Penyebab dan Cara Mengatasi HP yang Gampang Ngelag

Epic99.com – Cara mengatasi HP ngelag. HP ngelag saat sedang di gunakan tentu sangat membuat kesal. Namun kamu tidak perlu panik begitu saja. Ngelag sendiri tidak hanya terjadi pada HP saja melainkan sering terjadi pada PC maupun laptop. Selain itu Ngelag biasanya di tandai dengan macetnya sistem saat ingin di gunakan.

Nah pada artikel kali ini akan di bahas mengenai penyebab HP sering ngelag dan bagaimana cara mengatasinya. Simak ulasan berikut !

Penyebab HP ngelag

Ada beberapa penyebab HP menjadi mudah ngelag. Berikut beberapa di antaranya :

  • Penyimpanan memori HP yang sudah penuh sehingga membuat kinerja HP menjadi lebih lemot dan terhambat.
  • Cache bisa di artikan sebagai sampah, di mana semakin banyak cache yang tersimpan di sistem, maka akan semakin membuat perangkat menjadi lag.
  • Aplikasi yang berjalan di belakang layar pada waktu yang bersamaan. Di mana bisa saja aplikasi tidak tertutup secara sempurna.
  • Kapasitas RAM yang tidak memadai terlebih saat RAM kecil namun di isi dengan beragam aplikasi berat. Selain itu seiring berjalannya waktu aplikasi selalu mengalami update sehingga tentunya juga memakan penyimpanan RAM.
  • Jika kamu mendownload aplikasi dari sumber yang tidak jelas, maka resikonya adalah aplikasi tersebut membawa virus. Oleh karena itu datangnya virus melalui aplikasi bisa membuat HP menjadi ngelag.

Cara mengatasi HP yang gampang ngelag

Nah setelah kamu mengetahui apa saja penyebab HP menjadi mudah ngelag, sekarang saatnya untuk mengetahui apa saja cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

1. Sebaiknya menghapus aplikasi yang tidak penting

Jika memori internal sudah habis dan menyebabkan HP menjadi ngelag, maka tidak ada jalan lain selain menghapus data yang menumpuk dalam memori. Kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak penting atau menghapus gambar maupun media lain.

Selain itu kamu bisa menggunakan alternatif lain yakni dengan membeli memori eksternal atau kartu SD. Kemudian pindahkan data dan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal.

2. Bersihkan Cache

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, cache biasa di sebut dengan sampah. Sehingga semakin banyak cache dalam sistem maka akan membuat HP menjadi lebih mudah ngelag. Oleh karena itu untuk mengatasinya kamu bisa memeriksa cache HP dan langsung membersihkannya.

Selain itu biasanya dalam beberapa tipe perangkat, sistem akan memberikan notifikasi jika cache sudah menumpuk dan perlu di bersihkan.

3. Menutup aplikasi yang berjalan dibelakang layar

Ada beberapa aplikasi yang tidak tertutup secara sempurna sehingga masih berjalan di belakang layar. Hal tersebutlah memungkinkan penggunaan HP menjadi lebih mudah ngelag. Untuk mengatasinya, kamu perlu menutup aplikasi dan jangan biarkan ada aplikasi yang berjalan di belakang layar.

4. Upgrade RAM

Jika kamu merasa HP mudah ngelag karena RAM yang sudah terlalu penuh, maka solusinya adalah dengan melakukan upgrade RAM. Hanya saja cara ini tidak bisa di lakukan sembarangan karena akan mempengaruhi perangkat itu sendiri. Sebaiknya untuk bertanya terlebih dahulu pada service center mengenai perangkat yang kamu gunakan apakah bisa di lakukan upgrade RAM atau tidak.

5. Bersihkan virus

Cara terakhir yang bisa di lakukan saat HP mudah ngelag adalah dengan scan virus yang ada. Kamu bisa menggunakan aplikasi yang tersedia pada AppStore maupun PlayStore.

Demikian penjelasan mengenai apa saja penyebab HP menjadi mudah ngelag sekaligus cara mengatasinya. Kamu bisa mencoba semua cara untuk memastikan sebenarnya apa yang menjadi penyebab utama HP kamu menjadi mudah ngelag.

Baca Juga :

***