Epic99.com – Cara memilih jurusan kuliah. Mendekati lulus SMA, banyak siswa yang di buat bingung akan kelanjutan setelahnya. Sebagian dari mereka memutuskan untuk melanjutkan kuliah. Hal ini tidak jarang membuat kebingungan baru. Hal ini di karenakan memilih jurusan kuliah tidak semudah yang terlihat.

Sebaiknya saat ingin melanjutkan kuliah, pilihlah jurusan yang memang relevan dengan minat dan bakat. Sehingga nantinya tidak akan ada rasa penyesalan atau salah jurusan di tengah masa kuliah.

Lalu bagimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat? Simak baik-baik artikel kali ini agar membantu kamu menentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat.


Cara memilih jurusan kuliah

Mungkin terdengar simple, namun kenyataannya memilih jurusan lebih sering membuat bingung. Berikut ini beberapa cara yang harus kamu perhatikan sebelum memilih jurusan kuliah yang tepat :

cara memilih jurusan kuliah

1. Cari tahu apa yang menjadi kesukaan

Menjalankan hobi atau kesukaan setiap hari tentu tidak akan menjadi beban. Oleh karenanya hal ini bisa menjadi dasar untuk kamu menentukan jurusan kuliah. Kamu bisa menyesuaikan jurusan kuliah dengan hobi atau kesukaan yang sering kamu lakukan.

Seperti misalkan kamu menyukai aktifitas dalam bidang IT atau komputer, kamu bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan komputer. Selain itu jangan terlalu memaksa untuk memilih jurusan yang tidak di inginkan. Seperti misalkan kamu ingin mengambil ekonomi hanya agar mudah mendapatkan pekerjaan, namun sebenarnya kamu sendiri tidak menyukai bidang tersebut.

2. Pelajari skill

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk memilih jurusan kuliah yang tepat adalah dengan memperlajari sebuah skill. Dengan memiliki skill sebelum kuliah, kamu akan lebih mudah menentukan jurusan kuliah dan melanjutkan mata kuliah sesuai dengan skill yang di miliki.

cara memilih jurusan kuliah

Selain itu kamu bisa melakukan tes minat dan bakat terlebih dahulu. Dengan begitu nantinya kamu akan tahu apa sebenarnya yang menjadi minat dan bakat dalam diri kamu.

Baca Juga:  Cara Mudah Download Video FB Lite Tanpa Aplikasi Tambahan

3. Bayangkan mengenai impian dimasa depan

Jika ingin menentukan jurusan kuliah yang tepat, kamu bisa membayangkan ingin menjadi seperti apa kamu kedepannya. Apa pekerjaan yang kamu impikan nantinya setelah lulus. Jika sudah memiliki bayangan, hal ini bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih bidang kuliah.’

Seperti contohnya jika kamu ingin bekerja di Bank, kamu bisa mengambil jurusan yang sesuai dengan pekerjaan di Bank seperti ekonomi, atau komputer dan IT.

4. Mempelajari jurusan yang ditentukan

Terutama jika kamu memiliki beberapa pilihan jurusan. Mempelajari satu persatu jurusan yang di miliki menjadi poin penting untuk kamu lakukan. Dengan begitu nantinya kamu akan bisa menentukan mana jurusan yang sesuai dengan diri sendiri.

cara memilih jurusan kuliah

Untuk mempelajarinya, kamu bisa mencari bahan di internet ataupun melakukan tes-tes online yang berhubungan dengan jurusan kuliah.

5. Cari tahu peluang kerja

Jika setelah kuliah kamu ingin menjadi pekerja atau pegawai, sebaiknya untuk mencari tahu peluang kerja dari jurusan yang ingin di pilih. Jangan juga asal memilih jurusan karena suka atau ikut-ikutan namun nantinya sulit mendapatkan pekerjaan.

Beberapa jurusan kuliah yang memberikan peluang kerja menjanjikan di antaranya adalah IT, komputer, ekonomi, teknik, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Kesimpulan

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih jurusan kuliah. Sebaiknya untuk mengindari memilih jurusan kuliah hanya karena ikut-ikutan teman. Selain itu kamu juga bisa menanyakan jurusan kuliah kepada orang yang sudah berpengalaman.

Selain memilih bidang kuliah yang tepat, minat dan bakat juga harus diperhatikan untuk kemudahan dimasa depan. Pastikan juga kamu tidak memilih jurusan yang begitu sulit sehingga nantinya tidak akan mengalami gangguan dimasa kuliah berlangsung.

Baca Juga:  Cara Download Lagu dari JOOX langsung ke Memori HP

Baca Juga :

***