Penyebab dan Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Epic99.com – Mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi. Touchpad atau yang biasa di sebut dengan kursor laptop memiliki peranan penting dalam penggunaan perangkat teknologi yang satu ini.

Namun bagaimana jika kursor laptop mengalami masalah seperti tidak berfungsi? Meskipun sebenarnya kamu bisa menggunakan alternatif lain seperti mouse, namun pengguna juga harus mengetahui apa penyebab terjadinya kursor laptop tidak berfungsi dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab terjadinya touchpad laptop tidak berfungsi

Saat kamu mengalami masalah touchpad laptop yang tidak berfungsi, biasanya ada beberapa penyebab secara umum yang sering terjadi. Berikut penyebab touchpad laptop yang seringkali tidak berfungsi :

touchpad laptop tidak berfungsi
  • Bisa jadi di karenakan perangkat keras atau bantalan touchpad yang memang sudah rusak. Biasanya kerusakan di akibatkan penggunaan yang terlalu lama, terkena air, atau karena sudah tertumpuk oleh debu.
  • Driver laptop yang sudah kadaluarsa. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa melakukan instal ulang driver.
  • Terdapat perangkat lunak atau file yang mengandung mallware sehingga berpengaruh pada penggunaan touchpad.
  • Pengaturan touchpad yang tidak aktif, untuk mengaktifkannya kamu bisa menekan tombol f5 atau f6 pada keyboard dan tergantung dengan merk dan type laptop yang di gunakan.

Cara mengatasi kursor laptop yang tidak berfungsi

Setelah mengetahui beberapa penyebab touchpad yang tidak berfungsi, hal yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

touchpad laptop tidak berfungsi

Sebelum membawanya ke service center, berikut ini beberapa cara mudah mengatasi permasalahan touchpad laptop yang tidak berfungsi :

1. Lakukan restart pada sistem

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan touchpad laptop yang tidak berfungsi adalah dengan melakukan restart pada sistem. Hal ini di karenakan sistem operasi yang tidak berjalan atau berhenti akan membuat komponen lainnya berhenti dan melakukan restart.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Razer Game Booster 

2. Bersihkan bagian touchpad

Kotoran yang mungkin muncul pada touchpad maupun keyboard biasanya di akibatkan oleh debu maupun kotoran saat kamu makan di depan laptop. Oleh karena itu untuk mengatasi kemungkinan touchpad yang tidak berfungsi adalah dengan membersihkan kotoran secara teratur menggunakan kain.

touchpad laptop tidak berfungsi

3. Lakukan update pada driver

Seperti pada penjelasan di atas, penyebab lainnya pada touchpad laptop yang tidak berfungsi yakni di karenakan driver yang sudah usang atau kadaluarsa. Oleh karena itu sebaiknya untuk melakukan update pada driver baik secara manual atau melalui menu preferences.

4. Pastikan pengaturan touchpad dalam keadaan aktif

Sebenarnya mengaktifkan touchpad laptop bisa di lakukan hanya dengan menekan tombol f5 atau f6 sesuai dengan merk dan type laptop. Namun kamu juga bisa mengaktifkan touchpad dengan cara manual yakni :

  • Klik Windows dan ketik Touchpad.
  • Kemudian pilih pengaturan touchpad.
  • Jika touchpad sedang dalam keadaan mati atau tidak aktif, kamu bisa tekan Spacebar untuk mengaktifkan fiturnya.
  • Setelah diaktifkan, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah dengan cek apakah touchpad sudah berfungsi seperti semula.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi permasalahan touchpad laptop yang tidak berfungsi. Cara di atas bisa kamu lakukan sebelum membawa ke service center laptop. Namun jika tidak ingin di lakukan service, kamu bisa pilih alternatif lain yakni dengan menggunakan mouse.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  3 Cara Reset Akun Mi yang Terkunci karena Lupa Sandi