6 Aplikasi Alternatif Microsoft Visio Terbaik dan Gratis

Epic99.com – Aplikasi alternatif Microsoft Visio. Jika kamu menyukai bidang gambar, Visio merupakan aplikasi microdoft yang memungkinkan kamu dalam menggambar diagram serta merepresentasikan informasi dan data secara visual.

Meskipun penggunaannya terbilang cukup mudah, namun Visio sendiri tidak bisa di gunakan secara gratis. Untuk itu pada artikel kali ini akan direkomendasikan beberapa aplikasi alternatif visio yang bisa kamu gunakan secara gratis.


1. Diagrams.net

Kamu bisa mengunakan Diagrams.net sebagai salah satu alternatif visio gratis yang bisa kamu gunakan. Selain itu kamu juga tidak perlu membuat akun untuk memulainya.

Bahkan Diagrams.net juga bisa mencadangkan diagram yang kamu buat ke perangkat atau ke akun cloud sehingga meminimalisir kehilanagan pekerjaan yang sudah kamu kerjakan.

Fitur :

  • Membuat diagram untuk presentasi menjadi lebih mudah.
  • Melakukan integrasi terhadap Google Workspace.
  • Menggunakan media papan tulus untuk Confluence.

Kunjungi Diagrams.net

2. Pencil Project

Menjadi salah satu rekomendasi alternatif visio terbaik yang bisa kamu gunakan. Pencil Project bisa kamu gunakan secara gratis. Selain itu kamu Pencil Project sendiri memberikan dukungan terhadap berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, hingga MacOS.

Dengan menggunakan aplikasi open source yang satu ini, kamu bisa menjelajahi berbagai simensi diagram.

Fitur :

  • Memudahkan dalam pembuatan diagram secara profesional
  • Membuat beberapa project di waktu yang bersamaan.
  • Terdapat opsi OpenClipart.org yang memungkinkan kamu melakukan pencarian di berbagai situs web.

Kunjungi Pencil Project

3. Yed Graph Editor

Rekomendasi alternatif visio lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Yed. Dimana aplikasi ini terbilang kuat untuk melakukan perancangan terhadap diagram yang berkualaitas tinggi bahkan dalam waktu yang singkat sekalipun.

Selain itu Yed juga memudahkan kamu dalam menghubungkan data, membuat diagram, diagram alir, bahkan hingga grafik.

Aplikasi yang satu ini memiliki antarmuka yang bagus serta mudah digunakan untuk membuat diagram manual bahkan mengimpor grafik secara eksternal untuk analisa.

Fitur :

  • Mudah dalam mengimpor elemen.
  • Memungkinkan kamu dalam memposisikan elemen dengan cara tertentu.
  • Memberi dukungan terhadap Windows, Mac, dan juga Linux

Kunjungi Yed Graph Editor

4. Google Drawings

Menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar didunia. Google sepertinya tidak ingin ketinggalan dalam membuat alternatif visio yang bisa digunakan secara gratis.

Dimana Google Drawings sendiri memungkinkan kamu untuk membuat diagram alur, badan organisasi, ataupun kerangka kerja untuk situs web. Selain itu aplikasi yang satu ini tersedia di Google Chrome dan kamu juga bisa menggunakannya secara online.

Bahkan aplikasi ini juga memungkinkan pengguna yang berbeda untuk memngakses file dan mengedit gambar secara bersama. Kamu bisa menggunakannya secara gratis.

Fitur :

  • Memiliki simbol yang lengkap untuk pembuatan diagram alur.
  • Penggunaannya yang terbilang mudah.
  • Kamu bisa mengatur tata letak gambar dengan presisi menggunakan panduan perataan dan teknik distribusi otomatis.

Kunjungi Google Drawings

5. Dia

Kamu bisa menggunakan Dia sebagai alternatif Visio versi gratis. Dia sendiri termasuk salah satu aplikasi yang banyak digunakan. Selain itu aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi open source yang lengkap dengan pembaruan rutin serta mampu untuk menanamkan semua alat yang baru digunakan.

Aplikasi dia juga memiliki berbagai fitur yang canggih untuk memberikan fleksibilitas kepada penggunannya.

Fitur :

  • Memberikan dukungan untuk OS Windows dan Mac.
  • Mudah menyimpan file yang di buat menggunakan perangkat apapun dan di ruang manapun seperti Google Drive.
  • Memungkinkan kamu menyelesaikan pekerjaan mulai dari pemrosesan grafik serta perancangannya bisa di selesaikan secara efektif.

Kunjungi Dia

6. LibreOffice

Merupakan salah satu aplikasi alternatif Visio yang bisa kamu gunakan secara gratis. LibreOffice yang di kembangkan oleh The Document Foundation biasanya di gunakan untuk mendesain gambar rumit sengan menggunakan berbagai tools.

Fitur :

  • Memungkinkan kamu membuat berbagai file seperti diagram, brosur, album, atau bahkan gambar teknis.
  • Memiliki berbagai fitur menarik serta koreksi otomatis.
  • Memberikan dukungan eksekusi makro dengan bermitra Java.

Kunjungi LibreOffice

Nah itulah beberapa rekomendasi aplikasi alternatif microsoft visio yang bisa kamu gunakan. Dengan begitu kamu bisa bebas menggambar secara gratis dan tanpa harus membayar biaya langganan.***