Mengenal Xcode sebagai Pengembang IDE Apple

Xcode IDE Apple – Pernahkah kamu mendengar istilah Xcode? Di mana ini adalah lingkungan pengembangan yang terintegrasi atau IDE Apple untuk MacOS. Xcode sendiri di gunakan untuk mengembangkan perangkat lunak MacOS, iOS, iPad, dan lainnya dari produk Apple. Di rilis pertama kali pada tahun 2003, Xcode terbaru yang rilis adalah versi 15 tepatnya pada September 2023 lalu. Menariknya lagi Xcode tersedia secara gratis melalui Mac App Store atau situs web penngembang Apple.

Sebagai informasi tambahan, Xcode di lengkapi dengan alat baris perintah yang memungkinkan pengembangan gaya UNIX melalui aplikasi terminal di MacOS. Dengan begitu pengguna bisa mendownload dan menginstalnya tanpa GUI. Namun sebelum XCode hadir, Apple sempat menawarkan pengembang Project Builder dan Interface Builder untuk mengembangkan MacOS.

Fitur Utama Xcode IDE Apple

Xcode memberikan dukungan kode sumber untuk beberapa bahasa pemrograman seperti di antaranya adalah C, C++, Objective-C, Objective-C++, Java, Python, Ruby, Swift, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan lebih dari itu, XCode juga tidak terbatas ppada Cocoa, Carbon, dan Java. Menariknya lagi pihak ketiga telah menambahkan dukungan untuk GNU Pascal, Free Pascal, C#, Go, Perl, dan D.

Kamu dapat membuat file biner denggan Xcode yang berisikan kode untuk berbagai arsitektur dalam format eksekusi Mach-0. Di mana hal tersebut dapat membantu memudahkan transisi dari PowerPC 32 bit ke Power PC 64 bit. Kemudian dari PowerPC ke intel dan dari intel 32 bit ke intel 64 bit. Yang terbarunya Xcode dapat memudahkan transisi dari intel x86 ke Apple yang memungkinkan pengembang untuk mendistribusikan satu aplikasi ke pengguna sekaligus membiarkan sistem secara otomatis memilih arsitektur sesuai saat runtime.

Dengan menggunakan iOS SDK, TVOS SDK, dan WatchOS SDK, Xcode sendiri dapat di gunakan untuk mengkompilasi dan mendebug aplikasi untuk iOS, iPadOS, tvOS, dan WatchOS.

Xcode juga menyertakan alat GUI instrumen yang berjalan diatas kerangka penelusuran dinamis, DTrace yang di buat oleh Sun Microsystems dan di rilis sebagai bagian dari OpenSolaris. Lingkungan pengembangan IDE satu ini juga mengintegrasikan dukungan bawaan untuk menajemen kode sumber menggunakan sistem dan protokol kontrol versi Git.

Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat sekaligus melakukan kloning repositori Git.

Komposisi Xcode IDE Apple

Paket Xcode mencakup sebagian besar dokumentasi pengembang Apple dan pembuat antarmuka bawaan. Sebuah aplikasi yang di gunakan untuk membuat antarmuka pengguna grafis. Bahkan hingga Xcode 4.1, serangkaian Xcode menyertakan versi modifikasi darii koleksi kompiler GNU. Kemudian dalam Xcode 3.1 hingga Xcode 4.6.3, ini menyertakan kompiler LLVM-GCC, dengan ujung depan dari Koleksi Kompiler GNU dan generator kode berdasarkan LLVM.

Hingga Xcode 4.6.3, rangkaian Xcode menggunakan GNU Debugger (GDB) sebagai back-end untuk debugger IDE. Dimulai dengan Xcode 4.3, debugger LLDB juga disediakan; di mulai dengan Xcode 4.5 LLDB menggantikan GDB sebagai back-end default untuk debugger IDE. Di mulai dengan Xcode 5.0, GDB tidak lagi disediakan.

Baca Juga :

***