6 Rekomendasi Aplikasi Cek Suhu Terbaik untuk PC

Aplikasi Cek Suhu PC – Salah satu hal yang harus kita lakukan adalah memantau suhu perangkat kita. Banyak pengembang telah mengembangkan aplikasi yang dapat mengukur suhu CPU, GPU, dan hardware lainnya. Aplikasi pengukur suhu CPU dan hardware lainnya sangat penting. Dengan bantuan aplikasi ini, kita dapat mencegah komputer dan laptop kita menjadi terlalu panas.

Aplikasi Cek Suhu PC

1. Real Temp

Selain itu, Real Temp adalah aplikasi gratis yang cocok untuk mengukur suhu hardware pada perangkat komputer atau laptop, terutama bagi mereka yang memiliki prosesor Intel. Real Temp kompatibel dengan prosesor single core, dual core, quad core, i3, i5, i7, dan i9. Ini akan menampilkan suhu prosesor secara real time, serta suhu terendah dan tertinggi sejak komputer dihidupkan. Selain itu, Anda dapat mengaktifkan alarm untuk memberi tahu Anda jika suhu hardware terlalu tinggi.

2. AIDA64 Extreme

AIDA64 Extreme adalah aplikasi terakhir yang dapat Anda coba untuk mengukur suhu CPU dan hardware lainnya. Aplikasi ini cocok untuk mereka yang senang mengutak-atik komputer atau laptop karena dapat memeriksa suhu hardware dan melakukan benchmark perangkat.

Tidak mengherankan bahwa ukuran AIDA64 Extreme jauh lebih besar daripada aplikasi sebelumnya, mencapai hampir 50MB. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat kinerja RAM dan GPU serta memastikan apakah ada masalah dengan perangkat. AIDA64 Extreme memiliki antarmuka yang mirip dengan Microsoft Console Management. Anda dapat mengunduh AIDA64 Extreme secara gratis untuk uji coba selama 30 hari.

3. HWMonitor

HWMonitor adalah salah satu program gratis yang paling mudah digunakan. Aplikasi pengukur suhu CPUID ini memiliki kemampuan untuk memantau suhu motherboard, prosesor, harddisk, dan GPU. HWMonitor menunjukkan voltase dan watt prosesor selain suhu. Selain itu, Anda dapat mengekspor data yang telah dimonitor ke dalam dokumen teks.

4. Speedfan

Bahkan sebelum Windows XP dirilis, Speedfan adalah salah satu aplikasi gratis lama. Speedfan memiliki kemampuan untuk menampilkan suhu prosesor, kecepatan fan, dan tegangan. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengontrol kecepatan fan komputer Anda dan memberi tahu Anda jika suhu prosesor terlalu tinggi.

Selain itu, Speedfan memiliki fitur grafik yang membantu Anda menganalisis suhu dan tegangan hardware lebih lanjut.

5. Open Hardware Monitor

Open Hardware Monitor sebenarnya mirip dengan HWMonitor, tetapi memiliki fitur tambahan. Ini menunjukkan suhu hardware, frekuensi prosesor dan GPU, informasi RAM, dan bahkan status harddisk atau SSD.

Anda dapat mengunduh Open Hardware Monitor secara gratis di website resminya dan memiliki kemampuan untuk dikustomisasi, seperti mengubah nama, menyembunyikan nilai, dan mengubah offset. Pastikan Anda menjalankan aplikasi ini sebagai Administrator agar Anda dapat memanfaatkan semua fiturnya.

6. CPU Thermometer

CPU Thermometer adalah aplikasi paling sederhana dan paling mudah digunakan untuk melacak suhu hardware; itu hanya menampilkan informasi suhu pada prosesor. Ukuran CPU Thermometer hanya sekitar 300KB. Jika Anda hanya ingin tahu suhu prosesor, termometer CPU adalah solusi yang tepat.

Baca Juga :

***