Cara Mudah Mematikan Rumus di Excel untuk Pemula

Cara mematikan rumus di Excel – Pimpinan biasanya meminta laporan harian atau bulanan dalam bentuk file bersih, tanpa rumus. Namun, terkadang orang tidak tahu cara menghilangkan rumus di Microsoft Excel, mungkin karena mereka belum mahir atau masih magang.

Sangat penting untuk menghilangkan semua rumus yang ada dalam laporan agar tidak terjadi kesalahan saat pengecekan yang dapat mengubah hasil akhir. Meskipun cara menghapus rumus di Microsoft Excel tanpa menghilangkan hasilnya tampak mudah, navigasi menjadi sulit. Selain itu, tidak ada tab khusus di Microsoft Excel yang dapat di gunakan untuk menghapus atau menghilangkan rumus.

Fungsi Paste Special di Excel

Setelah Anda mempelajari cara menghilangkan rumus di Microsoft Excel tanpa mengubah hasilnya, Anda mungkin ingin tahu apa perbedaan Paste biasa dengan Paste Special dan apa saja fitur yang di miliki Paste Special.

Secara umum, Paste di gunakan untuk menduplikat huruf dan angka yang telah disalin sebelumnya. Namun, Paste Special memiliki fungsi yang lebih luas, seperti memindahkan semua bagian dari sel atau menghapus bagian dari sel.

  • All
    Berfungsi untuk menduplikasi setiap bagian dari sel, kecuali rumus, sehingga bagian cell dapat di tempelkan ke baris atau lembar kerja lain.
  • Formula
    Berguna untuk menempelkan rumus ke dalam data yang telah di salin sebelumnya. Fitur ini hanya berhasil jika di gunakan bersama dengan fitur Operasi.
  • Values
    Adalah fitur yang memungkinkan penempelan hasil salinan data yang ada pada cell tanpa rumus, seperti yang di lakukan pada langkah sebelumnya.
  • Formats
    Di gunakan untuk menduplikasi format sel tanpa rumus atau nilai.
  • Koment
    Mampu menduplikasi komentar pada sel yang telah di salin.
  • Validation
    Termasuk fitur yang tidak biasa, seperti kemampuan untuk menduplikasi aturan validasi data.

Cara mematikan rumus di Excel

Cara ini untuk menghilangkan rumus dari Microsoft Excel dengan menggunakan menu Paste Special:

Pada tahap awal, blok semua sel yang ingin di hilangkan rumusnya. Kemudian, klik kanan pada mouse dan klik Copy untuk menyalin sel tersebut. Klik kanan lagi di sel yang sama, pilih Paste Special pada kotak yang muncul, klik Values, dan klik OK. Sekarang rumusnya sudah hilang dan hasil dari rumus yang di buat hanya akan di pisahkan.

Jika Anda ingin menghapus rumusnya dan menyalin hasilnya ke kolom atau lembar yang berbeda, pilih “Ukuran dan format angka” di kotak Paste Khusus dan klik OK. Ada cara lain yang dapat Anda coba selain metode di atas.

Cara menggunakan Paste Options untuk mematikan rumus di Microsoft Excel:

Pilih kolom yang ingin di hapus rumusnya, lalu klik kanan dan pilih Copy. Kemudian klik kanan lagi di kolom yang sama dan pilih opsi Paste. Di menu Opsi Paste, pilih kotak kedua nilai (V), yang di tandai dengan angka 123, dan klik dua kali di mana pun agar garis bergeraknya hilang.

Untuk menghilangkan rumus dari Microsoft Excel, berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan. Metode-metode ini juga berlaku untuk versi 2007, 2010, 2013, dan 2016. Mungkin hanya ada perbedaan pada tampilan atau letak menu.

Baca Juga :

***