Cara Dapat Uang Dari Spotify untuk Pemula

Cara Dapat Uang Dari Spotify – Spotify adalah salah satu platform streaming musik paling populer di dunia, menawarkan jutaan lagu dari berbagai genre, artis, dan negara. Apakah Anda tahu bahwa ada metode untuk menghasilkan uang dengan Spotify? Karena Spotify tidak hanya menyediakan layanan musik, tetapi juga podcast, membuat podcast adalah cara yang bagus untuk orang kreatif mendapatkan uang.

Mengenal Podcast Spotify

Selain menjadi platform streaming musik, Spotify juga menyediakan podcast, yaitu konten audio yang membahas berbagai topik seperti hiburan, pendidikan, bisnis, dll. Berapa biaya untuk podcast Spotify? Podcaster yang membuat podcast di platformnya tidak di bayar langsung oleh Spotify; namun, podcaster dapat mendapatkan uang dari berbagai sumber.

Spotify dapat menghasilkan uang melalui iklan, sponsor, barang, crowdfunding, atau pemandu acara. Hal-hal seperti jumlah pendengar, kualitas konten, dan kolaborasi dengan orang lain memengaruhi hasil.

Menurut laporan AdvertiseCast, rata-rata CPM untuk podcast adalah USD18, yang menunjukkan bahwa biaya per seribu tayangan iklan adalah cara yang paling umum untuk mengetahui berapa banyak iklan yang di bayar.

Cara Dapat Uang dari Podcast Spotify

1. Dari Iklan

Kamu bisa mendapatkan uang dari podcast Anda dengan menampilkan iklan di sana, mencari sponsor sendiri atau melalui agensi, dan juga memanfaatkan fitur Spotify Ad Studio untuk membuat dan menjalankan iklan audio sendiri.

2. Menjual Merchandise

Anda dapat menjual barang-barang yang berkaitan dengan podcast, seperti kaos, mug, dan stiker, di akhir setiap episode atau di media sosial. Dengan cara ini, Anda dapat mendapatkan keuntungan dari penjualan dan meningkatkan loyalitas pendengar.

3. Crowfunding

Cara tambahan untuk menghasilkan uang dari Spotify adalah dengan meminta pendengar setia Anda untuk berdonasi melalui platform crowdfunding seperti Patreon atau Karyakarsa. Dengan berdonasi, Anda dapat menawarkan berbagai keuntungan kepada pendengar yang berdonasi, seperti akses ke konten eksklusif, panggilan telepon, atau konsultasi pribadi.

4. Membangun Jaringan

Kamu bisa membangun jaringan media dengan podcaster lain atau dengan platform lain, seperti YouTube atau Instagram. Kamu bisa melakukan kolaborasi, cross-promotion, atau endorsement dengan jaringan media Anda untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan popularitas podcast kamu.

Kelebihan Spotify

1. Ringan dengan Tampilan Sederhana

Sepertinya para developer Spotify berfokus pada membuat aplikasinya mudah di gunakan daripada membuat tampilan yang menarik. Seperti yang di tunjukkan oleh tampilan berlatar belakang hitam dan teks putih, sangat nyaman bagi pengguna untuk melihatnya. Karena tampilannya yang sederhana dan ringan, aplikasi tidak memakan waktu lama saat di buka. Jangan takut untuk menginstal Spotify pada smartphone low-end Anda.

2. Musik Terupdate

Anda hanya perlu menunggu beberapa hari—atau bahkan beberapa jam—setelah sebuah lagu baru di rilis oleh penyanyi atau band di aplikasi pemutar musik Spotify. Saya sangat merekomendasikan aplikasi ini bagi mereka yang ingin tetap up-to-date dengan musik terbaru dari Indonesia dan Barat.

3. Playlist Beragam

Bagi mereka yang bingung memilih lagu untuk didengar, tenang saja; aplikasi Spotify memiliki banyak playlist yang dapat kita gunakan untuk mendengarkan lagunya. Selain itu, kita juga dapat mengikuti atau mengikuti playlist tersebut, sehingga kita tidak perlu mencari lagi ketika kita ingin mendengarkannya.

Selain itu, ada Chart, yang menampilkan lagu yang paling banyak didengar dan sedang viral di Indonesia dan di seluruh dunia. Bahkan, di aplikasi Spotify, kita juga dapat melihat lagu hits dan viral dari berbagai negara, seperti Jepang, Belgium, Vietnam, dan banyak lagi.

4. Tersedia Konten Podcast

Spotify bukan hanya aplikasi untuk mendengarkan musik; pengguna dapat mendengarkan banyak podcast, mulai dari yang menye-menye alias galau, komedi, zodiak, hingga podcast motivasi. Oleh karena itu, ketika kita bosan mendengarkan lagu, kita dapat mendengarkan berbagai podcast melalui aplikasi Spotify. Aplikasi ini dapat digunakan selama berjam-jam dalam sehari.

Baca Juga :

***