6 Penyebab dan Cara Mengatasi Agar HP Tidak Cepat Panas

Epic99.com – Penyebab dan Cara HP tidak cepat panas. Dalam penggunaan HP maupun smartphone, seringkali pengguna mengeluhkan perangkat yang cepat panas. Hal tersebut tentunya di sebabkan oleh beberapa masalah dan tidak biasa di biarkan begitu saja. HP yang sering cepat panas jika terus di biarkan akan membuat kerusakan pada device di dalamnya.

Mungkin jika suhu panas pada HP yang telah di gunakan berjam-jam akan terlihat wajar. Namun akan menjadi hal berbeda jika penggunaan HP cepat panas bahkan jika hanya di gunakan dalam pemakaian yang baru beberapa menit saja.

penyebab dan cara agar hp tidak cepat panas

Lalu sebenarnya apa penyebab HP cepat panas walaupun baru sebentar di gunakan? Pada artikel kali ini akan di bahas langsung mengenai penyebab sekaligus cara mengatasinya. Simak ulasan berikut !

Penyebab HP cepat panas

Sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa HP cepat panas. Jika dalam penggunaan lebih dari 2 jam maka suhu panas pada perangkat akan terlihat normal saja. Namun jika suhu panas pada perangkat sudah terasa saat baru di mainkan beberapa menit maka akan menimbulkan masalah yang berbeda.

penyebab dan cara agar hp tidak cepat panas

Berikut ini beberapa penyebab HP cepat panas :

1. Sinyal terlalu lemah

Pada penggunaan HP, tentunya tidak terlepas dengan adanya penggunaan provider maupun jaringan. JIka sinyal jaringan HP terlalu lemah maka bisa menjadi penyebab suhu perangkat menjadi panas. Hal ini di karenakan perangkat akan bekerja lebih ekstra dalam mencari sinyal. Jika hal ini terjadi, cara mengatasinya cukup mudah yakni hanya dengan mematikan data atau sinyal selular saja. Selain itu kamu bisa mengaktifkan mode pesawat dalam waktu beberapa menit.

2. Permasalahan pada baterai

Penyebab lainnya yang sering terjadi sehingga mengakibatkan perangkat HP menjadi panas adalah permasalahan pada baterai. Jika baterai ponsel mengalami masalah, maka daya akan cepat habis begitu saja. Hal tersebutlah yang mengakibatkan HP menjadi mudah panas. Bahkan lebih dari itu,jika terus menerus dibiarkan maka bisa menyebabkan HP meledak.

Baca Juga:  Cara Bermain Ragnarok Eternal Love bagi Pemula

3. Permasalahan OS

Sistem operasi memiliki peranan penting pada HP. Jika sistem operasi atau OS bermasalah, maka bisa mengakibatkan perangkat menjadi cepat panas. Selain itu permasalahan atau adannya Bug pada OS bisa membuat fitur maupun aplikasi menjadi bekerja di belakang layar secara terus menerus. Jika hal ini sudah terjadi, maka kamu hanya perlu melakukan update pada OS.

4. Permasalahan pada aplikasi

Tidak hanya pada OS yang bermasalah, penyebab HP menjadi cepat panas lainnya adalah permasalahan pada aplikasi. Sering kali aplikasi berjalan di latar belakang tanpa henti. Hal ini tidak hanya menyebabkan perangkat menjadi mudah panas melainkan juga cukup rentan memakan RAM. Jika kamu menemukan aplikasi yang menjadi pusat masalah HP cepat panas, maka cara mengatasinya adalah dengan uninstal aplikasi tersebut.

5. Main game

Bermain game memang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Namun jika bermain game dalam waktu yang lama, maka akan mengakibatkan HP menjadi lebih cepat panas. Hal ini di karenakan game membuat layar, chipset, RAM, bahkan hingga storage menjadi bekerja dengan ekstra. Di sarankan untuk membatasi penggunaan HP untuk bermain game secara berlebihan.

6. Menggunakan charger palsu

Penggunaan charger palsu bisa menyebabkan HP menjadi lebih cepat panas. Hal ini dikarenakan charger palsu tidak dapat memenuhi kebutuhan penggunaan baterai. Selain itu daya listrik yang tidak sesuai di baterai juga membuat kinerjanya menjadi cepat menurun.

penyebab dan cara agar hp tidak cepat panas

Cara agar HP tidak cepat panas

Jika kamu merasa HP cepat panas bahkan jika baru di gunakan sekalipun, sebaiknya lakukan beberapa hal di bawah ini. Dari beberapa faktor yang menjadi penyebab HP cepat panas, berikut adalah beberapa cara mengatasinya :

  • Hindari penggunaan HP dibawah sinar matahari langsung. Selain itu sebaiknya untuk tidak menggunakan HP di lingkungan yang memiliki suhu panas.
  • Hapus semua aplikasi yang dianggap bermasalah.
  • Kurangi kecerahan pada HP.
  • Rutin melakukan update OS dan aplikasi.
  • Gunakan charger bawaan.
Baca Juga:  Cara Mudah Edit Twibbon di Picsart dan Canva

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi HP cepat panas. Hindari aktivitas penggunaan HP yang mengakibatkan perangkat menjadi cepat panas karena bisa menyebabkan kerusakan.

Baca Juga :

***