5 Cara Mudah Membersihkan Penyimpanan iPhone, Anti Lemot !

Epic99.com – Cara membersihkan penyimpanan iPhone. Memori penyimpanan iPhone yang kamu gunakan penuh? Cara mengatasinya cukup mudah dan akan di bahas pada artikel berikut ini !

Penggunaan iPhone memang di rasa cukup bergengsi, selain harganya yang mahal, fitur di dalamnya juga terbilang canggih. Namun jika memori penyimpanan pada iPhone penuh, maka penggunannya akan sangat mengganggu. Terlebih jika kamu ingin mendownload aplikasi, atau menyimpan media seperti foto dan video.

Selain itu penyimpanan iPhone yang penuh tidak hanya di akibatkan karena aplikasi di dalamnya saja. Bisa jadi besarnya cache pada iPhone yang menjadikan penyimpanan menjadi cepat penuh. Untuk mengatasi permasalahan memori iPhone yang penuh, simak ulasan di bawah ini.

1. Menghapus cache iPhone

Membersihkan memori penyimpanan iPhone bisa di lakukan dengan cara menghapus cache pada iPhone. Nah untuk kamu yang belum tahu, cache sendiri adalah sistem data yang mengambil bagian ruang penyimpanan pada iPhone. Biasanya cache di dapatkan dari riwayat penelusuran aplikasi browser.

Cara menghapus cache juga sangat mudah, masuklah pada menu Settings iPhone. Selanjutnya scroll hingga bagian paling bawah dan carilah aplikasi Safari. Kemudian pada aplikasi Safari, kamu bisa klik Clear History and Website Data.

2. Uninstal aplikasi yang tidak di gunakan

Cara lainnya yang bisa di praktekkan untuk membersihkan penyimpanan iPhone adalah dengan uninstal beberapa aplikasi. Kamu bisa melakukan sortir atau memilih aplikasi yang sekiranya sudah tidak di gunakan. Selain itu jika ada aplikasi yang bisa di buka di laptop, maka sebaiknya untuk menghapusnya pada ponsel.

3. Menghapus media video, foto, dan riwayat chat

Penyebab lainnya yang menjadikan memori penyimpanan iPhone menjadi lebih cepat penuh adalah banyaknya media yang tersimpan. Di mana media tersebut mencakup foto, video, bahkan hingga riwayat chat.

Untuk membersihkan penyimpanan iPhone, kamu bisa menghapus media yang ada. Selain itu kamu juga bisa memindahkannya pada perangkat PC maupun laptop.

4. Lakukan optimasi pada iPhone

Agar memori penyimpanan iPhone tidak mudah penuh, kamu bisa melakukan optimasi pada ruang penyimpanan iPhone. Hal ini bertujuan agar beberapa media seperti foto dan video bisa tersimpan dalam iCloud.

Untuk caranya sendiri cukup mudah yakni dengan masuk pada menu Settings di iPhone. Kemudian pilih opsi foto dan camera. Terakhir kamu hanya perlu mengaktifkan pengaturan Optimize iPhone Storage.

Nantinya jika media yang tersimpan di iCloud di butuhkan, maka kamu perlu mendownload saja.

5. Manfaatkan penyimpanan cloud

iCloud merupakan salah satu layanan Apple, yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan berkas apapun dalam penyimpanan awan. Dengan begitu kamu tidak akan membutuhkan memori internal yang ada dalam perangkat.

Selain iCloud, kamu bisa memanfaatkan Google Drive yang bahkan bisa di gunakan secara gratis. Menariknya lagi adalah pengguna Google Drive akan mendapatkan kapasitas penyimpanan hingga 10 GB.

Nah itulah beberapa cara mudah untuk membersihkan memori penyimpanan iPhone yang penuh. Jika cara di atas sudah di praktekkan, maka akan lebih mudah untuk kamu mengelola penyimpanan perangkat dan meminimalisir performa iPhone yang tidak maksimal.

Baca Juga :

***