Pengertian dan Cara Menggunakan ChatGPT untuk Pemula

Epic99.com – Cara menggunakan ChatGPT. Belakangan ini, ChatGPT menjadi bahan pembicaraan di banyak media sosial. Merupakan salah satu platform yang terbilang cukup canggih dan banyak mendapatkan apresiasi. Bagaimana tidak, ChatGPT sendiri bisa menjawab semua pertanyan dengan cepat dan detail secara otomatis.

Oleh karena itu tidak heran jika ChatGPT banyak di gunakan untuk banyak kepentingan. Tidak main-main, bahkan hanya dalam 7 hari saja, pengguna ChatGPT sudah mencapai hingga lebih dari 1 juta.

Lalu apa sebenarnya ChatGPT ? Nah untuk kamu yang belum tahu atau baru mendengar, pada artikel kali ini akan di berikan pembahasan mengenai ChatGPT sekaligus cara menggunakannya.

Apa itu ChatGPT ?

ChatGPT merupakan platform kecerdasan buatan yang di latih dengan menggunakan teknik pembelajaran mesin Reinforcement Learning From Human Feedback (RLHF). Sehingga memungkinkan platform ini untuk membantu dalam pembuatan konten pada website, menjawab pertanyaan pelanggan, dan untuk memberikan rekomendasi bahkan hingga membuat chatbot otomatis.

Lebih dari itu, pengguna juga akan di mudahkan dalam penulisan baris kode seperti essay bahkan hingga musik.

Sebagai informasi tambahan, ChatGPT sendiri adalah salah satu produk dari OpenAI yang tidak lain adalah perusahaan riset nirlaba yang bergerak dengan tujuan untuk mengembangkan sekaligus mengarahkan kecerdasan buatan (AI). Dengan begitu teknologi AI akan bisa bermanfaat secara keseluruhan.

Cara menggunakan ChatGPT

Sangat mudah penggunaan ChatGPT itu sendiri. Bahkan platform ini bisa membalas dengan bahasa yang luwes dan sering di gunakan sehari-hari. Nah berikut ini beberapa langkah yang bisa di praktekkan :

  • Langkah pertama adalah dengan mengunjungi situs chat.openai.com melalui browser.
  • Selanjutnya lakukan registrasi akun terlebih dahulu menggunakan OpenAI.
  • Create an OpenAI Account.
  • Kemudian pilih menu for personal use.
  • Setelah berhasil membuat akun, maka kamu akan masuk pada halaman dashboard.
  • Masukkan kalimat pertanyaan pada kolom percakapan seperti contoh : “Cara membuat nasi goreng”.
  • Selanjutnya kirim input tersebut dan tunggulah beberapa saat.
  • Nantinya ChatGPT akan memberikan tanggapan.
  • Namun jika kamu ingin mendapatkan tanggapan yang berbeda, maka klik pada opsi Try Again.

Kunjungi situs OpenAI

Dikutip dari laman resmi OpenAI, semua tanggapan yang tersedia akan ada batasannya. Di mana ChatGPT sendiri di latih untuk tidak menganggapi beberapa pernyataan dan pertanyaan yang tidak pantas seperti pencurian, pelecehan, dan pembunuhan.

Selain itu ChatGPT juga hanya memiliki pengetahuan dan kejadian untuk sebuah hal yang terjadi setelah 2021.

Fitur ChatGPT

Di lengkapi dengan berbagai fitur menarik yang memungkinkan ChatGPT semakin memudahkan penggunanya. Berikut ini adalah fitur ChatGPT yang harus kamu ketahui :

  1. Bisa menanggapi semua pertanyaan yang ditulis pada kolom.
  2. Memberikan rekomendasi untuk berbagai topik konten.
  3. Mampu menerjemahkan beberapa bahasa.
  4. Memungkinkan pemecahan persamaan matematika dengan sempurna.
  5. Pembuatan teks sastra, naskah, dan artikel akademik.

Contoh API ChatGPT

Dalam penggunaan ChatGPT, hal pertama adalah membuat akun OpenAI. Selain itu kamu bisa membuat aplikasi menggunakan API (Application Programming Interface) GPT-3. Dimana nantinya kamu akan mendapatkan dokumentasi secara lengkap untuk konfigurasinya di situs OpenAI.

Sehingga setelah proses pendaftaran dan konfigurasi aplikasi berhasil, kamu akan bisa mengakses API GPT-3 dan menggunakan model untuk menghasilkan teks, menjawab pertanyaan dan melakukan tugas bahasa lainnya. Adapun salah satu platform yang menyediakan akses mudah ke GPT-3 adalah Hugging Face’s transformers library. Hanya saja kamu perlu pemahaman yang cukup mengenai programming dan pemrosesan bahasa alami agar bisa mengintegrasikan GPT-3.

Jika ingin membuat aplikasi menggunakan API GPT-3, maka kamu bisa langsung masuk pada dashboard OpenAI melalui akun yang sudah di buat.

Namun kamu perlu menyiapkan kredensial API Key dari OpenAI agar bisa mengakses GPT-3 API dari aplikasi yang ingin di buat.

Demikian informasi mengenai cara menggunakan ChatGPT. Kamu bisa menggunakannya untuk mendapatkan info terbaru mengenai apapun yang diinginkan bahkan menggunakan bahasa apapun.

Baca Juga :

***