Advertisements
Gagal instal aplikasi playstore

Para pengguna perangkat android seringkali mengalami masalah gagal instal aplikasi playstore. Permasalahan semacam ini sebenarnya cukup umum terjadi karena adanya force close atau crash mendadak. Bahkan, masalah seperti ini juga kerap terjadi saat kamu sedang mengunduh aplikasi atau game di google playstore

Aplikasi yang gagal terinstal secara berulang tentunya akan mengganggu.  Oleh sebab itu, kamu harus segera mengatasi masalah ini agar tidak menimbulkan permasalahan yang lebih besar. Coba lakukan beberapa cara berikut ini untuk memperbaiki masalah google play yang kamu alami. 

Cek Jaringan Wifi/Internet

Cek jaringan wifi

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menganalisa permasalahan Playstore yang gagal terinstal adalah dari jaringan internet yang kamu pakai. Jaringan internet/wifi yang lambat terbukti bisa mengganggu jalannya proses pengunduhan aplikasi di playstore. 

Download Aplikasi Vidmate Versi Lama dan versi Terbaru

Pastikan bahwa jaringan internet yang kamu miliki cepat agar penginstalan aplikasi tidak mengalami gangguan. Apabila terjadi gangguan akibat jaringan internet yang labil, kamu bisa meminta bantuan ahli untuk memperbaiki jaringan internet kamu yang tidak stabil. 

Hapus Cache Playstore untuk Meminimalisir Gagal Instal Playstore

Hapus cache agar tidak gagal instal aplikasi playstore

Jika jaringan internet kamu lancar namun proses penginstalan playstore masih gagal, maka kamu perlu memeriksa hal yang lain. Bisa saja sumber masalahnya terletak pada sistem playstore kamu, misalnya saja cache. 

Untuk menghapus cache pada playstore, kamu harus masuk ke menu pengaturan aplikasi. Setelah itu, klik menu ‘see all apps‘. Pilihlah bagian ‘storage’ dan klik ‘clear cache‘. 

Jika sudah selesai, lanjutkan dengan mengklik ‘clear data‘. Setelah selesai melakukan semua langkah-langkah tersebut, maka bukalah playstore kamu dan lakukan penginstalan ulang. 

Baca Juga:  Cara Menghubungkan CDN Cloudflare Gratis ke Wordpress

Aktifkan Bagian Unknown Source

Unknown source anti gagal instal playstore

Jika kamu gagal instal aplikasi playstore, coba lakukan penginstalan di luar playstore. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan mengaktifkan menu di bagian “unknown resource’. Dengan mengaktifkan menu ini, kamu bisa mengunduh berbagai macam aplikasi tanpa melalui google playstore. 

Akan tetapi, mengunduh aplikasi di luar playstore cenderung ilegal dan berpotensi memicu banyak virus malware. Oleh sebab itu, kamu perlu berhati-hati saat mengaktifkan menu ini untuk melakukan penginstalan aplikasi. 

Periksa Memori Internal agar Tidak Gagal Instal Aplikasi Playstore

Cek memori internal

Penyebab gagalnya instalasi aplikasi dari playstore terkadang bukan dari faktor eksternal saja, tapi juga dari faktor internal. Salah satu penyebab internal masalah gagalnya penginstalan dari playstore adalah karena kapasitas memori internal yang terbatas. 

Terkadang, kapasitas memori internal pada masing-masing perangkat android akan berbeda. Jika kapasitas memori internal kamu kecil, maka jumlah aplikasi yang bisa terinstal juga lebih sedikit. Akibatnya, kamu tidak bisa menginstal aplikasi lainnya karena memori kamu yang terbatas. 

Agar kapasitas memori internal kamu lebih maksimal, kamu bisa menghapus beberapa aplikasi yang sudah tidak terpakai. Cara alternatif lainnya  juga bisa dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang berukuran besar. Dengan melakukan cara tersebut, penginstalan aplikasi dari playstore tidak akan gagal lagi. 

Lakukan Reset Ulang Perangkat

Reset ulang android

Cara terakhir sekaligus cara yang paling ekstrim untuk mengatasi gagal instal aplikasi playstore adalah dengan melakukan reset ulang. Lakukan cara ini jika kondisi perangkat android kamu benar-benar terdesak. 

Sebab, melakukan reset ulang perangkat bisa menghilangkan seluruh data-data yang ada di perangkat android kamu. Oleh sebab itu, kamu harus benar-benar matang mempertimbangkan konsekuensinya sebelum melakukan reset ulang. 

Baca Juga:  5 Langkah Mudah Melakukan Live Streaming Game Menggunakan Twitch

Setelah reset ulang berhasil kamu lakukan, maka perangkat android kamu akan kembali dalam kondisi seperti baru. Dengan begitu, kamu bisa mulai melakukan penginstalan ulang pada aplikasi-aplikasi yang kamu inginkan.