Advertisements

Epic99.com – Cara instal Linux Mint untuk pemula. Berbicara mengenai sistem operasi, Linux menjadi salah satu yang paling banyak di gunakan. Hal ini di karenakan sifatnya yang open source sehingga memungkinkan pengguna untuk mengatur OS yang sesuai dengan keinginan. Salah satu distribusi Linux yang bisa di gunakan adalah Linux Mint yang memberikan sistem operasi dengan tampilan modern, elegan dan nyaman di gunakan.

Linux Mint sendiri di buat pertama kali oleh Clement Lefebvre yang bahkan hingga saat ini masih selalu di lakukan perkembangan baik dari tim maupun komunitas.

Pada artikel kali ini akan di jelaskan cara instal Linux Mint untuk kamu ketahui. Berikut ulasannya !


Download file Linux Mint

Download file Linux Mint

Sebelum melakukan instalasi Linux Mint, pastikan perangkat yang kamu gunakan memiliki kapasitas yang sesuai seperti di bawah ini :

  • Minimal RAM 1 GB
  • Space HDD 20 GB
  • Resolusi monitor setidaknya 1024 x 768

Selanjutnya kamu bisa download file Linux Mint pada link berikut ini :

1. Download Linux Mint 20 Cinnamon
2. Download Linux Mint 20 MATE
3. Download Linux Mint 20 XFCE


Cara membuat Bootable Installer

Cara membuat Bootable Installer

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat bootable. Di mana bootable sendiri berfungsi sebagai flashdisk. Selain itu sebaiknya gunakan flashdisk dengan kapasitas minimal 4 GB dan pastikan flashdisk dalam keadaan kosong. Kemudian download Rufus terlebih dahulu untuk melakukan setting Bootable Installer.

Nantinya pada bagian device kamu bisa pilih flashdisk yang akan di gunakan sebagai installer Linux Mint. Lalu pada bagian boot selection kamu bisa pilih .iso Linux Mint yang kamu gunakan. Terakhir tinggal set default dari aplikasi dan klik Start. Tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai.

Baca Juga:  Cara Download Dan Mainkan Harvest Moon:Back To Nature Di Android

Cara instal Linux Mint

Jika proses pembuatan Bootable Installer sudah selesai, langkah selanjutnya adalah proses instalasi Linux Mint. Patikan kamu memperhatikan pada bagian ini !

Cara instal Linux Mint
  • Aturlah booting dari flashdisk dengan klik f12 lalu pilih flashdisk.
  • Nantinya kamu akan masuk paada grup menu, pilih menu start Linux Mint untuk menjalankan OS dari flashdisk.
  • Tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai.
  • Kemudian setelah masuk halaman dekstop Linux Mint, kamu bisa klik menu Instal Linux Mint untuk menampilkan menu instalasi.
  • Lalu kamu akan di minta untuk memilih bahasa, sebaiknya untuk memilih bahasa Inggris dan klik Continue.
  • Pada pilihan keyboard, direkomendasikan untuk kamu menggunakan US.
  • Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan instal Multimedia Codecs. Namun ini hanya menjadi opsi, di mana jika kamu ingin melakukan instalasinya maka pastikan perangkat yang kamu gunakan sudah terhubung dengan internet.
  • Selanjutnya pilih tipe instalasi. Namun pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati, di karenakan tipe instalasi ini berpotensi akan menghapus semua data yang ada pada hardisk. Di sarankan untuk memilih menu Something Else.
  • Setelah memilih tipe instalasi, selajutnya kamu di haruskan untuk mengatur partisi. Kamu bisa bebas membagi partisi namun tetap harus berhati – hati. Hal ini di karenakan bisa menyebabkan partisi menjadi terhapus.
  • Jika pembagian partisi sudah selesai di lakukan, kamu bisa klik Instal Now. Maka nantinya Linux Mint akan di instal pada mount point.
  • Namun sebelum melanjutkan proses instalasi, biasanya kamu akan di minta untuk menentukan zona waktu, pilihlah zona waktu WIB dengan lokasi Jakarta.
  • Selanjutnya buatlah username dan password untuk Linux. Hal ini menjadi bagain penting, karena nantinya akan di gunakan untuk menginstal aplikasi lain. Oleh karena itu sebaiknya untuk tetap mengingat username dan passwordnya.
  • Terakhir tunggulah proses instalasinya hingga selesai. Selain itu kamu juga bisa menunggunya sekaligus tetap melakukan browsing.
Baca Juga:  Cara Download Buku di Google Play Books

Kesimpulan

Demikian merupakan cara mudah untuk melakukan instalasi Linux Mint. Setelah proses instalasi selesai, sebaiknya untuk kamu melakukan restart pada perangkkat. Pastikan juga untuk mencabut flashdisk yang ada installernya.***