Cara Mengatasi 500 Internal Server Error pada WordPress

Epic99.com – Cara mengatasi error pada WordPress. WordPress menjadi salah satu CMS yang paling banyak di gunakan. Hal tersebut di karenakan kemudahan penggunaannya serta ketersediaan plugin yang membuat kinerja website menjadi lebih maksimal.

Di karenakan sistem, WordPress bukan tidak mungkin akan mengalami error. Selain itu biasanya error yang terjadi pada wordpress juga sangat beragam. Namun kamu juga masih bisa mengatasi error yang ada di WordPress dengan mengikuti beberapa tutorial yang tersedia.

mengatasi error pada wordpress

Banyak penyebab terjadinya error pada website yang menggunakan WordPress. Seperti halnya jika kamu mengalami error pada Internal Server website, kamu bisa mengikuti beberapa hal di bawah ini untuk mengatasi permasalahannya.


Cara Mengatasi WordPress Error pada Internal Server

Terutama untuk kamu yang pemula dalam menggunakan WordPress. Mengalami Error pada Internal Server tentu menjadi hal yang sangat di pusingkan. Terlebih biasanya server tidak bisa mengidentifikasi letak masalahnya yang akan membuat kamu lebih bingung.

Namun kamu juga tidak perlu terlalu panik, karena error pada internal server merupakan hal yang uumum terjadi. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara Mengatasi WordPress Error pada Internal Server

1. Melakukan pemeriksaan file .htaccess

Saat kamu mengalami error pada internal server, hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa file .htaccess. Hal tersebut di karenakan file tersebut bisa jadi mengalami corrupt. Kamu bisa melakukan pemeriksaan dengan merename file .htaccess.

Jika sekiranya kamu sudah melakukan perubahan nama, selanjutnya kamu bisa coba dengan membuka situs untuk mengetahui apakah masalah sudah terpecahkan. Di mana nantinya situs kamu akan menghasilkan file .htaccess baru.

2. Meningkatkan limit memori PHP

Masalah lainnya yang sering terjadi pada internal server adalah limit memori PHP yang bermasalah. Biasanya masalah ini akan terjadi saat ingin login ke WordPress admin atau saat ingin mengupload gambar.

Baca Juga:  Cara Membuat Sitemap XML Website di Wordpress

Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan meningkatkan limit memori PHP dengan cara berikut ini :

  • Buatlah file teks kosong yang biasa di sebut php.ini
  • Selanjutnya kamu bisa menyalin kode yang ada di sana : memory = 64MB
  • Kemudian simpan dan upload ke wp-admin atau kamu bisa juga menggunakan CPanel
2. Meningkatkan limit memori PHP

3. Nonaktifkan semua Plugin

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan internal server WordPress adalah dengan menonaktifkan semua Plugin. Karena biasanya permasalahan pada internal server bisa di akibatkan karena kombinasi plugin yang tidak selaras.

4. Melakukan upload ulang file utama

Jika beberapa cara di atas tidak bisa mengatasi permasalahan error pada internal server website yang kamu bangun. Kamu bisa mengatasi permasalahan ini dengan alternatif lainnya yaitu dengan mengupload ulang semua file utama baik folder wp-admin dan juga wp-include.

Karena bisa jadi permasalahannya adalah file tersebut ada yang corrupt.

4. Melakukan upload ulang file utama

5. Hubungi CS penyedia hosting

Saat di rasa kamu sudah kewalahan dalam mengatasi permasalahan ini. Ada baiknya kamu mengubungi Customer Services dari penyedia hosting yang kamu gunakan. Sehingga nantinya mereka akan langsung melihat server log dan mendeteksi masalah yang terjadi.

Dengan begitu kamu bisa lebih mudah dalam melakukan cara yang bisa mengatasi permasalahan internal server pada website yang menggunakan WordPress.


Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa mengatasi permasalahan error pada internal server website yang menggunakan WordPress. Pastikan kamu mengikuti semua tahapan di atas agar bisa lebih cepat mendeteksi permasalahan yang terjadi.***

Baca Juga:  Cara Menghubungkan CDN Cloudflare Gratis ke Wordpress