6 Rekomendasi Alternatif Office Suite Gratis Pengganti Microsoft Office

Epic99.com – Rekomendasi alternatif office suite gratis. Microsoft Office adalah perangkat lunak yang berisi paket aplikasi perkantoran milik Microsoft. Sebagai office suite, Microsoft Office sendiri sebenarnya masih banyak penggunanya.

Hal tersebut di karenakan tugas dari office suite sendiri yang terbilang penting untuk pengolahan kata, presentasi digital, perhitungan, dan masih banyak lagi tugas perkantoran lainnya yang bisa di selesaikan dengan office suite.

Meskipun membantu produktifitas kerja dengan baik, namun Microsoft Office memberikan biaya yang cukup mahal untuk bisa berlangganan.

Nah, sebagai jalan keluarnya, tentu ada alternatif aplikasi office suite lain yang di sediakan secara gratis dan memiliki fungsi yang sama sehingga dapat membantu menyelesaikan pekerjaanmu dengan maksimal.

Berikut adalah beberapa aplikasi office suite alternatif Microsoft Office yang bisa kamu gunakan secara gratis.

1. FreeOffice

Office suit yang satu ini bisa kamu jadikan pilihan untuk digunakan secara gratis. FreeOffice memiliki layout yang terbilang modern dan sekilas mirip dengan Microsoft Office.

freeoffice

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini dalam 2 opsi yaitu berbayar yang memiliki banyak fitur berlimpah dan juga versi gratis yang juga cukup untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Keunggulan :

  • Memberikan dukungan pada pemeriksaan ejaan secara otomatis
  • Bisa membuka file yang di temukan di program lainnya
  • Bebas biaya untuk penggunaan pribadi dan komersial

Download FreeOffice

2. Google Workspace

Menjadi salah satu office suite besutan Google sebagai alternatif Microsoft Office yang bisa kamu gunakan secara gratis.

google workspace

Google Workspace merupakan salah satu alternatif yang terbilang populer dan banyak di gunakan. Hal tersebut di karenakan Google sendiri memberikan layanan gratis sekaligus mendukung banyak aplikasi yang hampir serupa dengan Microsoft Office.

Baca Juga:  6 Aplikasi Alternatif Microsoft Visio Terbaik dan Gratis

Selain itu, nantinya semua data akan di simpan dalam bentuk cloud di layanan yang juga miliki oleh Google yaitu Goole Drive. Banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan di Google Workspace seperti Google Docs, Slide, Slides, Sheets, hingga Drawing.

Keunggulan :

  • Kompatibel sehingga bisa di gunakan oleh berbagai OS
  • User friendly
  • Sistem keamanan tingkat tinggi
  • Kemudahan dalam melakukan integrasi

Kunjungi Google Workspace

3. iWork

Jika kamu pengguna MacOS. Alternatif yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk menggantikan Microsoft Office. iWork sendiri memiliki aplikasi utama yang sama dengan milik Microsoft yaitu Pages, Numbers, dan Keynote.

iwork

Awalnya aplikasi hanya bisa di akses menggunakan Mac. Namun seiring berjalannya waktu, iWork sudah tersinkron oleh iCloud dan bisa di gunakan untuk iPad dan iPhone.

Keunggulan :

  • Mudah di gunakan
  • Tersedia untuk berbagai perangkat Apple

Download iWork for Mac

4. LibreOffice

Salah satu rekomendasi alternatif office suite lainnya adalah LibreOffice. Aplikasi ini merupakan aplikasi open source yang di dirikan oleh The Document Foundation.

libreoffice

LibreOffice juga terbilang sangat kompatibel karena bisa di gunakan di berbagai OS seperti Windows, MacOS, hingga Linux.

Di karenakan aplikasinya yang berbasis open source, tentunya LibreOffice tidak menyediakan asistensi dan support. Namun kamu bisa menggunakannya secar gratis.

Keunggulan :

  • Tersedia pake office yang lengkap
  • Mendukung semua format file Microsoft office
  • Tidak ada iklan yang mengganggu

Download LibreOffice

5. Polaris Office

Menjadi office suit yang bisa di akses di Windows, Mac, Android, dan juga iOS. Polaris Office di kembangkan oleh Intraware yang di rilis pertama kali pada tahun 2014.

alternatif office suite gratis polaris office

Selain itu, Polaris Office juga menjadi office suite yang banyak di gunakan termasuk oleh Amazon dan juga Samsung. Tidak hanya versi berbayar, kamu juga bisa menggunakan Polaris Office ini secara gratis.

Baca Juga:  7 Aplikasi dan Cara Belajar Chord Gitar Dasar untuk Pemula

Nantinya kamu bisa mengedit file dengan berbagai format seperti PPT, XLS, DOCX, hingga HWP. Selain itu saat akun milikmu di sinkronkan di perangkat android, kamu akan bisa mengedit dan menyelesaikan pekerjaan di manapun.

Kamu juga tidak perlu khawatir karena dalam Polaris Office nantinya semua datanya di jamin aman oleh Amazon Web Services (AWS).

Keunggulan :

  • dapat membuka dan mengedit berbagai file office
  • Menyediakan layanan berbagi file setelah proses editing

Download Polaris Office

6. WPS Office

Menjadi salah satu office suite yang banyak di gunakan. WPS Office merupakan singkatan dari Writer, Presentation, Spreedsheets yang bisa di gunakan oleh pengguna Windows, Linux, Android bahkan hingga perangkat apple yang seri terbaru.

alternatif office suite gratis wps office

WPS menyediakan cloud yanng bisa kamu gunakan secara gratis sebesar 1 GB. Di karenakan bisa di akses secara gratis, mungkin kamu akan sedikit terganggu dengan keberadaan iklan yang muncul di dalamnya.

Keunggulan :

  • Memiliki berbagai fitur yang lengkap
  • Tersedia alat untuk mengkonversi PDF
  • Memberikan dukungan pada penyimpanan Cloud

Download WPS Office

Nah itulah beberapa aplikasi office suite yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif pengganti Microsoft Office. Selain fitur dan fungsinya yang sama, kamu bisa menggunakan aplikasi office suite di atas secara gratis.***