Epic99.com – Langkah menggunakan Mendeley. Membuat daftar pustaka dalam sebuah tugas akhir atau skripsi sebenarnya terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Mendeley menjadi salah satu alternatif terbaik yang bisa di gunakan. Hanya saja tidak semua orang mengerti bagaimana cara menggunakan Mendeley.

Pada artikel kali ini akan di berikan penjelasan mengenai panduan menggunakan Mendeley. Namun sebelum itu, ketahui apa itu Mendeley dan apa saja fitur yang ada di dalamnya.

Mengenal Mendeley dan fitur menarik didalamnya

Mendeley merupakan salah satu tools yang berupa plugin di mana kamu bisa membuat daftar pustaka secara otomatis. Terhubung langsung dengan Microsoft Word, memungkinkan kamu untuk bisa membuat daftar pustaka dengan lebih mudah, cepat dan rapih.

langkah menggunakan mendeley

Selain itu Medeley sendiri memiliki beragam fitur menarik seperti dibawah ini :

  • Memberi dukungan untuk penggunaan semua jenis OS mulai dari Windows, Linux, hingga MacOS.
  • Mampu menampilakan metadata dari PDF secara otomatis.
  • Smart filtering.
  • Anotasi dan Highlighting pada PDF Viewer.
  • Terintegrasi langsung dengan Microsoft Word, Libre Office, dan Open Office.
  • Bisa juga digunakan di iPhone dan iPad.
  • Menyediakan penyimpanan gratis sebesar 2 GB.

Cara menggunakan Mendeley

Dalam penggunaan Mendeley, kamu bisa menggunakan 2 cara yang bisa di pilih sesuai keinginan yakni melalui aplikasi atau plugin Word. Simak panduan di bawah ini untuk menggunakan Medeley dalam membuat daftar pustaka.

langkah menggunakan mendeley

Langkah 1, Instal Mendeley

Medeley tentunya tidak bisa di gunakan sebelum kamu masuk pada langkah pertama ini. Di mana kamu harus mendownload terlebih dahulu melalui situs resmi Mendeley.

Jika proses download sudah berhasil di lakukan, selanjutnya lakukan instalasi Mendeley dan ikuti semua panduannya dengan klik Next pada layar. Setelah proses instalasi berhasil di lakukan, kamu bisa memulai untuk menggunakan Mendeley.

Baca Juga:  Cara Bermain Game Dinosaurus di Google Chrome (Online dan Offline)

Bukalah Mendeley dan lakukan pemasangan plugin pada Microsoft Word. Pastikan kamu tidak membuka aplikasi Microsoft Word selama di lakukan pemasangan plugin. Caranya dengan pilih menu Tools, dan pilih Instal Microsoft Word Plugin.

Nantinya plugin akan secara otomatis terpasang pada Microsoft Word yang bisa di lihat pada menu References.

Langkah 2, Input data referensi

Setelah Mendeley berhasil di instal dan masuk dalam plugin Microsoft Word. Selanjutnya kamu bisa melakukan input data yang menjadi referensi penelitian baik dari jurnal maupun artikel.

Berikut beberapa langkahnya yang bisa kamu praktekkan :

  • Klik Add pada Mendeley.
  • Selanjutnya pilih file yang ingin di masukkan dalam Mendeley.
  • Nantinya Mendeley akan secara otomatis memberikan tampilan mengenai referensi.
  • Biasanya data referensi akan muncul meliputi judul, penulis, nama jurnal, tahun terbit, dan masih banyak lagi yang lainnya.
langkah menggunakan mendeley

Langkah 3, Membuat kutipan dalam teks

Buatlah sitasi atau kutipan dalam teks menggunakan aplikasi Mendeley. Caranya dengan klik View pada halaman utama Mendeley dan pilih jenis sitasi yang di inginkan. Jika sudah memilih sitasi, selanjutnya klik Done.

Berikutnya bukalah Microsoft Word dan pilih References. Klik pada Insert Citation dan ketik Keyword di Mendeley menggunakan judul artikel atau nama penulis. Terakhir klik OK jika data yang di tampilkan di layar sudah benar.

Langkah 4, Membuat Daftar Pustaka

Panduan terakhir dalam penggunaan Mendeley adalah membuat daftar pustaka. Cara yang harus di lakukan juga terbilang cukup mudah. Berikut ini beberapa langkahnya :

  • Langkah pertama klik kanan pada Jurnal yang akan di masukkan dalam daftar pustaka.
  • Selanjutnya pilih opsi Copy As dan klik Formatted Citation.
  • Terakhir bukalan lembar daftar pustaka dengan klik kanan dan paste.
Baca Juga:  Cara Mendaftarkan Website Ke Google Search Console Dengan Mudah

Namun jika kamu ingin membuat daftar pustaka tidak melalui aplikasi melainkan melalaui plugin, langkahnya akan berbeda yakni dengan pilih menu References kemudian klik Insert Bibliography pada Microsoft Word.

Nah itulah langkah menggunakan Mendeley untuk bisa di praktekkan oleh pemula.

Baca Juga :

***