Cara Mudah Membuka File RAR di Android

Epic99.com – Cara membuka file RAR di android. Penggunanan android saat ini sudah mendominasi penggunaan gadget di dunia. Hal tersebut di sebabkan oleh penggunaannya yang mudah dan harga yang relatif terjangkau. Namun penggunaan android tidak serta merta memberikan kemudahan.

Beberapa hal justru menjadi masalah saat menggunakan android. Salah satunya adalah ekstensi RAR yang terkadang sulit di buka di android. Di mana untuk bisa membuka dile RAR maka kamu membutuhkan aplikasi tambahan untuk melakukan ekstraksi.


Apa itu file RAR ?

Untuk kamu yang belum tahu, file RAR sendiri merupakan format arsip yang memberikan dukungan terhadap kompresi data. Namun tidak hanya itu saja, di mana RAR juga bisa melakukan pemulihan terhadap kesalahan dan rentang file.

Dengan menggunakan RAR nantinya kamu bisa menyatukan berbagai file menjadi bentuk folder terkunci untuk bisa dikirim. RAR juga banyak di gunakan karena lebih aman dari resiko terjadinya file corrupt. Untuk bisa membuka file RAR biasanya kamu di haruskan untuk melakukan ekstraksi melalui PC maupun laptop, namun cara ini rupanya bisa di lakukan di android menggunakan aplikasi tertentu.


Cara membuka file RAR menggunakan Tools Andorid

Sebenarnya kamu bisa membuka file RAR dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Di mana terdapat tools bawaan di Android yang memudahkan kamu untuk melakukan hal tersebut. Sayangnya tidak semua android memiliki tools tersebut. Oleh karenanya beberapa tetap membutuhkan aplikasi tambahan agar bisa membuka file RAR.

Berikut ini beberapa langkah untuk membuka file RAR dengan menggunakan tools bawaan android :

  • Pilih file RAR yang ingin di buka terlebih dahulu.
  • Selanjutnya klik file tersebut untuk beberapa saat lalu pilih ikon Lainnya yang biasanya di tandai dengan titik tiga yang berada di bagian kanan bawah.
  • Kemudian pilih unzip yang berada di pojok kanan bawah.
  • Langkah selanjutnya kamu bisa mengisi nama file dan memilih lokasi tempat penyimpanan file.
  • Lalu klik OK.
Baca Juga:  15+ Rekomendasi Jenis Font yang Bagus untuk Membuat Poster

Aplikasi ekstrak RAR versi Android

Di karenakan tidak semua android di lengkapi dengan tools tambahan untuk membuka file RAR. Untuk itu kamu di haruskan menggunakan aplikasi tambahan yang bisa di download dengan mudah melalui Google Play. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuka file RAR terbaik yang bisa kamu gunakan.

1. Z-Archiver

1. Z-Archiver

Kamu bisa menggunakan Z-Archiver untuk bisa membuka file RAR melalui android. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur menarik di dalamnya serta memudahkan kamu dalam membuka ekstensi file lainnya. Selain itu kamu Z-Archiver juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah di gunakan.

Download Z-Archiver

2. Zipper

Zipper

Aplikasi yang satu ini bisa kamu gunakan dengan mudah untuk membuka ekstensi RAR melalui android. Bahkan Zipper sendiri mendukung ekstraksi untuk 34 format file sekaligus. Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah tersedianya password yang mengamankan file RAR.

Menjadi aplikasi yang mudah untuk digunakan. Zipper memungkinkan kamu untuk bisa mengatur file agar menjadi lebih teratur.

Download X-Zip

3. RAR

membuka file rar di android RAR

Menjadi salah satu aplikasi yang memudahkan kamu dalam membuka file RAR di andorid. Sesuai namanya dimana RAR memiliki fitur yanng terbilang cukup lengkap. Dimana kamu tidak hanya bisa membuka RAR melainkan juga file ZIP, TAR, GZ, XZ, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu kamu juga bisa memperbaiki file yang rusak. Cara penggunaanya juga terbilang cukup mudah bahkan untuk pemula sekalipun.

Download RAR

4. Simple UNRAR

membuka file rar di android. Simple UNRAR

Merupakan salah satu aplikasi yang memungkinkan kamu untuk membuka file RAR. UNRAR dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yanng memudahkan kamu untuk mengetahui informasi RAR secara detail. Sebagai bentuk keamanan yang diberikan, aplikasi ini dilengkapi dengan password dalam penggunaanya.

Baca Juga:  Cara Setting Hotspot Mikrotik dengan Voucher Mikhmon

Download Simple UNRAR

5. B1 Archiver ZIP RAR UNZIP

membuka file rar di android B1 Archiver ZIP RAR UNZIP

Rekomendasi aplikasi pembuka file RAR melalui android lainnya adalah B1 Archiver ZIP RAR UNZIP. Dimana aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuka berbagai ekstensi file seperti RAR, ZIP, B1, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu aplikasi ini mendukung penggunaan password sehingga membuat file RAR menjadi lebih aman.

Download B1 Archiver ZIP RAR UNZIP

Itulah beberapa cara dan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuka file RAR dengan mudah melalui perangkat android. Kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa didownload secara gratis.***