Penyebab dan Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Terhubung

Apakah kamu pengguna ponsel Xiaomi? Merek HP yang satu ini memiliki beragam tipe yang berbeda-beda. Namun yang sering menjadi permasalahan adalah kamera Xiaomi mendadak tidak terhubung. Lalu apa permasalahannya? Terlebih kamera sendiri adalah salah satu fitur yang paling penting dalam smartphone.

Langsung masuk pada pembahasan utama, pada artikel kali ini akan diberikan ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung. Simak ulasan berikut hingga akhir !

Penyebab kamera Xiaomi tidak terhubung

Sebelum masuk pada cara mengatasi, pastikan kamu mengetahui dulu apa penyebab kamera Xiaomi yang tidak berfungsi. Secara umum, penyebab kamera Xiaomi tidak terhubung adalah kerusakan perangkat lunak, perangkat keras, atau permasalahan aplikasi.

  1. Kerusakan pada sofware atau perangkat lunak
    Dimana seringkali kamera Xiaomi tidak terhubung di karenakan terjadi kesalahan pada OS atau aplikasi kamera. Selain itu bisa jadi juga masalahnya adalah bug yang mengakibatkan kamera tidak bisa bekerja dengan baik.
  2. Masalah aplikasi Kamera
    Bukan tidak mungkin kamera Xiaomi tidak berfungsi justru di sebabkan oleh aplikasi kamera bawaannya. Di mana bisa di karenakan kesalahan kode program, cache yang memang menumpuk atau terjadi corrupt data.
  3. Kerusakan hardware
    Penyebab lainnya yang bisa terjadi sehingga membuat kamera Xiaomi tidak tterhubung adalah kerusakan hardware atau komponen kamera.

Mengatasi Kamera Xiaomi tidak terhubung

Setelah mengetahui apa saja penyebab kamera Xiaomi tidak nyala, selanjutnya kamu perlu mengetahui cara mengatasinya. Berikut ada beberapa opsi yang bisa di lakukan :

1. Memperbaiki kerusakan pada software

JIka masalah kamera Xiaomi tidak terhubung di karenakan kerusakan software, maka kamu perlu memeriksa pembaruan sistem dan aplikasi. Pastikan perangkat sudah memiliki versi OS terbaru dengan aplikasi kamera yang sudah di perbaiki. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan cache dan data kamera secara rutin.

Jika cara tersebut sudah di lakukan namun tetap tidak memperbaiki kamera, maka jalan terakhirnya adalah reset factory ke pengaturan pabrik. Namun sebelum itu, pastikan kamu sudah melakukan backup data terlebih dahulu untuk meminimalisir kehilangan data penting pada perangkat.

2. Menggunakan aplikasi kamera tambahan

Cara lainnya yang bisa di lakukan untuk mengatasi kamera Xiaomi tidak nyala adalah dengan menggunakan aplikasi kamera tambahan. Namun kamu bisa menggunakan alternatif ini hanya jika terjadi kerusakan pada aplikasi kamera. Selain itu jika aplikasi kamera bawaan memang terdapat masalah, maka kamu bisa menghapusnya sementara untuk kemudian di instal kembali.

Sejauh ini ada beberapa rekomendasi aplikasi kamera yang bisa di download di Google Play seperti Google Cam, Open Camera, atau FV-5.

3. Perbaiki kerusakan hardware

Kamu bisa menggunakan cara ini jika kamu merasa kamera Xiaomi tidak nyala karena terjadi kerusakan hardware. Bersihkan lensa kamera secara rutin menggunakan kain mikrofiber agar terhindar dari debu. Jika kerusakan tidak bisa di perbaiki, maka jalan terakhir adalah dengan menggantinya dengan komponen yang baru di service center.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kamera Xiaomi tidak terhubung sekaligus bagaimana cara mengatasinya. Pastikan kamu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mendeteksi apa penyebab kamera Xiaomi tidak ter hubung. Selanjutnya lakukan cara di atas dengan seksama agar permasalahan bisa segera teratasi.

Baca Juga :

***