Cara Aktifkan Opsi Pengembang di Android untuk Pemula

Cara Aktifkan Opsi Pengembang – Handphone buatan Realme memiliki Realme UI yang berbasis Android. Jika Anda ingin mendapatkan akses tambahan ke fitur yang di sebut sebagai Opsi Pengembang atau Opsi Pengembang, Anda biasanya perlu mengaksesnya. Dengan hadirnya Opsi Pengembangan, Anda dapat mengaktifkan fitur rahasia yang tidak dapat di akses dalam kondisi normal Realme UI.

Karena opsi pengembang di sembunyikan, orang awam tidak dapat mengubah fiturnya sendiri. Salah pengaturan dapat menyebabkan sistem handphone tidak bekerja sebagaimana harusnya. Namun, jika Anda benar-benar perlu membuka Opsi Pengembangan pada ponsel Realme Anda, Anda dapat melakukannya secara instan dengan menggunakan langkah-langkah berikut.

Cara Aktifkan Opsi Pengembang

Untuk mengakses aplikasi pengaturan handphone, buka menu About Phone. Pilih opsi Versi Baseband dan Kernel. Tekan tujuh kali pada nomor Build. Setelah itu, notifikasi “Sekarang Anda adalah developer” akan muncul. Anda dapat kembali ke halaman Pengaturan dengan memilih menu Pengaturan Tambahan. Kemudian, pergi ke menu Opsi Pengembang.

Setelah Anda membuka Developer Options, Anda akan dapat mengakses fitur rahasia yang ada di dalamnya. Misalnya, jika Anda ingin mengetahui berapa lama refresh rate layar handphone Realme, Anda dapat mengaktifkan fitur Show refresh rate.

Selanjutnya, angka refresh rate akan muncul secara otomatis di bagian kiri atas. Jika Anda mengunci refresh rate layar ke 60 Hz, layar akan menampilkan angka 60. Jika Anda mengunci refresh rate layar ke 90 Hz atau 120 Hz, angka tersebut juga akan muncul di layar.

Selain itu, melalui Opsi Pengembang, Anda dapat mengaktifkan fitur debugging USB (pengaturan keamanan) dan mengatur perintah yang secara otomatis di lakukan saat handphone terhubung dengan komputer melalui kabel USB, seperti transfer file, USB Tethering, MIDI, transfer foto (PTP), atau tidak ada transfer data.

Biasanya, saat kedua perangkat terhubung, opsi No data transfer akan langsung di aktifkan. Namun, dengan fitur ini, Anda dapat membuat opsi Transfer File menjadi pilihan bawaan dalam menu Konfigurasi USB standar.

Meskipun fitur Opsi Pengembang, juga dikenal sebagai Developer Options, memiliki peran yang sangat penting, Anda harus berhati-hati saat mengatur fitur tersebut agar tidak menyebabkan masalah pada telepon Anda.

Fungsi Opsi Pengembang

1. Membuat Layar Nyala Terus 

Dengan mengaktifkan mode rahasia android ini, Anda dapat selalu mengaktifkan layar setiap perangkat yang penuh daya. Tentu saja, fitur ini sangat membantu ketika Anda menanti pesan dari orang penting. Ini untuk memberi tahu Anda bahwa untuk mengunci perangkat, Anda harus menggunakan tombol daya fisik.

2. Batasi Aplikasi di Latar Belakang

Membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background adalah fitur tambahan dari Developer Option di Android. Anda bahkan dapat “berkuasa” untuk membatasi penggunaan empat aplikasi latar belakang.

Anda juga dapat membatasi semua aplikasi untuk tidak berjalan secara background, tetapi pilihan ini akan menghentikan semua aplikasi setelah digunakan. Ini berarti beralih dari aplikasi ke aplikasi lain akan memakan waktu lebih lama, tetapi apa pun yang Anda lakukan saat ini akan mendapatkan semua perhatian dan sumber daya Android.

3. Mengaktifkan Agresif Data

Salah satu manfaat mode pengembang Android adalah kemampuan untuk mempercepat data seluler Anda. Fitur ini dapat diaktifkan untuk mengatasi gangguan sinyal WiFi yang lemah di rumah atau di kantor. Namun, harap diingat bahwa fitur ini dapat menghabiskan kuota internet Anda karena ponsel akan segera beralih ke data seluler jika sinyal WiFi lemah, bahkan setelah sinyal WiFi kembali dengan cepat.

Baca Juga :

***