Ketahui 5 Cara Belajar Efektif Ini Sebelum Ujian

Cara belajar efektif

Apa saja cara belajar efektif yang bagus untuk kamu terapkan sebelum ujian berlangsung? Bagi para mahasiswa atau anak sekolah, ujian seringkali menjadi hal yang menakutkan. Padahal, jika kamu sudah mempersiapkan diri, ujian bukanlah suatu hal yang menyeramkan. 

Supaya kamu lebih siap saat menghadapi ujian, tentu ada tips dan trik yang perlu kamu lakukan. Salah satunya adalah dengan belajar secara efektif. Nah, agar cara belajarmu menjadi efektif, coba ikuti tips belajar berikut ini. 

Belajar Kelompok Bersama Teman

Beberapa hari sebelum ujian berlangsung, buatlah kelompok belajar bersama yang terdiri dari teman-temanmu. Kamu bisa mengajak teman sekelas, sahabat, atau tetangga untuk belajar bersama. 

Konon katanya, cara belajar secara kelompok ini jauh lebih efektif daripada belajar sendiri. Ketika kamu belajar bersama teman-teman sebaya, secara nggak sadar kamu akan termotivasi untuk giat belajar. 

Selain itu, ketika ada soal atau materi yang nggak kamu mengerti, kamu bisa berdiskusi bersama teman-teman. Meski begitu, cara belajar seperti ini nggak bisa diterapkan untuk semua orang. Inilah pentingnya memahami gaya belajar yang cocok untuk diri sendiri. 

Menulis Ringkasan Materi Pelajaran

belajar efektif dengan menulis ringkasan

Seberapa sering kamu membuat catatan ringkasan dari materi yang sudah kamu pelajari? Cara belajar seperti ini mungkin cukup membosankan bagi sebagian orang. Tapi bagi orang-orang yang gemar menulis dan membaca, cara seperti ini mungkin termasuk cara belajar efektif. 

Membuat ringkasan materi pelajaran akan sangat berguna bagi kamu yang mau melaksanakan ujian. Sebab, ringkasan materi yang kamu tulis berisi poin-poin penting dari seluruh materi yang kamu pelajari. Itu sebabnya, menulis ringkasan pelajaran sangat penting untuk kamu lakukan sebelum ujian. 

Cara Belajar Efektif dengan Bikin Jadwal Belajar Rutin

Selain menulis ringkasan, hal penting lainnya yang wajib kamu lakukan sebelum ujian adalah membuat jadwal belajar rutin. Mengapa harus rutin? Karena dengan membuat jadwal belajar yang rutin akan membuat kamu konsisten dan disiplin untuk belajar. 

Baca Juga:  Cek Nomor KK Online dengan Mudah Tanpa Harus Antri

Bagaimana jika kamu mengabaikan cara ini? Salah satu efek buruk yang mungkin akan kamu peroleh adalah mendapatkan nilai ujian di bawah rata-rata. Hasil ini tentunya bersumber dari cara kamu belajar yang asal-asalan. Akibatnya, kamu nggak disiplin untuk belajar dan malah melakukan aktivitas yang bukan prioritas. 

Coba bandingkan hasilnya jika kamu membuat jadwal belajar secara rutin. Dengan belajar rutin, setidaknya kamu bisa mengontrol sekaligus membagi waktumu untuk belajar dan melakukan aktivitas lain. Nggak ada lagi alasan buat kamu nggak belajar.

6 Rekomendasi Situs Belajar Online Terbaik Yang Bisa Kamu Gunakan

Cara Belajar Efektif dengan Menghindari Distraksi

Belajar efektif di lingkungan kondusif

Jadwal belajar yang kurang efektif biasanya berasal dari munculnya distraksi yang mengganggu. Ada beberapa kategori distraksi yang sering orang lain alami. Mulai dari gangguan HP, tayangan TV, hingga lingkungan sekitar. 

Meski tampaknya sepele, namun kondisi lingkungan sekitar yang nggak kondusif juga bisa mengganggu kamu saat belajar. Oleh sebab itu, salah satu cara belajar efektif adalah dengan mencari tempat belajar yang tenang dan kondusif. 

Jangan Pakai Sistem Kebut Semalam

Banyak anak sekolah atau mahasiswa yang memakai sistem belajar ini saat mau menghadapi ujian. Biasanya, mereka bakal belajar terus-terusan selama beberapa jam sebelum ujian berlangsung. Dengan belajar semalaman, harapannya mereka bakal siap untuk mengerjakan ujian di hari esok. 

Padahal nyatanya nggak seperti itu. Belajar dengan sistem kebut semalam justru nggak efektif dan bakal menimbulkan stress. Sebab, kapasitas otakmu yang terbatas akan langsung dijejali oleh banyak materi pelajaran. Maka dari itu, sistem belajar seperti ini nggak bagus untuk kamu lakukan. 

Baca Juga:  Cara Menghapus Background Foto Online Tanpa Aplikasi