4 Cara Menambah RAM HP Android tanpa Root

Epic99.com – Cara menambah RAM HP Android. RAM merupakan salah satu bagian penting yang ada pada smartphone. Berbentuk hardware, RAM tentunya memiliki kapasitas tertentu yang bisa saja penuh seiring penggunaannya. Lalu beberapa orang mempertanyakan apakah bisa menambah kapasitas RAM? Nah biarkan artikel ini menjawab. Dan jika memang bisa di tambahkan, berikut akan di berikan beberapa langkahnya untuk di praktekkan.

Cara menambah RAM Android tanpa root

Penting untuk di ketahui bahwa sebenarnya RAM pada android tidak bisa di tambahkan. Kalaupun bisa, maka kamu harus melakukan bongkar body android dan mengganti hardware RAM itu sendiri.

Namun sebagai alternatif, kamu bisa mengelola performa android hingga kapasitasnya tidak mudah berkurang.

Selain itu ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk mengelola RAM android. Simak ulasan di bawah ini !

1. Mengurangi widget dan live wallpaper

Cara pertama yang sangat mudah untuk dilakukan adalah dengan mengurangi widget android dan sebaiknya untuk tidak menggunakan live wallpaper. Meskipun keduanya memberikan tampilan ponsel menjadi lebih menarik, namun widget pada android dan penggunaan live wallpaper justru memakan kapasitas RAM yang besar.

Hal ini di karenakan widget selalu melakukan refresh seperti perubahan cuaca terkini. Sedangkan pada live wallpaper sendiri biasanya akan selalu aktif sepanjang ponsel menyala.

2. Nonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan

Sebagai pengguna android, tentunya kamu tahu bahwa setiap ponsel biasanya akan di bekali aplikasi bawaan. Namun tidak semua aplikasi bawaan tersebut kita gunakan. Oleh karenanya untuk mengurangi kapasitas penggunaan RAM, maka kamu bisa menonaktifkan aplikasi yang tidak di gunakan.

Terlebih lagi aplikasi bawaan sendiri cenderung tidak bisa di hapus atau di uninstall.

Cara menonaktifkan aplikasi yang tidak di gunakan sangat mudah. Masuklah pada menu Pengaturan ponsel. Selanjutnya pilih opsi Aplikasi dan pilih aplikasiyang ingin di nonaktifkan. Terakhir klik Paksa Berhenti dan Nonaktifkan.

3. Smart Booster

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk memaksimalkan penggunaan RAM adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Selain itu sebenarnya banyak aplikasi yang di rancang untuk membersihkan RAM. Seperti salah satunya adalah Smart Booster.

Smart Booster berfungsi untuk menghentikan program yang tidak berguna pada android sehingga membuat RAM bisa bekerja lebih optimal.

Bagaimana cara menggunakan Smart Booster? Simak beberapa langkah di bawah ini :

  • Pastikan kamu sudah download dan instal aplikasi Smart Booster di Android.
  • Selanjutnya bukalah aplikasi tersebut dan klik Start Now.
  • Untuk meningkatkan performa RAM, klik ikon roket.
  • Kemudian masuk pada bagian Setting dan pilih RAM Boost.
  • Ubahlah menjadi Aggresive.
  • Lalu pada menu RAM Boost, ceklis bagian Boost when Screen Off.
  • Terakhir ubahlah bagian Delay to Boost When Scrren Off menjadi Immediately.

Download Smart Booster

4. RAM Control Extreme Pro

Tidak hanya Smart Booster, aplikasi lainnya yang bisa di manfaatkan adalah RAM Control Extreme Pro. Secara umum keduanya memiliki fungsi sama yakni untuk memaksimalkan kinerja RAM. Dengan begitu kamu bebas mengggunakan aplikasi mana saja sesuai keinginan.

Adapun langkah-langkah menggunakan RAM Control Extreme Pro adalah sebagai berikut :

  • Download dan instal aplikasinya terlebih dahulu.
  • Lalu jalankan aplikasinya.
  • Pilih fitur RAM Booster untuk meningkatkan kapasitas RAM.
  • Selanjutnya klik menu Start pada tombol Auto RAM Booster agar peningkatan bisa langsung berjalan.
  • Terakhir klik Task Killer untuk menghentikan aplikasi yang tidak diperlukan.

Download RAM Control Extreme Pro

Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambah RAM HP tanpa root. Semoga jawaban dari banyaknya pertanyaan pengguna tentang bagaimana cara menambah RAM HP bisa terjawab pada artikel kali ini. Selamat mencoba !

Baca Juga :

***