Epic99.com – Mengetik dengan suara menggunakan PC dan Android. Kehadiran teknologi memberikan kemudahan untuk semua lapisan masyarakat. Seperti pada perangkat PC maupun Android, siapa yang di sini tidak memilikinya. Bahkan saat membuka artikel ini saja kamu tentunya menggunakan perangkat teknologi.

Jika dulu jasa ketik banyak tersebar di mana-mana, sekarang mungkin kamu akan sedikit kesulitan untuk menemukannya.

mengetik dengan suara

Hal ini dikarenakan kamu bisa mengetiknya sendiri dengan mudah di rumah. Meskipun beberapa pengguna merasa kesulitan atau malas mengetik, namun teknologi memberikan jalan keluar untuk masalah tersebut.

Aktifitas mengetik saat ini menjadi hal yang umum dan banyak di lakukan oleh masyarakat. Mulai dari mengetik pesan hingga mengetik dokumen pekerjaan. Jika kata perkata yang diketik tidak terlalu banyak, tentu ini bukanlah hal yang sulit, lalu bagaimana jika kamu di haruskan untuk mengetik ribuan kata perhari.

Cara mengetik dengan suara

Mungkin sebagian dari kamu merasakan lelahnya mengetik menggunakan jari. Terlebih jika harus mengetik banyak hingga puluhan halaman. Tentu ini menjadi pekerjaan yang melelahkan bagi sebagian orang.

Sebagai alternatif, saat ini kamu sudah bisa mengetik dengan mudah menggunakan suara. Dengan begitu nantinya kamu tidak perlu lagi mengetik menggunakan jari.

Tidak hanya di PC maupun laptop saja, bahkan kamu juga bisa melakukannya menggunaan android. Lalu bagaimana caranya? Simak beberapa langkah di bawah ini !

1. Melalui PC dan laptop

Mengetik dengan suara melalui PC maupun laptop bisa di lakukan menggunakan aplikasi Google Docs. Selain itu kamu juga tidak perlu mendownload atau instal aplikasinya terlebih dahulu.

mengetik dengan suara

Hal ini di karenakan Google Docs bisa di akses melalui situsnya secara online. Namun pastikan juga kamu memiliki jaringan internet yang stabil. Berikut ini beberapa langkahnya :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan masuk pada situs Google Docs terlebih dahulu.
  • Selanjutnya lakukan login menggunakan Google.
  • Buatlah dokumen baru atau kamu bisa membuka dokumen yang memang sudah ada.
  • Klik menu Tools dan pilih Voice Typing.
  • Kamu juga bisa memanfaatkan tombol shortcut yakni Ctrl + Shift + S.
  • Kemudian klik tombol bahasa di atas ikon Microfon.
  • Tentukan bahasa yang di inginkan.
  • Langkah berikutnya klik area dokumen dan pilih ikon mikrofon.
  • Klik Allow apabila muncul popup Use Your Microphone.
  • Mulailah dengan mengetik menggunakan suara saat Mikrofon berwarna merah.
Baca Juga:  2 Cara Mudah Mengubah Kuota Tiktok Menjadi Kuota Utama

Sebagai informasi tambahan, kamu akan tetap bisa mengucapkan tanda baca yakni sesuai dengan namanya seperti “titik” dan “koma“. Lalu pada perintah lainnya seperti enter, heading dan lainnya kamu tidak bisa melakukan menggunakan suara sehingga tetap harus di lakukan secara manual.

2. Melalui android

Berbeda dengan PC maupun laptop, berikut ini beberapa langkah mengetik dengan suara di Android :

mengetik dengan suara
  • Bukalah aplikasi seperti Google Docs. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi apapun untuk mengetik seperti Gmail, atau pesan.
  • Selanjutnya tap pada area input teks.
  • Sentuh lama pada ikon mikrofon yang ada di Keyboard.
  • Terakhir kamu bisa mulai berbicara saat muncul teks Ucapkan Sekarang.

Pada metode android ini kamu diwajibkan untuk menggunakan Google Keyboard.

Nah itulah penjelasan mengenai cara mengetik dengan suara. Di mana cara ini bisa membuat kerja lebih efektif tanpa harus menggunakan jari. Selamat Mencoba !

Baca Juga :

***