6 Tips Bermain Drone Untuk Pemula : Jangan Terburu – Buru !

Epic99.com – 6 Tips bermain drone untuk pemula. Drone merupakan sebuah mesin yang bekerja dengan cara terbang dan memiliki kendali jarak jauh dari pilot yang di operasikan secara langsung oleh operator. Selain itu, drone sendiri memanfaatkan hukum aerodinamika untuk bisa mengangkat dirinya sendiri. Sehingga nantinya drone bisa kembali dan membawa muatan baik kamera, senjata, maupun muatan lainnya.

Untuk kamu yang baru memiliki drone, menjalankan fungsinya tentu harus dengan beberapa skill tertentu. Pastikan kamu bisa mengendalikan mesin tersebut dengan baik agar tidak terjadi hal yang membahayakan dan tentunya tidak di inginkan.


Namun jika kamu terbilang baru memiliki keahlian dalam menerbangkan sebuah drone. Sebaiknya simak tips di bawah ini untuk bisa menerbangkan sebuah mesin tersebut dengan baik.

1. Pahami buku panduan

Jika kamu baru membeli sebuah mesin drone, tentunya kamu akan mendapatkan buku panduan yang bermanfaat sebagai acuan dalam penggunaan drone. Untuk itu, sebaiknya pahami segala informasi yang ada pada buku panduan tersebut.

tips bermain drone untuk pemula Pahami buku panduan

Beberapa hal penting yang terdapat dalam buku panduan yang harus kamu perhatikan biasanya berupa fitur – fitur yang tersedia dalam sebuah mesin drone. Selain itu, perhatikan juga berbagai tombol yang tersedia pada remot control. Dengan begitu kamu akan dapat menerbangkan mesin drone dengan baik dan sempurna.

2. Strategi bermain

Sebelum akhirnya bisa menerbangkan sebuah mesin drone. Pastikan kamu menyiapkan strategi bermain yang ingin kamu tuju. Kamu bisa memulainya dengan mengecek perangkat agar tidak tertinggal apapun dan pastikan semua fungsinya bisa bekerja dengan baik.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek pada bagian baterai serta tidak lupa untuk memperhatikan bagian pelindung lainnya seperti baling – baling.

Baca Juga:  4 Cara Mudah Cek dan Bayar Pajak Kendaraan secara Online

3. Belajar tanpa memasang kamera

Terutama untuk kamu yang benar – benar masih awam dalam pengendalian mesin drone. Ada baiknya untuk kamu mencoba menerbangkan drone tanpa menggunakan kamera. Kamu bisa berlatih sesukamu tanpa kamera terlebih dahulu, kemudian jika di rasa sudah mampu untuk menerbangkannya, kamu bisa beralih dengan menggunakan kamera dan mulai merekam keadaan sekitar.

3. Belajar tanpa memasang kamera

Hal tersebut di lakukan untuk menghindari kejadian yang tidak terduga dan akan merusak bagian pada kamera sepeti drone yang jatuh, atau bahkan menabrak sesuatu.

4. Cari tempat yang aman

Mengendalikan drone untuk pemula tentunya membutuhkan tempat yang strategis. Area tersebut sangat penting untuk menunjang kelancaran penerbangan drone selama di kendalikan. Kamu bisa memilih tempat yang luas dan strategis untuk bisa menerbangkannya seperti lapangan ataupun hamparan yang luas.

4. Cari tempat yang aman

Dengan begitu kamu akan dengan mudah menerbangkan mesin drone sekaligus meminimalisir terjatuhnya mesin drone saat di terbangkan. Selain itu nantinya drone akan bisa terbang dengan lebih leluasa. Kamu juga bisa memilih alternatif dengan menerbangkan drone di tempat yang banyak rumput, agar saat drone mengalami jatuh maka tidak merusak sebagian besar perangkat yang ada.

5. Pastikan area bersih dari air, kotoran, dan angin kencang

Pastikan kamu menerbangkan drone ke tempat yang bersih dan tidak ada genangan air di bawahnya. Selain itu kamu juga bisa memperhatikan dengan kekuatan angin yang ada sehingga tidak mengganggu drone selama penerbangan. Hal tersebut biasanya angin yang terlalu kencang akan membuatmu menjadi sulit mengontrol drone.

6. Lakukan dengan berhati – hati

tips bermain drone untuk pemula Lakukan dengan berhati - hati

Jika semua ketentuan sudah bisa kamu pahami dengan baik, hal lainnya yang juga harus kamu perhatikan adalah cara menerbangkan drone dengan perlahan. Lakukan kendali drone dengan cara yang bertahap mulai dari naik keatas bawah, gerak kanan kiri, hingga drone bisa terbang bebas dan melayang. Pastikan kamu menerbangkan drone dengan tidak terburu – buru.

Baca Juga:  Cara Menggabungkan File dan Menghapus Halaman Kosong pada Word

Nah itulah beberapa tips bermain drone yang harus di perhatikan oleh pemula. Pastikan kamu mengikuti beberapa tips yang telah di jelaskan di atas untuk menghindari terjadinya hal yang tidak di inginkan pada drone yang baru saja kamu miliki.***