Epic99.com – Memilih wahana internship kedokteran. Berhasil mendapatkan gelar Dokter untuk mahasiswa kedokteran bukanlah akhir dari proses yang akan di lewati. Hal ini di karenakan nantinya setelah di nyatakan lulus UKMPPD, dan mendapatkan gelar Dr, selanjutnya kamu akan memperebutkan wahana internship dengan para dokter lainnya. Seperti yang tercantum pada Peraturan Konsil Kedokteran Indonesia tentang Registrasi Dokter Program Internship Pasal 1. Berbunyi “Internship adalah pelatihan keprofesian berbasis kemandirian pada pelayanan primer guna memahirkan kompetensi, meningkatkan kinerja, dan menerapkan standar profesi pada praktik kedokteran setelah selesai pendidikan dokter dan uji kompetensi.

Namun pada kenyataannya, mendapatkan wahana internship kedokteran tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih lagi sering terjadi wahana yang tersedia begitu cepat di rebut oleh para dokter lain. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus di persiapkan agar bisa mendapatkan wahana internship. Simak artikel di bawah ini agar kamu bisa mendapatkan wahana internship kedokteran dengan mudah !

Wahana Internship Kedokteran

internship kedokteran

Untuk kamu ketahui, wahana internship kedokteran di bagi menjadi 3 kelompok yakni lokal, regional, dan juga nasional. Di mana pada pemilihan lokal biasanya di tujukan dalam kategori provinsi yang sama dengan asal universitas. Kemudian pada pemilihan regional yakni wahana internship yang di tentukan secara lintas provinsi berdasarkan asal universitas dan kelompok provinsi. Biasanya hal ini sudah di tentukan oleh masing-masing batch yang di atur di Ketentuan Pilih Wahana. Lalu pada kelompok nasional tentunya peserta bisa memilih wahana yang tersedia di seluruh Indonesia.

Hal yang harus dipersiapkan sebelum pemilihan wahana internship

Di karenakan pemilihan wahana internship seperti ajang rebutan, tentu kamu juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum hari pemilihan di lakukan. Berikut ini beberapa hal yang harus di persiapkan menjelang hari pemilihan wahana :

internship kedokteran
  1. Pastikan kamu sudah mengetahui terlebih dahulu mengenai daftar wahana yang tersedia sekaligus informasi mengenai pemilihan wahana. Gali informasi mengenai wahana yang di inginkan bisa melalui senior atau melalui website.
  2. Tentukan wahana yang menjadi prioritas. Selain itu kamu bisa menetukannya berdasarkan waktu pemilihan baik lokal, regional, maupun nasional. Sebaiknya untuk menentukan setidaknya 5 hingga 10 wahana yang menjadi prioritas.
  3. Perangkat komputer maupun laptop dengan spesifikasi yang tinggi. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kecepatan sehingga tidak kalah cepat dalam memilih wahana.
  4. Koneksi internet yang cepat dan stabil.
Baca Juga:  8 Dompet Kripto Terbaik dan Populer di Indonesia

Panduan memilih wahana Internship Kedokteran

Setelah semua hal sudah di persiapkan. Selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah mengenai panduan memilih wahana. Berikut beberapa panduan pemilihan wahana untuk kamu ketahui :

internship kedokteran
  • Klik pada menu Pilih di mana nantinya kamu tidak perlu melakukan konfirmasi untuk meminimalisir terjadinya server down.
  • Pilih menu data pendaftaran > pendaftaran internship.
  • Nantinya kamu akan melihat daftar wahana secara detail mulai dari jadwal bahkan hingga periode.
  • Kemudian pilih wahana yang sesuai dengan keinginan lalu klik Pilih.
  • Pada point pilih wahana inilah kamu harus bisa bergerak lebih cepat agar tidak kalah dengan peserta lainnya.
  • Seperti contoh jika ada 1 wahana yang hanya menyediakan 5 kuota namun pendaftarnya ada 20, maka yang bisa mendapatkan adalah 5 pemilih tercepat.
  • Jika kamu tidak mendapatkan kuota tersebut maka kamu bisa memilih wahana lainnya, namun jika kamu mendapatkan wahana tersebut, maka secara otomatis data kamu akan masuk dalam database.

Tips mendapatkan wahana dengan cepat

Selanjutnya simak beberapa tips ampuh di bawah ini agar kamu bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan wahana internship.

  • Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah fokus pada wahana yang ingin kamu pilih.
  • Kemudian pastikan jaringan internet yang kamu gunakan dalam keadaan cepat dan stabil.
  • Sebaiknya untuk menggunakan browser Chrome.
  • Jangan terlalu lama membaca detail wahana, jika kamu tertarik pada 1 wahana usahakan langsung klik Pilih.
  • Persiapkan waktu seluang mungkin bahkan sebelum pemilihan wahana di mulai, kamu sudah standby di depan PC maupun laptop.
  • Saat pemilihan wahana sebaiknya tidak membuka aplikasi lain dalam perangkat yang sedang di gunakan.

Nah itulah beberapa panduan lengkap mengenai wahana internship untuk bisa di praktekkan. Dengan begitu nantinya kamu akan lebih mudah dan cepat mendapatkan wahana internship.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Pengguna Jaringan Wifi Indihome Yang Tidak Dikenal

Baca Juga :

***