Mengenal Google Data Studio dan Penggunaannya untuk Pemula !

Epic99.com – Mengenal Google Data Studio. Bermain dengan data tentu bukan hal yang simple untuk dibicarakan. Mungkin jika data yang kamu miliki jumlahnya hanya sedikit tidak akan menjadi masalah. Namun jika kamu memiliki data dalam jumlah yang besar, tentu hal ini bisa menjadi PR yang agak sulit untuk diselesaikan sendiri.

Oleh karena itu kamu membutuhkan tool yang memungkinkan data bisa terbaca dengan jelas meskipun dalam jumlah yang besar.

Seperti salah satunya adalah Google Data Studio yang bisa kamu gunakan. Lalu apa sebenarnya Google Data Studio? Berikut penjelasannya sekaligus cara penggunaan untuk kamu yang masih pemula.

Apa Itu Google Data Studio?

Untuk kamu yang masih belum paham, Google Sata Studio adalah salah satu tools gratis yang di sediakan oleh Google untuk melakukan analisa data. Sehingga dengan tool ini nantinya kamu akan bisa menampilkan data dengan visual yang menarik dan lebih mudah untuk dipahami.

Google Data Studio

Bahkan lebih dari itu, menggunakan Data Studio memungkinkan kamu untuk bisa mengolah data dari berbagai sumber secara terpusat.

Keunggulan lain yang ada pada Google Data Studio adalah tidak hanya terbatas pada layanan Google Sheet saja melainkan kamu bisa menghubungkan dengan berbagai platform mulai dari website, aplikasi, dan layanan pihak ketiga lainnya.

Fungsi dan Manfaat Google Data Studio

Ada beberapa fungsi tool Data Studio yang harus kamu ketahui yakni :

  • Bisa di gunakan untuk melakukan integrasi data dari banyak sumber dan di gabung menjadi 1.
  • Untuk transformasi data dan mengolahnya agar bisa di pahami dengan mudah.
  • Berfungsi untuk sharing data yang bersifat realtime bahkan kamu juga bisa mengundang orang lain untuk mengedit data secara bersama-sama.
  • Memungkinkan pengguna untuk melakukan visualisasi data agar mudah di pahami dan di sesuaikan dengan target audiens.
Google Data Studio

Selain beberapa fungsi di atas, Data Studio juga memiliki manfaat yang bisa di rasakan oleh semua pengguna seperti di antaranya yakni :

  • Bisa di gunakan secara gratis.
  • Terhubung dengan berbagai platform dan sumber.
  • Cukup mudah di gunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
  • Melakukan sharing data menjadi lebih mudah.
  • Bisa di lakukan kustomisasi.
Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Black Screen

Cara menggunakan Google Data Studio

Nah setelah mengenal secara dasar apa itu Data Studio, selanjutnya hal yang harus kamu ketahui adalah cara menggunakannya. Ada beberapa langkah yang harus di lakukan dalam menggunakan tool milik Google yang satu ini seperti :

Langkah 1, Mengakses data Studio

Langkah awal yang harus di lakukan untuk membuat Google Data Studio adalah dengan mengakses situs resmi Data Studio terlebih dahulu. Nantinya kamu bisa menghubungkan akun Google yang kamu miliki.

Langkah 2, Membuat dan menambahkan sumber data

Selanjutnya kamu bisa menambahkan sumber data dengan klik Create dan pilih Data Source. Kamu bisa memilih sumber data yang di inginkan atau dengan mencarinya di kotak pencarian. Kemudian setelah terhubung, kamu bisa melakukan akses sumber data dari file yang sudah ada dan bisa melanjutkan dengan membuat laporan.

Google Data Studio

Langkah 3, Membuat Laporan

Setelah sumber data di tambahkan, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat laporan. Caranya dengan klik Menu Create dan pilih Report pada halaman utama situs Data Studio.

Selanjutnya pilih sumber data yang ingin di gunakan. Selain itu nantinya kamu bisa membuat laporan sesuai dengan keinginan dengan mengubah tata letak, font, dan lainnya.

Kamu juga nantinya bisa menggunakan metric data jika di perlukan dengan masuk pada menu Data. Untuk menambahkan grafik, kamu bisa klik Add a chart dan sesuaikan dengan grafik yang di butuhkan. Lalu untuk menambahkan fungsi kontrol pada laporan yang di buat, kamu bisa klik Add a Control.

Jika laporan sudah siap, silahkan klik Share untuk membagikannya.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai apa itu Data Studio sekaligus cara menggunakannya untuk pemula. Secara umum, Google Data Studio ini sangat mudah untuk digunakan. Terlebih jika data yang di miliki dalam jumlah besar, tentu tools ini sangat membantu untuk melakukan visualisasi data dengan cepat.

Baca Juga:  4 Cara Mudah Memperbesar Resolusi Foto agar Tidak Pecah

Selain bisa digunakan secara gratis, Google Data Studio membantu kamu untuk menyusun strategi marketing yang lebih maksimal.

Baca Juga :

***