. Penggunaan website bisa di katakan susah – susah gampang. Bagaimana tidak, ada beberapa tahapan yang justru harus di lakukan untuk kemajuan website tersebut. Selain itu banyak layanan yang bisa kamu gunakan sehingga memudahkan kamu dalam melakukan pengembangan website.

Salah satunya adalah layanan self hosted yang memungkinkan kamu untuk menyimpan dan mengelola data di dalamnya. Bahkan hingga kini sudah banyak layanan self hosted yang bisa kamu gunakan.

Jika kamu penasaran, berikut ini beberapa aplikasi self hosted terbaik untuk kamu gunakan dalam pengelolaan website.


Apa itu Self Hosted ?

Nah untuk kamu yang masih belum tahu atau terdengar asing dengan istilah self hosted. Sebenarnya Self hosted merupakan layanan yang biasanya di sewakan untuk menyimpan data berupa website di mana nanti didalamnya bisa dibagikan bersama orang lain saat menggunakannya.

Selain itu layanan penggunaan self hosted bisa kamu lihat dari kemanan privasi yang kamu miliki. Oleh karenanya pastikan kamu melihat ketentuan privasi sebelum menggunakan layanan self hosted yang kamu anggap baik.


Aplikasi Self Hosted terbaik

1. Bitwarden

aplikasi self hosted terbaik Bitwarden

Merupakan layanan self hosted yang bersifat open source yang memungkinkan kamu menyimpan berbagai informasi sensitif seperti kredensial situs web di brangkas yang terenskripsi. Selain itu aplikasi yang satu ini juga memberikan pengalaman yang berbeda di banding yang lainnya seperti antarmuka web, aplikasi dekstop, ekstensi browser, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menggunakan Bitwarden memudahkan kamu untuk bisa terhubung antara informasi website yang tersimpan dengan menggunakan aplikasi versi android dengan menentukan instance yang di hosting sendiri.

Kunjungi Bitwarden

2. Pi Hole

aplikasi self hosted terbaik Pi Hole

Aplikasi self hosted terbaik lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Pihole. Di mana aplikasi ini mampu untuk meningkatkan kinerja jaringan. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya iklan yang di download setiap kali kamu memuat situs baru.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Password Manager Terbaik 2022

Selain itu Pihole sendiri mengambil peran DHCP sehingga iklan akan terblokir secara otomatis. Bahkan jika ada domain yang lolos maka Pihole sendiri yang akan memaksa untuk memblokir domain tersebut. Bisa dikatakan aplikasi yang satu ini terbilang aman untuk kamu yang ingin mengembangkan web.

Kunjungi Pi Hole

3. NextCloud

aplikasi self hosted terbaik NextCloud

Menjadi salah satu layanan terbaik yang bisa kamu gunakan. Next Cloud memungkinkan kamu untuk tetap memegang kendali. Selain itu penggunaan Next Cloud sendiri di anggap seperti mengganti Dropbox pribadi.

Hal tersebut di karenakan Next Cloud memang memiliki beragam fitur manerik serta memberikan demo sebelum kamu ingin membelinya.

Beberapa fungsi utama dalam aplikasi yang satu ini adalah File NextCloud yang memberikan penawaran berupa akses file universal baik di dekstop, seluler, bahkan hingga web. Selain itu fungsi utama lainnya adalah Nextcloud Talk yang menghadirkan konferensi audio dan juga video serta obrolan teks melalui browser.

Kunjungi NextCloud

4. TrueNAS

aplikasi self hosted terbaik TrueNAS

Kamu bisa menggunakan TruNAS sebagai aplikasi self hosted terbaik. Di mana aplikasi ini menyediakan platform penyimpanan data yang terbilang baik hingga memiliki lebih dari satu juta penerapan. Selain itu TrueNAS juga menyediakan penyimpanan data berupa file, blok, objek, hingga aplikasi yang dibangun diatas OpenZFS.

Berbagai fitur terbaik lainnya yang bisa kamu rasakan saat menggunakan aplikasi yang satu ini berupa Mangement Data, keamanan yang terintegrasi, skalabilitas yang tinggi, dan masih banayak lagi yang lainnya.

Kunjungi TrueNAS

5. Emby

Emby

Aplikasi self hosted terbaik lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Emby. Meskipun sebenarnya aplikasi ini tidak sepenuhnya bersifat open source, namun kamu bbisa menggunakannya secara gratis. Selain itu kamu juga tidak perlu untuk membuat akun terlebih dahulu saat penggunaanya.

Baca Juga:  7 Cara Mudah Download Video Youtube Kualitas HD 2022

Kelebihan dari aplikasi self hosted yang satu ini adalah Emby memberikan dukungan terhadap format video dan juga audio serta mampu mengindeks dan menyediakan antarmuka web yang mudah di gunakan bahkan untuk aplikasi seluler sekalipun.

Kunjungi Emby

Kesimpulan

Nah itulah beberapa aplikasi self hosted terbaik yang bisa kamu gunakan. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah dalam menyimpan dan berbagi data berupa website kepada pengguna lainnya dengan tetap mengutamakan keamanan data.***