Advertisements

Epic99.com – Mengenal FydeOS. Pada artikel kali ini kita akan membahas sistem operasi yang sering di banding – bandingkan dengan Google Chrome OS yaitu FydeOS.

Apa itu FydeOS ?

FydeOS merupakan sistem operasi ringan dengan kernel Linux + platform browser + driver teknologi kontainer di mana penggunaannya sangat mirip dengan Google Chrome OS.

Sebelumnya di kenal sebagai Flint OS, namun setelah di akuisisi oleh NeverWare, yang merupakan perusahaan di balik CloudReady, FlintOS akhirnya berganti nama menjadi FydeOS.

mengenal fydeos

Selain itu, FydeOS dapat berjalan dengan lancar di sebagian besar perangkat keras utama. Bahkan perangkat keras yang di pasang dengan FydeOS dapat dengan sempurna mendukung standar aplikasi web terbaru. Tidak hanya itu saja, FydeOS juga sangat kompatibel dengan program Android dan lingkungan Linux, serta dapat di gunakan di lingkungan jaringan terutama di China tanpa hambatan apa pun, sehingga memberikan pengalaman seperti Google Chromebook

FydeOS di dasarkan pada pengembangan kedua Proyek Chromium. Bahkan semua kernelnya sudah di modifikasi dan lebih sempurna. Dalam hal ini, FydeOS menjadi sistem operasi teknologi cloud yang benar-benar memenuhi kebutuhan era internet.

Seperti Chromium OS, FydeOS lahir dari keyakinan bahwa aplikasi dan layanan yang di gunakan saat ini akan berpindah ke cloud secara perlahan.

Kenapa harus FydeOS ?

FydeOS tentunya memiliki banyak keunggulan yang bisa kamu rasakan saat kamu menggunakannya. Berikut ini beberapa keunggulan FydeOS yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk kamu gunakan.

keunggulan fydeos
  • Desain simpel dan minimalis dengan user interface yang mudah dipahami.
  • Kecepatan yang maksimal dan stabil.
  • Keamanan data yang dilengkapi dengan built-in virus protection dan terenskripsi.
  • Dapat menjalankan ekstensi Chrome, aplikasi android, hingga Linux dengan maksimal.
  • Tersedia lebih banyak fitur tambahan.
  • Kernel Linux adalah 5.4 (dukungan prosesor gen ke-8, ke-9, dan ke-10)
Baca Juga:  8 Aplikasi Belajar Piano Online Otodidak : Berbasis PC Dan Android

Selain itu pada versi baru sangat cepat dan boot dalam waktu kurang dari 20 detik. Telah diuji pada laptop HP ENVY (Intel i7 8th gen).  FydeOS juga mampu menjalankan Aplikasi Linux dan aplikasi Android secara bersamaan. Meskipun demikian, kamu bisa menginstal ekstensi Chrome, Aplikasi Android, dan Aplikasi Linux di FydeOS. 

Supported Devices

FydeOS memiliki supprot device yang terbilang lengkap. Selain itu, FydeOS juga tiga alternatif download untuk berbagai device yakni :

  • FydeOS For PC,
  • FydeOS For VMware,
    • Tersedia untuk Windows, Linux, dan MacOS.
  • Dan FydeOS For you
    • Memberikan banyak dukungan seperti Microsoft, Raspberry Pi, Google, Jumper, Chuwi, GPD, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Instalasi FydeOS untuk PC Menggunakan USB

Direkomendasikan untuk menggunakan Etcher untuk memburning kartu SD. Etcher sendiri adalah perangkat lunak alat yang membantu pengguna dengan cepat memburning file gambar ke perangkat USB atau kartu memori flash. Selain itu dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, macOS, dan versi Linux mainstream. Perangkat lunak ini dirancang dengan baik dan antarmukanya terbilang sangat ramah,

Kamu dapat mengunduh paket instalasi etcher untuk Windows, macOS atau Linux dari situs resmi etcher.

etcher

Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan disk USB di atas 8G dan memasukkannya ke komputer. Harap di catat bahwa semua data pada disk ini akan di hapus, jadi harap lakukan pencadangan data dengan baik terlebih dahulu.

Setelah semuanya selesai, Anda dapat mengeluarkan kartu USB dan memasukkannya ke PC Anda, restart komputer, dan konfigurasikan PC Anda untuk boot melalui media penyimpanan USB untuk menikmati pengalaman browsing baru yang di bawa oleh FydeOS.

Baca Juga:  Rilisnya OS Windows 11 : Terdapat Fitur Yang Dirancang Khusus Siswa

Berikut ini merupakan cara instalasi FydeOS untuk PC menggunakan USB yang bisa kamu praktekkan :

1. Masuk ke terminal

Sebelum itu, pastikan antarmuka grafis FydeOS untuk PC muncul. Kemudian kamu bisa menekan tombol CtrlAltF2 pada keyboard (pada beberapa komputer, seperti Apple Mac, kamu bisa menekan FnCtrlAltF2, maka sistem akan secara otomatis beralih ke mode baris perintah TTY. Jika perlu , tekan CtrlAltF1 (atau FnCtrlAltF1) untuk kembali ke mode antarmuka grafis.

2. Masuk ke sistem

Nantinya FydeOS akan meminta kamu untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi dalam mode baris perintah. Di FydeOS untuk PC, nama pengguna default adalah chronos, selain itu pengguna juga tidak memiliki kata sandi secara default.

3. Konfirmasikan disk target

Masukkan perintah lsblk untuk mendapatkan daftar disk fisik yang sedang dimuat. Biasanya, hard disk fisik di PC kamu akan ditampilkan dalam bentuk sdX. Menurut ukuran ruang disk yang diminta dan jumlah partisi, harap tentukan huruf disk fisik FydeOS, seperti sda. Perintah berikut akan mengambil sda sebagai contoh.

4. Jalankan skrip instalasi

masukan perintah:

sudo /usr/sbin/chromeos-install --dst /dev/sda

Skrip penginstalan nantinya akan mengonfirmasi apakah kamu ingin melanjutkan dan apabila kamu melanjutkan, maka nantinya disk target akan di kosongkan. Jika sudah yakin, silahkan masuk Y dan tekan Enter untuk konfirmasi.

5. Tunggu beberapa saat hingga skrip berjalan

6. Setelah menjalankan skrip

Jika di minta, lepaskan drive USB, kemudian nyalakan ulang komputer.

Download FydeOS untuk PC

Nah itulah beberapa penjelasan singkat mengenal FydeOS, tentunya kamu memiliki penilaian tersendiri dengan kualitas yang di berikan oleh sistem operasi yang satu ini. Kamu bisa mengenal FydeOS yang rancang khusus dengan tujuan akhir untuk membawa semua penyimpanannya kedalam cloud.***