Cara Melakukan Downgrade Android 11 ke 10 untuk Pemula

Epic99.com – Cara downgrade android 11 ke 10. Android merupakan salah satu OS smartphone yang cukup populer dan banyak digunakan. Selain itu harga device android juga terbilang cukup bervariasi dan terjangkau. Sehingga kamu bisa memilih ingin menggunakan type yang seperti apa. Seringkali OS android dilakukan update untuk tujuan tertentu dimana biasanya ditambahkan beberapa fitur tambahan yang memungkinkan performa android semakin baik.

cara downgrade android 11 ke 10

Namun permasalahan lain yang justru muncul adalah saat mengalami bug atau gangguan setelah dilakukan update OS. Lalu bagaimana mengatasinya ? Sebagai alternatif, kamu bisa melakukan downgrade atau dalam istilah umum yaitu mengembalikan versi OS ke versi sebelumnya atau yang lebih rendah. Pada artikel kali ini akan dibahas untuk melakukan downgrade dari Android 11 ke 10. Untuk kamu yang masih bingung, simak baik-baik tutorial ini untuk bisa kamu praktekkan.

Cara melakukan downgrade Android dari 11 ke 10

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk downgrade dari android versi 11 menjadi versi 10. Sehingga kamu bisa menggunakan cara apapun yang sesuai dengan keinginan. Hanya saja pastikan kamu melakukan downgrade dengan langkah-langkah yang benar. Hal ini bertujuan agar OS bisa turun versi dengan baik dan tidak mengalami gangguan di kemudian hari.

1. Melalui beta Android

Sebelum melakukan downgrade melalui situs beta android, pastikan perangkat kamu memiliki koneksi internet yang lancar dan stabil. Hal ini dikarenakan downgrade dengan cara ini hanya bisa dilakukan secara online. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu praktekkan :

cara downgrade android 11 ke 10
  • Langkah pertama bukalah situs resmi beta Android.
  • Selanjutnya scroll ke bawah hingga kamu menemukan tipe smartphone yang kamu gunakan.
  • Kemudian klik pada pilihan Opt Out untuk menurunkan versi OS dari 11 ke 10.
  • Lakukan konfirmasi dengan pilih opsi leave dari versi beta.
  • Langkah berikutnya lakukan pembaruan OTA versi Stabil yang akan dikirim ke perangkat android secara otomatis.
  • Selanjutnya instal pembaruan seperti biasa.
  • Caranya klik Pengaturan ponsel selanjutnya pilih System > Lanjutan > Pembaruan perangkat lunak.
  • Ikuti langkah berikutnya dan tunggulah beberapa saat hingga proses update selesai.
Baca Juga:  Cara Membuat Pivot Tabel di Microsoft Excel untuk Pemula

Cara ini tebilang menjadi yang direkomendasikan. Hanya saja prosesnya terbilang membutuhkan waktu yang agak lama. Untuk itu pastikan baterai ponsel dalam keadaan minimal 50 persen agar proses downgrade berjalan dengan lancar.

2. Menggunakan aplikasi tambahan

Jika cara di atas tidak berhasil, kamu bisa melakukan downgrade dengan menggunakan aplikasi tambahan yakni ODIN. Di mana aplikasi ini di kembangkan oleh perusahaan Samsung untuk bisa melakukan upgrade maupun downgrade pada OS Android. Berikut langkah-langkah melakukan downgrade dari OS 11 menjadi 10 menggunakan ODIN :

cara downgrade android 11 ke 10
  • Sebelum melakukan downgrade, pastikan kamu sudah download dan instal aplikasi ODIN terlebih dahulu atau melalui link berikut Download ODIN. Pastikan kamu mendownload aplikasi menggunakan PC atau laptop.
  • Selanjutnya bukalan aplikasi tersebut.
  • Kemudian klik down dan home pada smartphone secara bersamaan dan dalam keadaan nyala.
  • Kemudian pilih menu reboot dengan menggunakan volume up.
  • Langkah berikutnya smartphone akan melakukan reboot dalam keadaan download.
  • Koneksikan smartphone ke PC menggunakan kabel.
  • Klik ikon start pada aplikasi ODIN.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses flash selesai.

Sebagai catatan, cara melakukan downgrade menggunakan ODIN hanya bisa di lakukan pada smartphone SAMSUNG saja.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk downgrade OS android dengan mudah. Kamu bisa menggunakan cara yang mana saja sesuai dengan keinginan.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  Cara Membuat Twibbon di Canva dengan Desain Menarik