Pengertian dan Cara Mencari Jurnal di Scopus

Cara Mencari Jurnal di Scopus – Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara mengecek jurnal terindeks scopus, simak artikel berikut sekarang!

Apa itu Scopus?

Scopus, salah satu pusat data atau literatur ilmiah yang di miliki oleh penerbit terkemuka di dunia, Elsevier. Pada tahun 2004, Scopus di kenalkan secara luas kepada publik. Scopus dan Web of Science (WOS), yang di terbitkan oleh Thomson Reuters, yang juga merupakan salah satu pusat data terbesar di dunia, sering kali berkompetisi.

Scopus berperan penting dalam pembuatan indeks literatur ilmiah, yang memberikan informasi yang tepat tentang metadata setiap artikel ilmiah.

Data publikasi, abstrak, referensi, dan informasi lainnya yang relevan dapat di temukan dalam indeks ini. Tujuan utama Scopus adalah memfasilitasi akses yang akurat dan efektif terhadap pengetahuan ilmiah di berbagai bidang keilmuan dengan menyediakan kumpulan literatur ilmiah yang luas.

Selain itu, Scopus menyediakan data yang menggambarkan tingkat dampak jurnal atau institusi pada publikasi ilmiah, berdasarkan hubungan kutipan antara artikel yang di terbitkan oleh jurnal atau peneliti.

Cara mencari jurnal yang terindeks di Scopus

1. Lewat Website

Cara terbaik untuk melihat jurnal yang terindeks Scopus adalah melalui website Scopus sendiri, di mana setiap orang dapat mencari secara gratis.

Namun, jika Anda belum memiliki akses publik, Anda harus berlangganan sebelum dapat membaca atau mendownload beberapa jurnal. Untuk melakukan pengecekan, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Untuk memulai, kunjungi https://www.scopus.com/home.uri dan cari fitur pencarian dengan kata “Sumber” di bagian kanan atas.
  • Cari negara asal jurnal, judul jurnal, atau negara asal penerbit kemudian klik “Cari Sumber”.
  • Setelah itu, tunggu sampai sistem menampilkan hasil pencarian. Jika jurnal dan judul yang Anda cari muncul, itu berarti jurnal tersebut telah terindeks dalam Scopus.
  • Jika tidak muncul, pertimbangkan untuk melihat tahun apa jurnal tersebut meliput Anda. Cara untuk melihat jurnal adalah dengan menggunakan fitur Coverage Konten Scopus yang terletak di bagian bawah situs web.

2. Lewat Scimago Jr

Scimago Jr. dikenal karena termasuk dalam daftar peringkat jurnal internasional serta sumber Scopus. Oleh karena itu, sebagian besar jurnal di Scimago Jr. berasal dari Scopus. Proses pemeriksaan adalah sebagai berikut:

  • Untuk memulai, kunjungi situs Scimago Jr di https://www.scimagojr.com/ dan ketik judul jurnal internasional yang ingin Anda cari.
  • Kemudian, tunggu sampai sistem menyelesaikan pencarian dari database atau pusat data yang Anda miliki.
  • Jika jurnal terlihat dan memiliki informasi yang diperlukan, maka jurnal akan dikirim ke scopus dan Scimago Jr.

Jika Anda tidak memiliki judul jurnal internasional, Anda dapat menggunakan fitur “Semua Bidang Mata Pelajaran” atau “Semua Kategori Mata Pelajaran” di website, yang memungkinkan pengunjung melakukan pencarian umum.

Dengan cara ini, Anda dapat menemukan daftar nama jurnal yang sesuai dengan pencarian Anda dan pastinya sudah terindeks di Scopus. Jurnal juga dapat digunakan sebagai opsi untuk menerbitkan artikel ilmiah yang disusun.

Baca Juga :

***