Epic99.com – Cara bermain Sudoku untuk pemula. Sudoku merupakan permainan teka – teki yang berbasis logika. Selain itu, permainan yang satu ini memiliki desain yang sederhana dengan aturan yang mudah di pahami. Namun bagi sebagian orang, permainan sudoku sering kali di anggap sulit untuk di menangkan.

Faktanya untuk bisa memenangkan permainan sudoku, kamu harus memiliki strategi dan perhitungan yang tepat. Sudoku sendiri memiliki beberapa tingkat kesulitan yang bisa di pilih oleh pemainnya. Di karenakan Sudoku bukan permainan tebak – tebakan, untuk itu kamu jangan mudah menebak dalam memainkan permainannya.

aturan permainan sudoku

Berikut ini Epic99 akan berikan penjelasan mengenai cara bermain Sudoku dengan mudah. Berikut ulasannya !

Cara Bermain Sudoku

Untuk bisa memenangkan permainan sudoku, pastikan kamu sudah mengetahui aturan permainannya terlebih dahulu. Hal tersebut sangat berguna bagi kamu yang ingin menyusun strategi dalam memenangkan permainannya.

Cara Bermain Sudoku

1. Isi dengan angka 1 hingga 9

Secara umum, permainan Sudoku akan berbentuk kotak yang berukurann 9×9. Di mana setiap baris dan kolomnya memiliki 9 kotak. Nantinya setiap baris tersebut harus di isi dengan angka 1 – 9. Namun yang menjadi tanatangan permainanya adalah angka tersebut tidak boleh berulang antar baris, kolom, dan perseginya.

Nantinya saat awal bermain Sudoku, kamu akan menemukan beberapa kolom sudah terisi sebagai kisi – kisi permainan. Tugas kamu selanjutnya adalah untuk melanjutkan pengisian kotak tersebut tanpa harus mengulangi angka yang tersedia.

2. Jangan mengulangi angka berapapun

Pastikan untuk kamu tidak mengulangi angka apapun. Hal yang harus kamu ingat adalah apabila pada kotak kiri sudah memiliki 7 dari 9 tempat yang sudah di isi, dengan begitu hanya tersisa 2 angka yang belum terisi yakni 5 dan 6. Selain itu dengan melihat nomor yang hilang dari setiap kotak, baris, maupun kolom, nantinya kamu bisa melakukan proses eliminasi.

Baca Juga:  List Keyword Google Dork dan Cara Menggunakannya

Bahkan kamu juga bisa menggunakann penalaran deduktif hingga akhirnya bisa memutuskan angka mana yang perlu di isi.

sudoku

3. Jangan asal menebak

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya. Sudoku bukanlah permainan tebak – tebakan. Oleh karenanya kamu sebaiknya kamu tidak asal menebak dalam permainannya. Jika nantinya kamu tidak tahu nomor mana lagi yang akan di masukan di kotak tertentu, sebaiknya untuk kamu terus melakukan pemindaian area lain hingga mendapatkan keksempatan untuk memasukan nomor.

4. Gunakan Proses Eliminasi

Cara lainnya yang harus kamu ingat dalam bermain Sudoku adalah dengan melakukan proses eliminasi. Proses eliminasi sendiri di lakukan dengan memeriiksa untuk melihat nomor lain yang manakah yang sudah masuk dalam kotak.

Pastikan kamu terus mengingat prinsip sederhana dalam permainan ini yaitu dengan menggunakan angka 1 -9, mengisi ruang kosong berdasarkan daya nalar, sekaligus tidak pernah mengulangi angka apapun dan di manapun.

Hal tersebut di karenakan aturan permainan Sudoku yang memiliki jutaan kemungkinan kombinasi angka dengan berbagai tingkat kesulitan.

manafaat bermain sudoku

Manfaat permainan Sudoku

Tidak hanya seru untuk dimainkan, permainan Sudoku juga memiliki banyak manfaat yang bisa kamu rasakan. Selain itu, permainan ini juga sangat berperan penting dalam perkembangan otak dan emosional. Berikut ini beberapa manfaat dalam bermain Sudoku :

  • Meningkatkan konsentrasi
  • Bisa mengalihkkan sumber kecemasan sehingga membuatmu menjadi lebih rileks dan santai.
  • Kamu akan terbiasa dengan masalah, karena seiring berjalannya waktu saat terus memainkan permainannya maka keterampilan dalam memecahkan masalah yang ada pada dirimu akan terus meningkat.
  • Meningkatkan memori.

Nah itulah penjelasan mengenai cara bermain Sudoku untuk pemula yang bisa kamu praktekkan. Selain dengan menyusun strategi yang maksimal, untuk bisa memenangkan permainannya maka sebaiknya kamu terus berlatih secara konsisten.***