Advertisements

Epic99.com – Aplikasi monitoring performa PC terbaik dan gratis. Jika kamu pengguna OS Windows, tentunya kamu gak asing dengan beberapa masalah yang sering terjadi pada sistem. Hal ini juga tidak terkecuali dengan PC atau laptop yang memiliki spesifikasi yang maksimal.

Oleh karenanya, Windows juga tentu membutuhkan perawatan dan servis yang di lakukan secara rutin. Beberapa orang biasanya akan langsung membawa PC atau laptop ke tukang service apabila sering mengalami masalah gangguan pada sistem OS Windows.

Namun saat membaca artikel ini, maka kamu sudah tidak perlu lagi untuk langsung membawa PC dan lapto ke tukang service apabila mengalami masalah. Hal ini di karenakan dengan adanya aplikasi yang tersedia untuk membantu permasalahan kamu.

Selain itu, beberapa aplikasi yang bisa mendiagnosis performa sistem juga bisa kamu download secara gratis dan dapat dengan mudah di gunakan. Berikut ini adalah beberapa aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mendiagnosa sistem PC atau laptop kamu.

1. Performance Monitor

Aplikasi yang satu ini merupakan besutan Windows yang hanya bisa di pakai pada OS sebelum Windows 10. Secara umum aplikasi ini hanya menampilkan persentase mengenai prosesor time untuk mengetahui berapa persen sistem PC kamu sedang di gunakan.

performance monitor

Saat membuka aplikasinya, maka kamu akan melihat perfomance monitor yang tersedia pada menu monitoring tools. Selain itu, kamu juga akan bisa menambah tools lainnya yang ingin di diagnose seperti energi yang sedang di gunakan, pemakaian disk, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Crystal Disk Info

Menjadi aplikasi terbaik untuk mendiagnosa sistem PC terutama pada hard drive (HDD) dan juga solid state drive (SSD). Hal ini di karenakan biasanya lebih sulit untuk mengetahui kondisi HDD menggunakan aplikasi diagnosa yang lain.

Baca Juga:  5 Cara Streaming Film di Netflix Secara Gratis

Selain itu, aplikasi ini memberikan wampilan yang komplit dari semua keadaan sistem mulai dari HDD, SSD, bahkan hingga USB Drive.

crystal disk info

Tentunya aplikasi ini akan mengkalkulasi kesehatan sistem secara keseluruhan di sertai tampilan suhu, uptime, error states, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Download aplikasi Crystal Disk Info

3. CPU-Z

Menjadi aplikasi diagnosa sistem terbaik. CPU-Z dapat memindai sistem dengan melihat konfigurasi pada hardware internalnya.

Selain itu, aplikasi ini juga akan sangat bermanfaat apabila kamu lupa dengan berbagai komponen yang sudah kamu install terutama saat kamu merakit PC sendiri.

cpu-z

CPU-Z juga bisa membantu untuk memverifikasi berbagai komponen yang ada pada PC. Sehingga kamu akan mengetahui kualitas pada komponen PC yang kamu gunakan

Download aplikasi CPU-Z

4. Speccy

Menjadi salah satu aplikasi monitoring sistem terbaik yang bisa kamu gunakan. Selain itu aplikasi ini juga sangat kompatibel dengan semua sensor yang terintegrasi pada PC dan bisa mendeteksi data dengan akurat.

Kamu juga akan bisa mengetahui suhu pada CPU dan juga GPU pada aplikasi Speccy yang bisa kamu download secara gratis ini.

aplikasi monitoring performa pc speecy

Download Aplikasi Speccy

5. Open Hardware Monitor

Aplikasi diagnosa terbaik lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Open Hardware Monitor. Open Hardware Monitor sendiri merupakan aplikasi yang bermanfaat untuk memonitor suhu pada CPU dan juga GPU.

aplikasi monitoring performa pc open hardware monitor

Selain itu aplikasi ini bisa di gunakan secara gratis dan juga bersifat open source. Tampilan antarmuka pada Open Hardware Monitor juga terbilang sangat sederhana dan plain.

Download aplikasi Open Hardware Monitor

Nah, itulah beberapa aplikasi monitoring performa PC untuk mendiagnosa sistem yang bisa kamu gunakan untuk perawatan sistem PC secara berkala. Dengan melakukan cara ini, kamu akan mengetahui masalah pada sistem PC sebelum langsung membawanya ke tukang service.***