Epic99.com – Download dan Instal Ubuntu Server. Melakukan instalasi Ubuntu Server bisa di bilang susah-susah gampang. Oleh karena itu kamu mungkin mencari berbagai tutorialnya di internet. Namun jika di pelajari dengan baik dan maksimal, tentu kamu akan menyadari bahwa menginstal Ubuntu Server tidak akan sesulit itu.

Lalu bagaimana caranya? Pada artikel kali ini akan di berikan cara mudah instalasi Ubuntu Server dengan lengkap. Selain itu pada artikel kali ini kita menggunakan Ubuntu Server 22.04.


Syarat instal Ubuntu Server

Sebelum langsung menginstal Ubuntu Server, sebaiknya untuk kamu mengetahui apa saja persyaratan sekaligus persiapan yang harus di lakukan.

download dan instal ubuntu server

Hal pertama yang harus di persiapkan adalah media instalasi. Kelebihannya adalah kamu tidak hanya bisa menginstal di server fisik saja melainkan juga bisa diinstal di mesin virtual seperti Virtual Box. Selain itu untuk instalasi fisik, kamu juga bisa menggunakan USB flashdisk atau CD installer.

Lebih dari itu nantinya kamu bisa menginstal Ubuntu Server pada layanan VPS.


Cara instal Ubuntu Server 22.04

Langsung masuk pada tahapan instalasi. Berikut beberapa langkahnya yang bisa kamu praktekkan :

Langkah 1,

Download file ISO Server Ubuntu 22.04 melalui situs resmi atau kamu juga bisa mendownloadnya Disini. Kemudian jika kamu sudah berhasil mendownload, selanjutnya kamu bisa bakar stik USB agar bisa di boot.

download dan instal ubuntu server

Atau jika kamu mendownload file ISO melalui sistem Windows, kamu bisa menggunakan Rufus untuk membuat media yang bisa di boot.

Langkah 2,

Boot sistem dengan media yang bisa di boot. Setelah melakukan booting selanjutnya kamu bisa pilih Coba atau Instal Server Ubuntu. Klik Enter.

Langkah 3,

Pilih bahasa yang ingin kamu gunakan untuk instalasi server, kemudian klik Enter.

Baca Juga:  Cara Membuat Website Blog Dengan Mudah Untuk Pemula

Langkah 4,

Pilih tata letak keyboard yang sesuai dengan keinginan, klik Enter.

Langkah 5,

Pilih jenis instalasi, nantinya kamu akan di minta untuk memilih basis instalasi. Nantinya akan ada 2 opsi Ubuntu Server yang di lengkapi dengan perangkat lunak yang di perlukan untuk menjalankan dan mengelola server.

Kamu bisa pilih Server Ubuntu karena memiliki jejak runtime minimum sehingga kamu bisa untuk tidak melakukan login terlebih dahulu. Selanjutnya klik Done.

Langkah 6,

Menetapkan IP secara manual jika DHCP tidak diaktifkan. Namun jika sistem terhubung ke modem maka kamu akan mendapatkan alamat IP melalui DHCP secara otomatis. Kemudian klik Enter.

Selain itu nantinya sistem akan mengkonfigurasi mirror arsip Ubuntu secara otomatis, jika sudah klik Selesai lalu Enter.

Langkah 7,

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan memutuskan skema partisi untuk server Ubuntu berdasarkan ruang disk yang tersedia.

download dan instal ubuntu server

Selain itu kamu juga bisa memilih antara 2 opsi, pilihlah untuk menggunakan seluruh disk sehingga nantinya kamu bisa membuat partisi seluruh disk secara otomatis.

Kemudian pilih Selesai lalu Enter untuk melanjutkan instalasi.

Langkah 8,

Pada pengaturan profil, kamu bisa menuliskan nama pengguna atau kata sandi sesuai dengan keinginan.

Langkah 9,

Lakukan instalasi OpenSSH Server. Pilih Instal OpenSSH Server lalu pilih selesai dan klik Enter.

Langkah 10,

Memulai instalasi, tunggulah beberapa saat hingga proses instalasi selesai dan sistem akan menginstruksikan untuk membooting ulang secara otomatis.

Selanjutnya pilih Boot ulang Sekarang untuk memulai ulang sistem.


Nah itulah beberapa langkah mudah download dan instal Ubuntu server dengan mudah. Setelah server selesai melakukan booting, selanjutnya kamu bisa menggunakan nama pengguna sekaligus kata sandi sesuai dengan yang sudah kamu masukkan saat proses instalasi sebelumnya.

Baca Juga:  3 Cara Download dan Instal Aplikasi PlayStore di Laptop dengan Mudah

Baca Juga :

***