Advertisements
esport

Game esports memang tengah dalam performa meningkat saat ini. Sebuah game memang saat ini menjadi jauh lebih menarik jika terdapat kompetisi esport yang merangkul seluruh pemain, pelaku serta komunitas di dalamnya. Di Indonesia pun sudah cukup banyak game esports dan semakin populer.

Berbagai judul game kini menjadi sangat populer di Indonesia. Bahkan kini tidak lagi memerlukan perangkat yang rumit dan mahal karena bisa bermain lewat perangkat mobile. Beberapa game populer kini sudah banyak ada dalam bentuk turnamen resmi, yaitu esport atau olah raga elektronik. Meskipun sudah menjadi salah satu cabang olah raga, banyak masyarakat atau orang masih belum paham soal olahraga itu.

Esport menjadi salah satu olahraga baru yang mulai menjadi primadona baru dalam kompetisi olahraga internasional. Misalnya saja SEA Games, Asian Games, dan juga yang lainnya. Bahkan juga banyak pemain Indonesia yang menjajal permainan ini dan menjadi juara.

Mobile Legends

game esport mobile legends

Kita tidak meragukan lagi, bahwa Mobile Legends adalah salah satu game yang paling banyak pemainnya di Indonesia. Bahkan, game ini menjadi salah satu game pelopor dari mekarnya esports di Tanah Air. Game Mobile Legends berhasil meraih popularitas yang sangat tinggi di Indonesia, semua berkat game yang terbilang ringan tanpa mengorbankan kualitas visual dan gameplay. Berkat keunggulan yang dimiliki, game besutan Moonton itu sukses merangkul gamer dari berbagai kalangan karena dapat berfungsi di smartphone dengan spesifikasi “kentang” sekalipun.

Sejauh ini, game Mobile Legends sukses menjadi salah satu game favorit di berbagai turnamen esports di Indonesia. Beberapa turnamen besar yang mempertandingkan game ini seperti SEACA 2018, Piala Presiden 2019, hingga MPL (Mobile Legends Professional League). Lewat rangkaian turnamen itu, Moonton berhasil membuat minat terhadap game ini tetap menyala-nyala.

PUBG

PUBG

Battlegrounds PlayerUnknown atau PUBG adalah permainan dengan genre battle royale, yang bisa bermain dengan 100 orang sekaligus. Di dalam game ini, pemain dapat bermain solo, tim 2 orang, tim 4 orang, juga dapat mengundang teman untuk bergabung dalam permainan sebagai tim.

Game ini juga menjadi salah satu game yang banyak penggemarnya dari masyarakat Indonesia. Bahkan, tim PUBG Mobile asal Indonesia, Bigetron Esports, berada di peringkat kelima dalam turnamen tingkat dunia.

Berdasarkan hasil survey dari situs DailySocial, PUBG Mobile berada di posisi kedua sebagai game esports. Melihat dari sisi game, PUBG Mobile masih mempertahankan gameplay dari versi PC, namun tentu saja dengan kontrol dan kualitas grafis dengan penyesuaian. Mengingat tren smartphone saat ini yang hadir dengan spesifikasi tinggi namun harga murah, menjajal game PUBG Mobile dengan setting grafis tertinggi harusnya bukan masalah bagi sebagian besar gamer.

FIFA

game esport FIFA

Well, fakta yang cukup mengejutkan datang dari game konsol FIFA. Sebanyak 12,8% gamers di Indonesia ternyata lebih banyak bermain FIFA apabila Anda membandingkan dengan kompetitornya yaitu PES. Kehadiran game sepak bola sebagai salah satu game esports yang paling banyak pemainnya. Apalagi mengingat fans sepak bola di Indonesia tergolong sangat besar. Maka tak heran jika banyak dari mereka yang justru menyalurkan hasrat mereka kedalam game semacam ini.

Game simulasi sepakbola ini sendiri memang sudah cukup banyak hadir di scene kompetitif esports Indonesia. Mulai dari turnamen kecil hingga besar yang mempertandingkan game FIFA kerap hadir di Indonesia. Uniknya, menurut statistik, game ini masih lebih banyak penggemar dari gamer perempuan ketimbang gamer laki-laki, meski perbedaan selisihnya tak terlalu jauh.

By Mita