Cara Mengubah Suhu Fahrenheit ke Celcius di Remote AC

mengubah suhu remote ac – Pengukuran suhu udara dapat menggunakan satuan yang berbeda-beda. Di luar negeri, tak sedikit negara yang menggunakan satuan Fahrenheit. Di Indonesia sendiri, satuan suhu yang umum di gunakan adalah Celcius. Jika AC yang di beli menggunakan satuan Fahrenheit, bagaimana cara mengubah suhu Fahrenheit ke Celcius di remote AC?

Sebelum mencari tahu cara mengubah suhu Fahrenheit ke Celcius di remote control, ada baiknya Anda mengetahui dulu perbedaan antara Fahrenheit dan Celcius. Kemudian, kenapa ada yang menggunakan satuan Fahrenheit dan ada yang menggunakan satuan Celcius?

Fahrenheit adalah skala yang di gunakan untuk mengukur suhu berdasarkan titik beku dan titik didih air. Skala Fahrenheit di temukan oleh Daniel Gabriel Fahrenheit, ilmuwan asal Jerman, pada awal tahun 1700-an.

Selanjutnya Fahrenheit merancang alat pengukur suhu dengan menggunakan alkohol dan merkuri. Pengukuran yang ia lakukan itu menetapkan air beku pada suhu 32 derajat F dan mendidih pada suhu 212 derajat F. Suhu tubuh manusia sendiri 96 derajat F.

Cara pengukuran itu sebenarnya sama dengan Celcius, yakni sebagai metrik untuk menentukan panas dan dingin. Skala Celsius di temukan oleh Anders Celsius, ilmuwan asal Swedia, pada 1742.

Perbedaan antara Fahrenheit dan Celcius adalah Celcius memiliki titik beku 0 derajat dan titik didih 100 derajat. Selain itu, Celcius di dasarkan pada pemisahan skala 100, sedangkan Fahrenheit di dasarkan pada pemisahan 180 derajat.

Inggris dan Amerika Serikat adalah negara-negara yang menggunakan satuan suhu Fahrenheit. Negara-negara koloni Inggris juga umumnya menggunakan satuan suhu Fahrenheit alih-alih Celcius.

Jika AC yang Anda beli menggunakan satuan Fahrenheit, bisa jadi Anda tidak familiar dengan ukuran suhu yang terlihat karena sudah terbiasa menggunakan satuan Celcius. Oleh sebab Itu, satuan Fahrenheit perlu di ubah dulu menjadi satuan Celcius. Cara mengubah suhu Fahrenheit ke Celcius di remote AC sangat mudah. Simak tipsnya di bawah.

Cara Mengubah Suhu Fahrenheit ke Celcius pada Remote AC

Bagi pengguna AC tak perlu bingung bila unit AC yang Anda beli menggunakan satuan Fahrenheit. Anda juga tak perlu repot-repot menghafalkan satuan Fahrenheit untuk bisa mengatur pemakaiannya.

Pertama-tama kenali dulu fungsi tombol-tombol pada remote AC AQUA Elektronik:

  • Tombol on/off: berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan unit AC
  • Tombol temperature atas bawah : berfungsi untuk mengatur suhu yang di inginkan
  • Tombol mode berfungsi untuk memilih mode pada ac seperti auto, cool,dry, fan dan heat
  • Tombol swing berfungsi untuk mengatur arah bergeraknya swing ac
  • Tombol fan berfungsi untuk mengatur kecepatan kipas yaitu low, medium dan high
  • Tombol timer off/on: untuk mengatur timer on atau timer off pada ac
  • Tombol clock berfungsi untuk mengatur waktu di ac sama seperti timer
  • Tombol sleep berfungsi sebagai mode tidur cocok di gunakan ketika anda istirahat di malam hari
  • Tombo turbo berfungsi untuk meningkatkan kecepatan kipas menjadi lebih kencang

Berikut tips cara mengubah suhu Fahrenheit ke Celcius di remote control AC

  • Pastikan AC dalam keadaan mati
  • Pastikan remote AC dalam keadaan off
  • Tekan tombol mode dan tombol panah ke bawah secara bersamaan maka seketika akan berubah menjadi Celcius

Dengan begitu, keterangan suhu AC pada remote akan berubah menjadi Celcius. Cara tersebut juga bisa di gunakan untuk mengubah suhu Celcius ke Fahrenheit, yaitu :

  • Pastikan AC dalam keadaan mati
  • Pastikan remote AC dalam keadaan off
  • Tekan tombol mode dan tombol panah ke bawah secara bersamaan maka seketika akan berubah menjadi Fahrenheit.

Baca juga Rekomendasi Aplikasi Desain 3D Terbaik Versi Android