Cara Mudah Akses File Data di Android 13

Cara Akses File Data Android 13 – Pengguna Android yang baru saja menginstal sistem Android 13 mungkin ingin mengetahui cara mengakses file data perangkat Android 13 untuk membuka berkas penting. Ini karena data ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan pengembangan aplikasi. Misalnya, menyelesaikan berbagai masalah, mendapatkan akses ke data aplikasi, dan menyelesaikan tugas tambahan. Lihat informasi berikut untuk mengetahui cara menggunakan fitur Developer Option untuk mengakses data berkas tersebut.

Mengenal Android 13

Setelah peluncuran Android 11, Google menambahkan Scoped Storage, yang mencegah Manajer File mengakses folder data pada sistem Android. Selain itu, pada sistem Android 13, Google memperbaiki fitur agar pengguna dapat kembali mengakses data Android.

Laman web android.com menyatakan bahwa file data pada sistem Android 13 dapat ditemukan di folder Data, yang merupakan folder penting yang berisi data seperti pengaturan pengguna, preferensi, cache, dan informasi lainnya. Pengguna yang mengembangkan aplikasi harus tahu cara mengakses file data Android 13 karena data ini dapat digunakan untuk menghapus data aplikasi, memperbaiki masalah, atau mencadangkan data aplikasi.

Cara Akses File Data Android 13

1. Aktifkan opsi Fitur Developer.

Untuk mengakses File Data, pengguna harus mengaktifkan fitur Developer Option. Ini dapat dilakukan dengan membuka menu Setelan, memilih Tentang Telepon, dan ketuk nomor Build tujuh kali. Pengguna akan melihat tulisan “Anda Sekarang adalah seorang pengembang!” setelah masuk ke mode pengembangan aktif.

2. Konfigurasikan USB Debugging.

Aktifkan USB Debugging setelah memilih mode pengembang. Proses ini sangat penting karena memungkinkan Android berkomunikasi dengan sistem komputer. Caranya adalah pergi ke menu Pengaturan dan cari opsi Pengembang. Kemudian, di daftar, aktifkan tombol USB Debugging.

3. Menghubungkan Ponsel Android ke PC

Pengguna dapat menghubungkan perangkat Android ke komputer dengan kabel USB setelah USB Debugging diaktifkan.

4. Konfigurasikan ADB di komputer.

  • Pengguna harus menyiapkan alat baris perintah untuk berbicara dengan perangkat Android dari sistem komputer untuk mengaktifkan fitur ADB di ponsel.
  • Untuk menyiapkan ADB di sistem komputer, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Anda dapat mendapatkan file Zip ADB dari situs resmi pengembang Android di URL berikut: https://developer.android.com/tools/adb?hl=id
  • Selesaikan dengan menyimpan file Zip ke folder komputer pengguna.
  • Untuk mengekstrak file ADB, tekan dan tahan tombol Shift di keyboard untuk membuka folder tempat. Kemudian, klik kanan pada ruang kosong di folder tersebut.
  • Pilih menu dan pilih opsi “Buka Powershell Windows di sini.”
  • Masukkan perintah “adb devices” pada jendela yang muncul untuk mengetahui apakah software terhubung dengan perangkat.

5. Aktivasi File Data

Pengguna dapat mengakses berkas data Android 13 menggunakan instruksi berikut setelah ADB siap.

Untuk masuk ke Shell Android, buka kembali jendela PowerShell dan ketikkan perintah di kotak “ADB Shell”. Kemudian, ketikkan perintah “CD Data” untuk masuk ke direktori data. Untuk melihat daftar folder tempat data aplikasi disimpan, ketikan perintah “Is”. Untuk membuka folder data, ketikkan perintah “cdcom.example.app” dan ganti nama paket aplikasi yang akan diakses datanya dengannya. Setelah semuanya selesai, pengguna telah berhasil mengakses berkas ke folder data.

Berhati-hatilah saat mengakses File Folder Data karena dapat mengubah atau menghapus berkas, menyebabkan aplikasi berhenti bekerja. Pengguna juga harus mencadangkan data aplikasi sebelum melakukan perubahan.

Baca Juga :

***