Cara Ampuh Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Cara mengatasi speaker HP kemasukan air – Apakah kamu sedang mengalami speaker HP yang kemasukan air? Terlebih speaker HP berperan penting untuk memberikan output audio suara ke pengguna. Selain itu tidak hanya sebagai speaker, namun biasanya speaker di lengkapi dengan kecanggihan Dolby Atmos hingga Harman Kardon di dalamnya. Adapun speaker HP lebih cenderung rentan mengalami kerusakan karena speaker berada di bagian terbuka.

Sedangkan speaker HP jika terkena air maka akan mengalami distorsi suara dan tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali.

Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi masalah speaker HP kemasukan air. Cara utama adalah dengan langsung mengeluarkan airnya. Karena jika tidak di lakukan secara langsung, maka kemungkinan potensi air yang masuk akan merusak komponen lain. Selain itu altenatif lainnya saat mengalami speaker HP kemasukan air adalah dengan merendamnya di beras. Adapun fungsi beras tergolong efektif dalam menyerap air dan bersifat anti lembab.

Membahas tentang speaker HP kemasukan air, pada artikel kali ini akan di berikan beberapa cara yang bisa di praktekkan :

1. Nonaktifkan HP dan lepas kartu SIM

Langkah awal yang bisa di lakukan saat kamu menyadari speaker HP kemasukan air adalah dengan menonaktifkan perangkat lalu mengeluarkan semua kartu SIM. Selain itu jika perangkat tidak menggunakan baterai tanam, maka kamu bisa sekaligus mengeluarkan baterainya. Bersihkan setiap tetesan air yang masuk menggunakan kain kering. Posisikan speaker kearah bawah agar airnya bisa keluar. Sebaiknya hindari untuk melakukan pengecasan baterai ke perangkat hingga perangkat sudah terbebas dari air.

2. Menggunakan gel silika

Gel silika berfungsi untuk menyerap air dan kelembapan yang biasa di temukan di kotak sepatu. Nah sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan gel silika untuk mengatasi HP yang kemasukan air. Siapkan terlebih dahulu kantong zip dan beberapa gel silika di dalamnya. Kemudian masukkan HP kedalam kantong tersebut. Tunggulah beberapa waktu hingga air benar-benar hilang di perangkat.

3. Opsional lagu Stray Kids -Miroh

Percaya atau tidak, nyatanya lagu Stray Kids – Miroh bermanfat untuk memperbaiki speaker smartphone yang kemasukan air. Meskipun terbilang tidak masuk akal, namun kamu bisa mencobanya. Hal ini di karenakan lagu Stray Kids – Miroh adalah lagu yang memiliki suara besar. Sehingga jika di putar terlebih dengan volume maksimal, maka akan membuat air yang mengendap jadi keluar.

4. Menggunakan aplikasi tambahan

Beberapa type HP di lengkapi d engan fitur untuk pembersihan speaker. Selain itu caranya juga cukup mudah yakni hanya perlu masuk ke menu Pengaturan Perangkat dan pilih opsi pembersihan speaker otomatis.. Hanya saja jika HP yang di gunakan tidak memiliki fitur ini, maka kamu bisa mendownloadnya di Playstore maupun AppStore. Adapun fungsi dari aplikasi pembersih speaker adalah untuk mengeluarkan air yang terperangkap.

5. Service Center

Service Center menjadi opsional terakhir saat kamu sudah menggunakan beberapa cara di atas. Bawalah HP ke service center untuk dilakukan perbaikan. Biasanya operator service akan memberikan informasi mengenai kerusakan yang terjadi dan akan mengganti speaker dengan yang baru jika memang tidak bisa di perbaiki lagi.

Demikian informasi seputar cara mengatasi speaker HP yang kemasukan air. Semoga informasi ini bisa membantu kamu dan agar semua caranya bisa dipraktekkan.

Baca Juga :

***