Qubes OS : Sistem Operasi Yang Mengutamakan Keamanan Pengguna

Epic99.com – Sistem Operasi Qubes. Sering kita mendengar tentang perangkat yang di retas. Hal ini tentunya membuat pengguna merasakan kesal karena data yang ada dalam perangkat menjadi tersebar alias bocor.

Banyak upaya yang terus di lakukan oleh pengembang, untuk bisa menciptakan suatu aplikasi atau bahkan OS yang memberikan keamanan teruji.

Nah, ngomongin OS. Kamu gak perlu khawatir lagi karena sekarang tersedia sistem operasi yang di buat dengan mengutamakan keamanan dari serangan malware dengan kecanggihan teknologinya.

Qubes OS hadir untuk menjawab keresahan kita semua dalam meningkatkan keamanan menggunakan perangkat yang memungkinkan menyimpan banyak data di dalamnya.

Untuk kamu yang belum tahu, mari simak penjelasan di bawah ini mengenai Qubes OS yang sudah Epic99 siapkan khusus untuk kamu.

Apa itu Qubes OS ?

Qubes OS merupakan sistem operasi yang berorientasi pada keamanan sumber terbuka. Selain itu Qubes OS juga dapat di gunakan secara gratis untuk komputasi dekstop pengguna tunggal.

OS yang satu ini juga memanfaatkan virtualisasi berbasis Xen yang memungkinkan pembuatan dan pengelolaan kompartemen isolasi yang di sebut Qubes.

Selain itu, Qubes OS juga memiliki 3 ciri yang sekaligus di implementasikan sebagai mesin virtual. Adapun 3 ciri tersebut secara spesifik adalah :

  • Tujuan, untuk mengelola tumpukan jaringan, firewall, hingga untuk memenuhi tujuan lain yang di tentukan oleh penggunanya. Selain itu Qubes OS di tujukan untuk proyek pribadi maupun profesional.
  • Sifat, dari segi sikap Qubes OS menjadi mesin virtual yang terbilang lengkap. Tidak hanya itu saja, OS ini terbilang cukup sederhana di bandingkan sistem operasi populer lainnya seperti Fedora, Debian, hingga bahkan WIndows.
  • Tingkat Kepercayaan, semua jendela di tampilkan dalam lingkungan dekstop yang terpadu. Di tambah dengan batas jendela berwarna yang tidak dapat di palsukan. Sehingga dalam hal ini, tingkat keamanan dapat lebih mudah di identifikasi.

Fitur – Fitur Yang Terdapat Pada Sistem Operasi Qubes

Adapun beberapa fitur unggulan yang di miliki Qubes OS ini adalah :

1. Isolasi yang kuat.

Dalam Qubes OS, kamu bisa memisahkan bagian – bagian software tertentu yang berbeda. Tentunya akan menggambarkan seolah – olah software tersebut di instal pada peranngkat yang terpisah menggunakan teknik virtualisasi tingkat lanjut.

2. Sistem Template

Kamu bisa menggunakan aplikasi Qubes untuk bisa berbagi sistem file root tanpa harus mengorbankan keamanan menggunakan sistem template yang tersedia.

3. Beberapa OS sekaligus

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakkan beberapa sistem operasi sekaligus secara bersamaan termasuk Fedora, Debian, dan juga Windows.

4. Sekali Pakai

Fitur yang satu ini memungkinkan kamu untuk menggunakan Qubes OS hanya sekali pakai dengan cepat namun akan merusak perangkat saat OS ini di matikan.

5. Integrasi Whonix

Kamu bisa menjalankan Tor dengan aman untuk seluruh sistem hanya menggunakan Whonix di Qubes OS.

6. Isolasi Perangkat

Tentunya fitur ini dapat memungkinkan penanganan perangkat yang aman hanya melalui isolasi kartu jaringan dan pengontrol USB.

7. Split GPG

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan Split GPG untuk menjaga private keys agar tetap aman.

8. U2F Proxy

Kamu bisa mengoperasikan fitur yang tersedia ini untuk menggunakan perangkat otentikasi dua faktor tanpa harus memaparkan browser web ke USB

9. Open Source

Dengan sifatnya yang open source, tentu kamu bisa bebas menggunakan, menyalin, hingga memodifikasi Qubes OS.

Kenapa Harus Qubes OS ?

Beberapa alasan spesifik kenapa kamu harus menggunakan Qubes OS adalah di karenakan perlindungan yang di berikan yang tidak di miliki oleh dunia digital sebelumnya.

Qubes OS tentunya menghilangkan kekhawatiran bagi pengguna dunia digital dengan memberikan kemungkinan untuk membagi perangkat menjadi banyak kompartemen.

Selain itu, Qubes OS juga memungkinkan kamu untuk membuat kompartemen baru kapanpun kamu membutuhkannya. Tentunya dalam hal ini kamu dapat mengelola aktifitas dan data dengan aman bahkan di seluruh kompertemennya.

Intinya dari penggunaan Qubes OS ini, kamu akan mendapat perlindungan yang aman dari kemungkinan perangkat yang di retas karena tautan atau pemasangan aplikasi yang terdapat virus di dalamnya.

Download Qubes OS

Itulah beberapa penjelasan mengenai Qubes OS yang bisa menjadi pilihan kamu untuk menggunakannya.***