Epic99.com – Tidak bisa instal aplikasi di Android. Dalam penggunaan perangkat Android, kamu membutuhkan aplikasi PlayStore untuk bisa mendownload aplikasi lainnya. Namun terkadang yang menjadi masalah adalah di saat PlayStore tidak bisa mendownload aplikasi di dalamnya. Tentu hal ini akan membuat siapapun menjadi kesal. Terlebih kamu sendiri tidak mengetahui permasalahan yang terjadi.

Untuk kamu ketahui, sebenarnya permasalahan tidak bisa instal aplikasi pada perangkat Android tersebut di karenakan permasalahan memori ataupun RAM. Namun jika kamu masih bingung, pada artikel kali ini akan di berikan penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi tidak bisa instal aplikasi di Android.

Penyebab tidak bisa instal aplikasi di android

Terkadang saat ingin menginstal aplikasi di android, perangkat yang kamu gunakan hanya bisa sebatas mendownload filenya saja. Sedangkan pada saat instal aplikasi tidak bisa di lakukan. Secara umum ada beberapa alasan mengapa android tidak bisa instal aplikasi. Berikut beberapa di antaranya :

tidak bisa instal aplikasi android

1. Memori penuh

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, masalah tidak bisa instal aplikasi biasanya di karenakan memori ponsel yang penuh. Namun jika memang karena alasan memori, tentunya kamu akan mendapatkan pesan notifikasi berupa “Insufficient Storage Space”. Jika pada saat instal aplikasi kamu tidak mendapatkan pesan tersebut, maka kemungkinan ada alasan lain yang menjadi penyebab tidak bisa instal aplikasi.

2. Kesalahan instalasi

Masalah ini seringkali terjadi pada perangkat yang sudah di lakukan root. Hal ini karena aplikasi tidak terinstal pada direktory tertentu. Kesalahan saat instal ini terbilang sedikit susah di atasi karena sudah berhubungan pada sistem. Oleh karenanya sebisa mungkin untuk tidak melakukan root pada ponsel maupun mengubah sistem ponsel bawaan.

Baca Juga:  Tips Jitu Memilih Wahana Internship Kedokteran, Pasti Dapat !

3. Aplikasi tidak memberi dukungan

Dalam PlayStore, ada beberapa aplikasi yang memang tidak memberikan dukungan terhadap OS tertentu. Oleh karenanya pastikan jika memang aplikasi yang ingin di instal mendukung OS dan versinya sesuai dengan yang di gunakan. Selain itu tidak hanya di PlayStore, ada juga beberapa aplikasi yang kemungkinan kamu dapatkan dari sumber tidak di kenal. Hal ini juga bisa menjadi alasan perangkat android tidak bisa menginstal aplikasi.

Cara mengatasi masalah tidak bisa instal aplikasi di android

Setelah kamu mengetahui beberapa alasan dan penyebab tidak bisa instal aplikasi di android. Sekarang saatnya kamu megetahui cara mengatasi permasalahan tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya :

tidak bisa instal aplikasi android

1. Restart ponsel

Cara paling simple yang bisa kamu lakukan. Di mana untuk mengatasi permasalahan tidak bisa instal aplikasi kamu bisa merestart ponsel. Dengan melakukan restart ponsel, maka semua pekerjaan yang sedang di lakukan oleh sistem akan terhenti seketika dan memungkinkan kamu untuk bisa memulai pekerjaan baru seperti menginstal aplikasi.

2. Hapus aplikasi yang jarang digunakan

Sebaiknya untuk kamu menghapus aplikasi yang sekiranya jarang di gunakan. Hal ini bisa menjadi penyebab tidak bisa instal aplikasi android. Karena aplikasi membutuhkan memori sehingga meskipun jarang di gunakan namun tetap saja aplikasi tersebut membutuhkan memori. Dengan menghapus aplikasii yang jarang di gunakan, hal ini memungkinkan kamu untuk bisa menginstal aplikasi baru lainnya.

3. Aktifkan sumber tidak dikenal

tidak bisa instal aplikasi android

Jika kamu mencoba untuk instal aplikasi selain dari PlayStore, cara ini bisa di lakukan untuk memudahkan kamu menginstal aplikasi. Dengan mengaktifkan sumber tidak dikenal, maka kamu bisa menginstal aplikasi dari sumber manapun. Langkah mengaktifkannya juga terbilang cukup mudah seperti di bawah ini :

  • Masuk pada pengaturan ponsel.
  • Pilih keamamana.
  • Ceklis pada pilihan sumber tidak dikenal.
Baca Juga:  Trik Bermain Mode Team Deathmatch Pubg Mobile Untuk Pemula

4. Reset ulang ponsel

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan reset pada ponsel. Dimana cara ini memungkinkan kamu mendapatkan keadaan ponsel seperti baru lagi. Selain itu reset ulang ponsel bisa dilakukan saat kamu tidak bisa menyelesaikan permasalahan ini dengan cara lainnya. Terlebih reset ulang juga akan menyebabkan kamu kehilangan beberapa data. Untuk itu pastikan kamu sudah melakukan backup sebelum mereset ponsel.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah tidak bisa instal aplikasi di android. Dengan melakukan beberapa cara di atas, kamu bisa mencoba untuk mulai instal aplikasi kembali yang sebelumnya gagal.

Baca Juga :

***