Cara Membuat dan Menggunakan QRIS untuk Pembayaran Digital

Epic99.com – Cara membuat dan menggunakan QRIS. Belakangan ini metode pembayaran digital tanpa menggunakan uang cash cukup populer di kalangan masyarakat. Seperti salah satu yang paling banyak di gunakan adalah QRIS. Apa itu QRIS? Mungkin sebagian dari kamu masih bingung tentang bagaimana cara penggunaannya.

Metode pembayaran QRIS biasanya menggunakan QR Code yang sesuai dengan kepanjangannya yakni Quick Response Code Indonesian Standars. Dalam artian QRIS mengandalkan kode untuk melakukan pembayaran dalam proses yang cepat.

Lalu bagaimana cara penggunaan QRIS? Pada artikel kali ini akan di jelaskan tidak hanya bagaimana cara penggunaannya melainkan juga cara pembuatannya. Simak ulasan berikut hingga akhir untuk bisa di praktekkan !

Apa itu QRIS?

Pertama-tama mari kita bahas sebenarnya apa itu QRIS? Di lansir dari beberapa sumber QRIS adalah penyatuan dari berbagai macam QR dari PJSP yang menggunakan QR Code. Selain itu QRIS di kembangkan secara langsung oleh industri sistem pembayaran bersama dengan BI. Hal ini di lakukan bertujuan agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih cepat, mudah, dan terjaga keamanannya.

cara membuat dan menggunakan QRIS

QRIS sendiri di luncurkan pertama kali oleh Bank Indonesia tepatnya pada 17 Agustus 2019. Di mana para pihak yang terlibat dalam penggunaan QR Code pembayaran wajib menyesuaikan QR Code yang digunakan dengan standarisasi yang di tetapkan QRIS.

Oleh karena itu aplikasi pembayaran yang belum mengikuti standarisasi QRIS hanya akan bisa membayar di merchant yang memiliki akun PJSP sama saja.

Seiring berjalannya waktu QRIS sudah memungkinkan penggunaan melalui aplikasi pembayaran manapun dari PJSP untuk melakukan transaksi QR Code di seluruh merchant yang berlogo QRIS.

Cara mendaftar dan menggunakan QRIS

Selanjutnya masuk pada inti pembahasan mengenai bagaimana cara mendaftar dan menggunakan QRIS. Adapun beberapa persyaratan harus di penuhi terlebih dahulu sebelum mendaftar QRIS.

cara membuat dan menggunakan QRIS

Syarat pendaftaran QRIS

1. Badan Usaha

Nah untuk kamu yang memiliki badan usaha dan ingin membuat QRIS, mudah saja persyaratan yang harus di penuhi seperti di antaranya adalah :

  • KTP pemilik usaha
  • Nomor KK yang sesuai dengan KTP
  • Scan Akta perusahaan berikut nama badan usaha
  • Scan NPWP perusahaan
  • Surat kuasa asli (jika diwakilkan oleh staff)
Baca Juga:  Panduan Lengkap Google Tag Manager untuk Bisnis Pemula

2. Individu

Jika pendaftaran QRIS untuk badan usaha membutuhkan beberapa persyaratan, berbeda dengan pembuatan QRIS untuk individu. Dalam artian kamu hanya membutuhkana 2 syarat saja yakni KTP dan KK yang sesuai dengan KTP.

cara membuat dan menggunakan QRIS

Cara penggunaan QRIS

1. Untuk Merchant

Setelah mempersiapkan beberapa persyaratan, berikut beberapa langkah yang harus di gunakan sebelum menggunakan QRIS :

  • Lakukan pembukaan akun QRIS bisa secara online maupun datang langsung di kantor cabang PJSP penyelenggara QRIS.
  • Selanjutnya lengkapi data usaha dan dokumen yang dibutuhkan.
  • Tunggu hingga sistem melakukan proses verifikasi.
  • Nantinya akan dilakukan proses pembuatan Merchant ID dan pencetakan kode QRIS.
  • Jika stiker QRIS sudah dikirimkan kemudian instal aplikasi sebagai merchant.

2. Untuk konsumen

Menggunakan QRIS untuk konsumen sebenarnya tidak berbeda jauh dengan merchant. Di mana kamu harus tetap membuat akun dengan menginstal aplikasi salah satu PJSP yang sudah berizin QRIS.

Setelah melakukan registrasi, selanjutnya isi saldo pada akun untuk melakukan pembayaran pada merchant sesuai pada petunjuk aplikasi. Kemudian masukkan nominal transaksi dan jangan lupa untuk masukkan PIN. Klik Bayar dan tunggu hingga kamu mendapatkan notifikasi.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu praktekkan tentang bagaimana cara membuat dan menggunakan QRIS. Di karenakan sistem pembayaran ini menggunakan metode digital, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil agar proses transaksi bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga :

***

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Powerpoint di HP