Penyebab dan Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP

Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP – Pernahkah Anda mengalami tanda-tanda bahwa headset Anda tetap tidak menghilang meskipun Anda telah membuangnya? Kondisi ini terkadang membuat pengguna tidak nyaman karena tidak ada suara dari speaker. Namun, jangan khawatir. Untuk mengetahui cara menghilangkan tanda headset HP dengan cepat dan mudah, lihat ulasan berikut ini!

Pengertian Headset

Sebelum mengetahui cara-caranya, pelajari terlebih dahulu apa itu tanda headset dan penyebabnya, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Ketika headset terhubung ke HP, tanda ini muncul pada bar notifikasi. Dalam keadaan normal, tanda ini akan menghilang ketika Anda mencabut headset dari HP. Ketika headset dicabut, tandanya tetap muncul akan menjadi masalah karena perangkat HP menganggap headset masih tersambung.

Penyebab Muncul Tanda Headset dan cara menghilangkannya

Ada beberapa alasan mengapa tanda headset dapat muncul, di antaranya: Menggunakan headset yang tidak sesuai dengan standar; bug HP; kerusakan IC headset; dan kotoran di port jack

Menghilangkan tanda Headset di HP

Untuk menghilangkan tanda headset, coba menggunakan metode berikut ini; namun, jika tidak berhasil, Anda harus melakukan servis HP.

1. Jalankan Speaker Test

Sebelum mulai, Anda harus tahu bahwa metode ini hanya berlaku untuk ponsel dengan sistem operasi Android. Lakukan pengujian speaker dengan menggunakan metode berikut.

Untuk membuka Dial Pad Android di HP, tekan tombol dial dengan kode #0#. Tampilan akan muncul dalam mode pengecekan otomatis; jika muncul suara, tekan pada “Speaker” untuk keluar dari mode pengecekan. Tanda headset akan hilang jika HP Anda masih normal. Anda dapat menggunakan metode ketiga jika metode pertama gagal.

2. Restart HP

Selanjutnya, restart HP Anda untuk mengetahui apakah ada masalah pada perangkat Anda. Kesalahan pada perangkat dapat menyebabkan masalah sistem, seperti tanda headset yang tidak dapat dihilangkan. Dengan cara ini, HP akan disegarkan kembali untuk menghilangkan masalah. Untuk menghidupkan HP, hanya tekan tombol power seperti biasa. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga pilihan “Restart” muncul di layar. Tekan tombol tersebut dan tunggu beberapa detik agar HP menyelesaikan proses restart.

3. Menggunakan Aplikasi Earphone Toggle

Untuk menggunakan aplikasi Earphone Toggle, Anda harus menginstalnya terlebih dahulu. Jika Anda sudah menginstalnya dari Google PlayStore, Anda dapat menggunakan metode ini untuk menghilangkan tanda headset.

  • Sambungkan headset ke HP Anda. Buka aplikasi Earphone Toggle.
  • Tekan ikon “Speaker” dan lepaskan headset HP.
  • Jika ikon headset sudah menghilang, nyalakan suara HP. Selesai.

Jika ikon headset hilang tetapi tidak ada suara, Anda harus melakukan servis HP.

4. Lepas dan Pasang Kembali Headset

Tanda headset tidak hilang dengan mudah dengan melepasnya dan memasang kembali. Untuk melakukannya, lakukan hal-hal berikut:

  • Jalankan musik di HP Anda.
  • Pasang headset dalam beberapa saat, lalu lepas. Tunggu hingga 5 detik, lalu pasang lagi. Tunggu beberapa saat lagi, lalu lepas lagi.
  • Berakhir

Jika tidak ada perubahan dalam 10 detik, Anda dapat lanjutkan.

Baca Juga :

***