Epic99.com – Mengatasi laptop yang mengalami Black Screen. Laptop merupakan PC yang di desain lebih portable untuk meningkatkan mobilitas atau penggunaan. Dengan begitu kamu bisa membawa laptop kemanapun di butuhkan dengan mudah. Berdasarkan fungsinya, laptop sama dengan PC yang memudahkan pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan atau sebagai sarana hiburan.

Sama halnya dengan PC, laptop juga seringkali mengalami masalah dalam penggunaan yang salah satunya adalah BlackScreen.

Mengalami layar laptop yang Black Screen menjadi hal yang terbilang cukup mengganggu. Namun sebenarnya apa penyebab laptop Black Screen dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab laptop Black Screen

Ada beberapa penyebab laptop mengalami Black Screen. Selain karena terjadinya goncangan, penyebab di bawah ini umum terjadi dan banyak di alami oleh pengguna. Berikut ini beberapa penyebab terjadinya layar laptop Black Screen :

mengatasi laptop black screen
  • File Windows mengalami kerusakan atau corrupt.
  • Virus yang ada pada PC.
  • Terlalu sering menggunakan Laptop secara berlebihan atau overheat.
  • Kerusakan pada harddisk laptop.
  • Terlalu banyak start up yang di proses oleh laptop dalam waktu bersamaan.

Mengatasi laptop Black Screen

Setelah mengetahui penyebab yang umum terjadi pada laptop black screen. Sebaiknya untuk kamu tidak langsung membawa laptop ke tukang service. Berikut ini ada beberapa cara atau bisa di katakan pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar laptop yang black screen.

1. Cek layar

Untuk mengetahui apakah masalah blackscreen pada layar laptop berpengaruh dan ada hubungannya dengan LCD monitor, maka kamu bisa melakukan pengecekan layar. Hubungkan laptop dengan monitor eksternal seperti proyektor.

mengatasi laptop black screen
Faktor Utama Penyebab Proyektor no Signal dan Solusi Cara Mengatasi Tidak Ada Sinyal pada Proyektor

Nantinya jika proyektor bisa berjalan dengan normal, maka masalah yang terjadi adalah di karenakan kerusakan pada sistem. Sebaliknya jika proyektor gelap, maka bisa jadi kerusakan terjadi karena kabel display yang rusak.

Baca Juga:  7 Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Sering Lemot

2. Masuk ke Safe Mode

Untuk mengatasi laptop black screen, kamu bisa masuk pada safe mode atau mode aman. Selain itu caranya juga terbilang cukup mudah yakni hanya dengan memanfatkan tombol F8.

mengatasi laptop black screen

Biasannya tombol tersebut akan berisikan beberapa daftar sistem yang ada pada laptop. Kamu bisa pilih safe mode maka laptop akan langsung melakukan booting. Jika sudah masuk safe mode, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan restore system.

Klik Start pada Laptop, kemudian pilih All Programs > Accessories > System Tools > System Restore > System. Terakhir klik System Restore.

3. Kembali ke default BIOS

Penyebab lainnya yang umum terjadi sehingga mengakibatkan laptop menjadi Black Screen adalah karena pengaturan BIOS. Terlebih jika sebelumnya kamu melakukan pengeturan BIOS yang pada akkhirnya menyebabkan error. Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu mengembalikan pengaturan BIOS menjadi default.

mengatasi laptop black screen

Berikut beberapa langkahnya untuk bisa kamu praktekkan :

  • Masuklah terlebih dahulu ke menu BIOS.
  • Selanjutnya klik Exit.
  • Pilih Load Setup Defaults.
  • Pada tulisan Load Default Configuration Now, kamu bisa pilih Yes.

4. Periksa Hardisk

Jika mengalami layar laptop black screen, kamu bisa mencoba untuk melakukan pemeriksaan pada harddisk. Hal ini dikarenakan semua sistem berada di penyimpanan dalam harddisk. Oleh karenanya jika hardisk mengalami kerusakan, kemungkinan yang bermasalah bukan hanya blackscreen sja melainkan juga laptop tidak akan bisa melakukan reboot.

Untuk mengecek hardisk, kamu perlu melepaskan hardisk terlebih dahulu pada laptop dan memasangkannya ke laptop lain.


Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi layar laptop Black Screen. Cara diatas bisa kamu lakukan sebelum pada akhirnya membawa ke tukang service. Jika bisa diperbaiki sendiri akan lebih baik karena kamu mengetahui masalah yang terjadi pada laptop.

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan dan Menggunakan iCloud Drive di Iphone 

Namun jika semua cara sudah dicoba dan tidak kunjung ada jalan keluar yang berarti layar tetap blackscreen, maka jalan terkahir yang harus kamu lakukan adalah dengan membawanya ke tukang service resmi yang berpengalaman.

Baca Juga :

***