Epic99.com – Cara cek FUP Indihome. Indihome merupakan layanan provider internet rumahan yang terbilang cukup populer dan banyak di gunakan. Hal ini di karenakan banyaknya kelebihan yang di miliki oleh Indihome seperti salah satunya adalah kecepatan internet yang boleh di adu.

Sebagai pengguna Indihome, kamu bisa melakukan pengecekan FUP yang sudah di gunakan. Lalu apa sebenarnya FUP itu?

cara cek fup indihome

Merupakan singkatan dari Fair Usage Policy yang tidak lain adalah kebijakan mengenai batas pemakaian wajar pada layanan internet unlimited. Selain itu biasanya FUP di tandai dengan penurunan kecepatan internet jika sudah melebihi batas wajar.

Sebagai informasi tambahan, kamu bisa menghitung FUP berdasarkan penggunaan bulanan. Sehingga setiap awal bulan kuota internet akan reset kembali menjadi 0 GB. Oleh karena itu jika kamu pengguna Indihome, sebaiknya untuk rutin melakukan restart modem setiap awal bulan.


Cara mengecek FUP Indihome

Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih dan lakukan untuk mengecek FUP penggunaan internet Indihome. Berikut beberapa di antaranya :

cara cek fup indihome

1. Melalui website resmi Indihome

Kamu bisa mengecek FUP Indihome dengan mudah bahkan tanpa harus keluar rumah hanya dengan mengakses website resmi Indihome. Simak beberapa langkahnya :

  • Langkah pertama adalah dengan masuk pada situs resmi Indihome.
  • Selanjutnya lakukan login dengan klik Masuk.
  • Input nomor HP atau email kemudian klik Login.
  • Nantinya kamu akan mendapatkan pesan masuk berupa kode OTP baik melalui SMS maupun email.
  • Masukkan kode OTP.
  • Jika sudah berhasil login, langkah berikutnya adalah dengan masuk pada halaman utama bagian internet.
  • Klik dan lihat rincian, di sana kamu akan mengetahui kuota penggunaan internet selama sebulan.

2. Melalui aplikasi MyIndiHome

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengecek FUP Indihome adalah melalui aplikasi MyIndiHome. Berikut ini beberapa langkahnya :

  • Pastikan kamu sudah download dan instal aplikasi MyIndihome terlebih dahulu melalui PlayStore atau AppStore.
  • Selanjutnya lakukan login menggunakan nomor HP atau email.
  • Klik Login.
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS atau email.
  • Langkah berikutnya masuk pada halaman utama bagian internet.
  • Klik ikon titik tiga dan pilih Lihat Penggunaan.
  • Nantinya kamu akan melihat penggunaan internet selama sebulan terakhir.
Baca Juga:  2 Cara Mudah Mengubah Kuota Tiktok Menjadi Kuota Utama

3. Cek FUP Indihome tanpa login

Alternatif lainnya untuk mengecek FUP Indihome bisa kamu lakukan bahkkan tanpa harus login terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya untuk kamu praktekkan :

  • Kunjungi halaman FUP Indihome.
  • Kemudian kamu bisa menyesuaikan dengan paket bulanan yang kamu miliki.
  • Dari sana kamu akan secara otomatis mengetahui kecepatan yang menjadi batas FUP.
  • Selanjutnya cek sisa kuota dan jumlah pemakaian.
  • Kamu bisa menghitung menggunakan rumus FUP = Jumlah pemakaian kuota + Jumlah sisa kuota.

Limit FUP Indihome

Jika kamu sudah mengetahui cara cek FUP Indihome, berikutnya akan di jelaskan mengenai limit FUP pada internet rumahan yang satu ini. Indihome sendiri menerapkan 2 batas FUP yang di lakukan secara bertahap. Dengan begitu kecepatan internet tidak langsung menjadi lambat begitu saja.

cara cek fup indihome

1. FUP 100 Mbps

Pada paket internet dengan kecepatan 100 Mbps maka limit FUP yang di berikan adalah 2000 GB. Sehingga jika sudah mencapai batas maksimum penggunaan, maka kecepatan internet akan turun menjadi 50 Mbps. Pada paket internet 100 Mbps hanya ada 1 FUP saja.

2. FUP 50 Mbps

Untuk paket yang satu ini limit FUPnya adalah sebesar 1200 GB. Nantinya jika sudah mencapai batas maksimum penggunaan, maka kecepatan internet di turunkan menjadi 37,5 Mbps. Kemudian untuk FUB kedua jika sudah mencapai 2000 GB, maka kecepatan internet akan di turunkan kembali menjadi 20 Mbps.

3. FUP 40 Mbps

Jenis paket FUP 40 Mbps memiliki limit sebesar 900 GB. Saat kamu sudah mencapai batas limit yang diberikan maka kecepatan akan diturunkan menjadi 30 Mbps. Lalu untuk FUP kedua jika sudah mencapai 900 GB maka kecepatan akan diturunkan kembali menjadi 16 Mbps.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Watermark untuk Dokumen di Ms Word

4. FUP 30 Mbps

Paket internet pada kecepatan 30 Mbps memiliki limit maksimal 700 GB. Setelah mencapai batas maksimum penggunaan, kecepatan internet akan di turunkan menjadi 22,5 Mbps. Lalu jika sudah lebih dari 1200 GB, maka FUP kedua di lakukan sehingga kecepatan di turunkan menjadi 12 Mbps.

5. FUP 20 Mbps

Pada jenis paket yang satu ini memiliki limit 500 GB. Kemudian jika kamu sudah mencapai batas maksimum penggunaan internet, maka kecepatannya akan di turunkan menjadi 15 Mbps. Lalu jika mencapai penggunaan 800 GB, kecepatan internet akan di turunkan lagi menjadi 8 Mbps.

6. FUP 10 Mbps

Paket internet dengan kecepatan 10 Mbps akan mendapatkan limit penggunaan sebesar 300 GB. Setelah sudah mencapai batas maksimum penggunaan, maka kecepatannya akan turun menjaadi 7,5 Mbps. Lalu jika sudah melewati 400 GB maka kecepatannya akan diturunkan lagi menjadi 4 Mbps.


Nah itulah cara mengecek FUP Indihome serta mengetahui limit batas penggunaannya. Dengan begitu kamu bisa menghemat penggunaan internet agar kecepatannya tetap stabil dan tidak turun.

Baca Juga :

***