Cara Pembayaran Paspor Online, Mudah dan Cepat !

Cara Pembayaran Paspor Online – Tahukah Anda bahwa bayar paspor dapat di lakukan dengan mudah secara online? Ini benar-benar memudahkan dan membantu orang-orang membayar tanpa pergi ke kantor.

Ditjen Imigrasi telah meluncurkan M-Passpor, sebuah aplikasi untuk mengajukan permohonan paspor. Aplikasi M-paspor terintegrasi dengan sistem pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan menggunakan sistem pembayaran multi kanal. Oleh karena itu, status pembayaran langsung dapat di update di aplikasi dan pemohon dapat menggunakan kanal yang telah disediakan.

Bagaimana cara membayar paspor melalui internet? Pembayaran dapat di lakukan dengan empat metode berikut: m-banking, e-commerce, mini market, dan kantor pos. Baca artikel selengkapnya di bawah ini.

Cara pembayaran paspor online melalui m-banking

1. BNI

Anda dapat mengakses layanan perbankan BNI Mobile Banking melalui smartphone Anda. Layanan ini memungkinkan Anda melakukan transaksi seperti pembayaran dan transfer uang dengan cara yang mudah, aman, dan cepat.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan pembayaran melalui salah satu aplikasi mobile banking berikut:

Dalam aplikasi BNI Mobile Banking, buka menu Pembayaran. Kemudian, pilih menu “Penerimaan Negara”. Di kolom tagihan, masukkan nomor kode bayar MPN G2. Pilih “Ok”. Tagihan untuk pembayaran paspor akan otomatis di ambil melalui pendebetan rekening Anda. Simpan bukti pembayaran untuk pengambilan paspor.

2. Livin’ by Mandiri

Aplikasi mobile banking Bank Mandiri bernama Livin’s by Mandiri memungkinkan Anda melakukan pembayaran paspor. Berikut tata caranya:

Buka aplikasi Livin by Mandiri dan pilih menu “Bayar”. Kemudian, pilih menu “Pajak”. Pilih menu “Pajak/PNBP/Cukai”. Masukkan nomor kode bayar MPN G2 di kolom tagihan aplikasi dan pilih “Ok”. Tagihan untuk pembayaran paspor akan otomatis di ambil melalui pendebetan rekening Anda. Simpan bukti pembayaran untuk pengambilan paspor.

3. BSI

Untuk mengambil paspor, buka aplikasi BSI Mobile dan pilih menu “Bayar”. Pilih “Penerimaan Negara (MPN). Kemudian, pilih “Pajak”, “Cukai”, “SBN”, atau “Paspor”. Dalam aplikasi, masukkan nomor kode bayar MPN G2 ke dalam kolom tagihan dan pilih “Ok.”

Cara pembayaran paspor online melalui Indomaret

Pembayaran dengan paspor dapat di lakukan di toko Indomaret terdekat. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

Beritahu kasir Indomaret bahwa Anda akan melakukan pembayaran PNBP. Beri tahu mereka tentang kode pembayaran/MPN G2, dan mereka akan memeriksa detail tagihan Anda. Bayar sesuai dengan detail yang di sebutkan, dan simpan resi pembayaran.

Cara bayar paspor melalui E-Wallet DANA

Bukalah aplikasi Dana di smartphone Anda, klik menu semua menu. Kemudian, pilih menu “Buka Bill”. Pilih “Penerimaan Negara” dan klik PNBP. Dalam kolom tagihan, masukkan nomor kode pembayaran MPN. Selanjutnya lakukan konfirmasi pembayaran dengan menggunakan pin aplikasi Pembayaran telah di lakukan. Simpan bukti untuk pengambilan paspor.

Cara pembayaran paspor online melalui Kantor Pos

Kunjungi kantor pos terdekat dan katakan kepada petugas bahwa Anda akan membayar paspor. Beri tahu mereka tentang kode pembayaran/MPN G2. Tunggu sampai mereka memberi tahu Anda tentang detail tagihan. Kemudian, lakukan pembayaran dan simpan resi.

Bukalapak

Di smartphone Anda, buka aplikasi Bukalapak dan pilih menu Semua Menu. Kemudian, pilih menu Tagihan. Kemudian, pilih menu Bayar Paspor. Di kolom tagihan, masukkan nomor kode pembayaran MPN. Konfirmasi pembayaran dengan masukkan PIN aplikasi Pembayaran telah dilakukan. Simpan bukti pembayaran untuk pengambilan paspor.

Baca Juga :

***