Cara Mudah Mengecek Status iCloud iPhone Terkunci atau Tidak

Epic99.com – Cara mengecek iCloud. Tertarik membeli iPhone bekas? Jangan mudah tergiur dengan harga murah, kamu juga harus memastikan kualitas perangkat memang cukup baik sehingga tidak akan mengalami kerugian. Salah satu tips sebelum membeli iPhone bekas adalah dengan memastikan iCloud tidak terkunci. Hal ini di karenakan jika iCloud terkunci, maka iCloud tidak akan bisa di buka dan di gunakan sesuai dengan fungsinya.

Lalu bagaimana cara mengetahui status iCoud apakah terkunci atau tidak. Nah pada artikel kali ini akan di berikan penjelasan secara singkat untuk bisa di praktekkan.

Apa itu iCloud iPhone ?

Sebelum masuk pada pembahasan utama, ada baiknya untuk kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu iCloud iPhone. Merupakan sistem penyimpanan yang menyangkut keamanan, akses, dan kerahasiaan perangkat. Oleh karena itu penting bagi pengguna untuk mengetahui kata sandi dari akun iCloud.

Dengan layanan iCloud pada iPhone, nantinya pengguna bisa mengakses berbagai layanan seperti musik, pemasangan aplikasi, dan penyimpanan perangkat.

Ada beberapa hal yang mengakibatkan akun iCloud menjadi terkunci. Penyebab paling umum adalah lupa atau kesalahan dalam memasukkan kata sandi. Di mana saat memasukkan kata sandi yang salah hingga beberapa kali, maka secara otomatis iCloud akan terkunci dan membutuhkan otoritas untuk membukanya.

Cara cek iCloud iPhone apakah terkunci atau tidak

Setelah mengetahui apa itu iCloud pada iPhone, sekarang saatnya untuk kamu mengetahui bagaimana cara mengeceknya. Sebelum membeli iPhone bekas, kamu harus mengetahui terlebih dahulu status iCloud apakah terkunci atau terbuka.

Nantinya jika iCloud dalam keadaan terkunci, maka kamu harus menanyakan lebih dulu mengenai kata sandi yang ada di iCloud tersebut.

Berikut adalah beberapa langkah untuk mengecek status iCloud terkunci atau tidak :

  • Langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan masuk pada menu Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian pilih opsi General.
  • Masuk pada menu About dan copy nomor IMEI.
  • Langkah berikutnya adalah dengan masuk ke situs iPhone iCloud Activation Lock.
  • Masukkan IMEI yang sudah di copy sebelumnya.
  • Lakukan pengecekan pada serial number tersebut.
  • Tunggulah beberapa saat maka status iCloud akan muncul di layar.

Jika status OFF maka bisa di pastikan iCloud iPhone dalam keadaan tidak terkunci sehingga kamu bisa membuat akun baru. Kemudian jika status ON, maka calon pembeli harus menanyakan lebih lanjut mengenai sandi iCloud tersebut.

Reset iPhone ke pengaturan pabrik

Jika di dapati iCloud terkunci, kamu bisa menanyakan lebih lanjut mengenai sandi kepada pemiliknya. Selain itu kamu bisa melakukan reset ke pengaturan pabrik. Berikut beberapa langkah yang bisa di praktekkan :

  • Masuk pada pengaturan iPhone.
  • Kemudian pilih opsi Umum.
  • Klik Transfer atau Atur ulang iPhone.
  • Pilih hapus konten dan Pengaturan.

Setelah iPhone berhasil di lakukan reset, maka secara otomatis id iCloud akan terhapus dan bisa di lakukan untuk mendaftarkan akun baru.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengecek status iCloud apakah aktif atau tidak. Cara diatas cenderung mudah untuk di praktekkan bahkan untuk pemula sekalipun. Selain itu di sarankan untuk kamu mengutamakan pengecekan icloud sebelum membeli iPhone bekas.

Baca Juga :

***