Cara Menghapus Directory di Sistem Operasi Linux

Cara menghapus directory Linux – Karena Anda akan di butuhkan untuk melakukan banyak hal, seperti membuat file, menelusuri folder, atau memindahkan file, sebagai user maupun administrator sistem Linux, Anda harus memahami penggunaan command line sistem operasi ini. Linux adalah sistem operasi yang populer untuk VPS. Jika Anda banyak berurusan dengan tugas manajemen server, Anda harus mempelajari beberapa perintah dasar Linux untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Cara menghapus directory Linux

Untuk menghapus direktori di Linux, gunakan perintah berintuk:

Untuk menggunakan direktori kosong, gunakan rmdir [namadirektori] atau rm -d [namadirektori], dan rm -r [namadirektori] untuk menggunakan direktori yang memiliki isi.

Sebelum menghapus direktori, Anda perlu mengetahui nama direktori tersebut. Gunakan perintah ls untuk menemukan file dan direktori, dan perintah pwd untuk mengetahui direktori di mana Anda saat ini berada. Jika Anda ingin tahu bagaimana command ini bekerja, Anda harus tahu opsi apa yang Anda gunakan bersamanya. Ada beberapa opsi perintah rm:

  • rm -d untuk menghapus directory kosong menggunakan perintah rm
  • rm -r bermanfaat untuk menghapus directory yang tidak kosong atau ada isinya
  • rm -f untuk mengabaikan prompt apapun saat menghapus file yang dilindungi penulisannya
  • rm -rf berguna untuk mengabaikan prompt apapun saat menghapus folder tidak kosong yang dilindungi untuk pennulisan
  • rm -i untuk menghasilkan prompt sebelum menghapus setiap file
  • rm -l untuk menghasilkan prompt hanya sekali sebelum menghapus lebih dari 3 file
  • rm * merupakan wildcard yang mewakili banyak karakter
  • rm ? merupakan wildcard yang memiliki satu karakter
  • rmdir -p menghapus subdirectory kosong dan directory induknya
  • rmdir -v menampilkan informasi bahwa directory tertentu telah dihapus

Bagaimana menghapus directory dengan Command rm?

Jika Anda ingin menghapus file secara manual daripada menghapus folder yang tidak kosong secara langsung, Anda mungkin lebih suka menggunakan rm. Metode ini lebih aman karena mencegah penghapusan file penting secara tidak sengaja.

Untuk menghapus satu file di direktori kerja saat ini, gunakan rm, kemudian nama file:

rm file.txt

Untuk menghapus sejumlah file dalam direktori, ketikkan nama semua file yang ingin Anda hapus dalam perintah:

rm file1.txt file2.txt file3.txt file4.txt

Jika Anda berada di direktori yang sama dengan file-file tersebut, semua perintah di atas dapat dijalankan. Namun, untuk menghapus file yang tidak ada di direktori kerja Anda saat ini, Anda juga dapat menyertakan path file ke dalam argumen perintah lini.

rm dir/subdir/file.txt

Anda dapat mencegah kesalahan yang tidak di sengaja dengan menambahkan opsi -i pada perintah agar terminal meminta Anda mengonfirmasi setiap penghapusan file karena file akan di hapus secara permanen.

rm -i file 1.txt, 2.txt, dan 3.txt.

Jika Anda ingin menghapus file, ketik Y dan tekan Enter, atau ketik N dan tekan Enter. Untuk menampilkan konfirmasi sekali saja sebelum menghapus lebih dari tiga file, gunakan opsi -I. Meskipun opsi ini kurang aman daripada opsi -i, opsi ini tetap memberikan perlindungan tambahan untuk mencegah penghapusan tidak sengaja file penting.

rm -I file 1.txt, file 2.txt, file 3.txt.

Namun, jika file dilindungi untuk penulisan, sistem akan meminta konfirmasi Anda sebelum menghapusnya. Jika Anda tidak ingin dimintai konfirmasi saat menghapus file, gunakan -f.

rm -f file.txt

Seperti yang disebutkan sebelumnya, perintah akan menghapus file tertentu. Dengan wildcard, Anda dapat menghapus banyak file dengan satu perintah. Tanda bintang (*) dan tanda tanya (?) adalah dua jenis wildcard.

Tanda bintang mewakili beberapa karakter yang tidak jelas, dan menghapus file dengan ekstensi tertentu adalah salah satu penggunaan yang paling umum. Di bawah ini adalah contoh yang akan menghapus semua file.txt yang ada di direktori kerja saat ini:

rm *.txt

Selain itu, tanda bintang dapat digunakan untuk menghapus semua file yang dimulai dengan huruf tertentu.

rm a*

Pada contoh di atas, tanda bintang menunjukkan semua karakter tidak diketahui yang muncul setelah huruf a. Perintah ini akan menghapus semua file yang namanya dimulai dengan huruf a, terlepas dari ekstensinya, seperti amazon.txt, alligator.png, dan aaron.zip. Sebaliknya, wildcard tanda tanya mewakili satu karakter, sedangkan wildcard tanda bintang memungkinkan Anda menghapus file dengan ekstensi karakter tunggal, seperti.S,.O, dan.C.

rm *.?

Baca Juga :

***