Penyebab dan Cara Mengatasi NFC Tidak Berfungsi

NFC Tidak BerfungsiNFC adalah fitur smartphone yang dulunya tidak terlalu berguna, tetapi sekarang sangat bermanfaat. Dengan adanya e-money, kita dapat mengecek saldo e-money dan bahkan mengisi saldo. Near Field Communication, juga di kenal sebagai NFC, adalah protokol yang memungkinkan penghubungan dekat antara dua perangkat elektronik. Jika kita sudah dekatkan keduanya, tetapi NFC tidak berfungsi, apa yang harus kita lakukan?

Kasus NFC sering terjadi di beberapa jenis ponsel pintar dari merek mana pun. Jika NFC tidak dapat di aktifkan atau tidak berfungsi, kita tidak akan bisa cek saldo e-money, mengisi saldo e-money, atau melakukan pembayaran dengan NFC. Jika NFC tidak dapat mendeteksi jarak lebih dari 4 cm (atau bahkan lebih dekat sampai ke bagian belakang ponsel), masalah NFC di HP Anda.

Kalian dapat membaca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui alasan NFC tidak berfungsi dan cara mengatasi masalah ini. Namun, sebelum itu, kalian dapat membaca beberapa artikel lain yang menarik. seperti solusi untuk masalah flash aplikasi kamera yang tidak mau menyala dan alasan keyboard tidak mau hilang dari layar.

Manfaat fitur NFC

1. Transaksi Tanpa Uang Semakin Mudah

Fungsi NFC adalah untuk memudahkan transaksi cashless karena setiap orang dapat menghubungkan informasi kartu debit dan kredit ke ponsel NFC mereka. Ini membuat pengguna tidak perlu membawa banyak kartu dan uang tunai ketika bepergian. Aplikasi yang mendukung pembayaran NFC harus di unduh sebelum fitur ini dapat digunakan.

Untuk menggunakan fitur ini, cukup menempelkan HP pada alat penerima pembayaran NFC. Selain itu, fitur NFC banyak di gunakan untuk top up kartu E-Money, yang banyak di gunakan untuk tujuan perjalanan seperti parkir, transportasi umum, jalan tol, dan masih banyak lagi. Dengan menempelkan kartu di bagian belakang HP, Anda dapat mengecek dan mengisi ulang kartu E-Money.

2. Koneksikan Speaker Nirkabel dan WiFi ke perangkat

Lanjut ke fitur NFC selanjutnya, yang dapat menghubungkan perangkat dengan WiFi dan speaker. Dengan NFC, Anda tidak perlu menggunakan kata sandi untuk terhubung ke WiFi karena beberapa lokasi menyediakan alat berupa WiFi porter, yang dapat di tempelkan ke bagian belakang ponsel NFC.

Anda dapat dengan cepat menikmati koneksi WiFi dan membagikannya ke perangkat lain dengan cara yang sama. Selain itu, NFC membantu menghubungkan hp ke speaker nirkabel. Anda hanya perlu meletakkan hp tepat di atas speaker jika jaringan bluetooth terkendala, dan koneksi NFC lebih cepat dan lebih stabil. Selanjutnya, pastikan bahwa speaker mendukung fitur NFC.

3. Bantuan dalam Mengirimkan Aplikasi dan Dokumen ke Perangkat Lain

Dengan NFC, pengguna dapat mengirimkan berbagai macam dokumen, termasuk aplikasi, kontak telepon, foto, dan video. Selain itu, dokumen dapat dikirim ke laptop dengan menggunakan aplikasi perantara Android Beam. Selain itu, dokumen dapat di kirim ketika ponsel pintar di sambungkan ke perangkat lain secara bersamaan. Bahkan aplikasi yang telah di instal di perangkat hp lain dapat dijalankan oleh hp NFC.

Penyebab dan Cara Mengatasi NFC yang tidak berfungsi

1. NFC tidak mencakup

Ini berarti bahwa jika Anda menggunakan case HP yang sangat tebal, itu dapat mencegah sinyal NFC untuk mendeteksi kartu e-money. Oleh karena itu, sebelum menggunakan NFC, silakan lepas case softcase atau hardcasenya.

2. Daya Baterai Kurang

Daya baterai yang lemah dapat menyebabkan beberapa aplikasi smartphone tidak berfungsi dengan baik. Aplikasi kamera, misalnya, akan memiliki fitur yang tidak dapat digunakan jika baterai di bawah 10%. Jadi, jangan tergesa-gesa saat daya baterai sudah habis jika ingin mengecek saldo atau isi e-money.

3. Perbarui Perangkat

Reboot perangkat Android adalah pilihan terakhir. Karena NFC sering diaktifkan dan dinonaktifkan, reboot atau reboot perangkat adalah pilihan yang tepat.

4. Terlalu Jauh dan Salah

Jangan letakkan kartu e-money di samping atau depan layar; sebaiknya letakkan di bagian tengah-tengah ponsel. Ini adalah tempat terbaik untuk NFC untuk berfungsi.

Baca Juga :

***