Tips Membeli Powerbank Agar Tidak Mudah Tertipu

Epic99.com – Tips membeli powerbank. Teknologi HP saat ini sudah semakin berkembang. Selain itu kegunaannya juga menjadi lebih penting dan terkadang mengharuskan penggunanya selalu dalam keadaan online. Oleh karena itu tak jarang pengguna HP membutuhkan aliran listrik di manapun untuk membantu jika tiba – tiba HP mengalami kehabisan baterai.

Namun ada alternatif lain yang lebih memudahkan kamu saat harus kehabisan baterai terutama di jam yang mendesak dan tidak ada aliran listrik di sekitar.

tips membeli powerbank

Sebagai contoh kamu sedang dalam perjalanan yang tidak memungkinkan untuk tetap mencharge HP. Powerbank menjadi jawaban dari permasalahan yang sedang kamu hadapi. Di mana kamu tetap bisa mengisi daya HP tanpa membutuhkan aliran listrik.

Selain itu powerbank juga di desain seringkas mungkin agar bisa di bawa kemanapun kamu inginkan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi jika kehabisan daya saat sedang jauh dari colokan listrik.


Tips membeli powerbank

Jika kamu tertarik untuk membeli powerbank, sebaiknya kamu harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini sebelum membeli. Agar powerbank yang kamu beli menjadi awet dan dapat mengisi daya HP dengan cepat.

1. Kapasitas

Saat ingin membeli powerbank, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah kapasitas powerbank. Hal tersebut di karenakan powerbank menyediakan kapasitas yang berbeda – beda dan tergantung pada harganya.

Kapasitas powerbank

Biasanya powerbank sendiri tersedia kapasitas mulai dari 1000mAh bahkan hingga 120.000mAh. Oleh karenanya, semakin besar kapasitas yang kamu pilih, tentunya akan semakin mahal juga harga yang harus kamu bayar.

Kamu bisa menyesuaikan kapasitas powerbank yang ingin kamu beli dengan kapasitas baterai HP yang kamu gunakan. Sebagai contoh kapasitas baterai HP yang kamu gunakan adalah 5.000mAh, kamu bisa memilih powerbank dengan minimal kapasitas 2 – 3 kali pemakaian yakni minimal 15.000mAh.

Baca Juga:  Cara Membuat Barcode Produk Menggunakan Barcode Generator

2. Port USB dan Jenis Baterai

Seiring perkembangan teknologi pada gadget, saat ini sudah banyak jenis port USB yang muncul. Terutama untuk smartphone terbaru saat ini kebanyakan sudah menggunakan port USB-C. Oleh karenanya pastikan powerbank yang akan kamu beli sudah mendukung port tersebut.

2. Port USB dan Jenis Baterai

Bahkan alangkah lebih baik jika kamu memilih powerbank yang mendukung lebih dari 1 port USB untuk memudahkan penggunaan.

Sedangkan untuk jenis baterai sendiri umumnya smartphone menggunakan jenis baterai Li-Ion dan hal tersebut tidak menjadi masalah karena hampir semua powerbank terbaru mendukung jenis baterai tersebut.

3. Fitur

Kamu bisa memilih powerbank berdasarkan fitur dan teknologinya. Berbagai kecanggihan di berikan oleh beberapa perusahaan powerbank untuk menjadikan produknya laris di pasaran.

tips membeli powerbank Fitur

Dengan begitu kamu bisa memilih powerbank yang memiliki fitur fast charging di mana kamu bisa melakukan pengisian daya dengan lebih cepat. Atau fitur lainnya seperti Wirelles charging atau bahkan Passthrough charging yang memungkinkan kamu untuk mencharge 2 perangkat sekaligus.

Selain itu kamu bisa memilih teknologi powerbank yang mendukung lampu indikator, center, hingga layar LCD. Semuanya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang ada.

4. Ukuran dan Desain

Tips lainnya yang harus kamu perhatikan saat ingin membeli powerbank adalah dengan melihat ukuran dan desain.

4. Ukuran dan Desain

Karena fungsinya, powerbank tentu memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah dibawa kemanapun. Dengan begitu kamu bisa memilih ukuran yang sekiranya nyaman untuk dibawa dan sesuai dengan kebutuhan.

Karena biasanya semakin besar kapasitas powerbank, maka akan semakin besar juga ukurannya. Selain itu kamu juga bisa menentukan desain dan warna yang sekiranya kamu sukai.

5. Harga

Tips lainnya yang tidak boleh tertinggal saat kamu ingin membeli powerbank adalah harga. Seperti pada uraian sebelumnya, harga powerbank akan disesuaikan dengan kapasitasnya.

tips membeli powerbank Harga

Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan. Namun tidak hanya itu saja, biasanya harga powerbank juga disesuaikan dengan hal lain yakni, merek, dan juga teknologi didalamnya.

Baca Juga:  Syarat dan Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis dari Pemerintah

Oleh karena itu sebaiknya kamu harus lebih teliti lagi dalam memilih powerbank yang ingin kamu beli. Pastikan juga kamu tidak tergiur dengan kapasitas besar namun harga yang murah.

Itulah beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum membeli powerbank. Dari informasi diatas, seharusnya kamu sudah tidak keliru dan tertipu lagi dalam membeli powerbank.***