Cara Downgrade Miui dengan Mudah, Bisa Semua Versi !

Cara Downgrade Miui – Dengan banyaknya fitur dan peningkatan yang di tawarkannya, sebagian pengguna ponsel Xiaomi mungkin akan tertarik untuk mengganti antarmuka sistem MIUI 14 dengan versi sebelumnya. Melakukan update ke antarmuka MIUI terbaru sangat mudah. Salah satunya adalah memanfaatkan opsi pembaruan OTA (Over the Air), yang memiliki fitur updater bawaan yang dapat di akses melalui halaman pengaturan setiap ponsel Xiaomi.

Update ke MIUI 14 pun tidak perlu di lakukan secara manual, bahkan jika Anda sudah mengaktifkan pengaturannya sebelumnya. Saat perangkat tidak di gunakan (misalnya pada malam hari), proses mengunduh dan pembaruannya dapat berjalan secara otomatis.

Sayangnya, beberapa pengguna tidak akan langsung menyukai antarmuka sistem generasi baru tersebut. Pembaruan kadang-kadang membawa masalah baru, seperti bug pengembangan, fitur yang hilang, dan ponsel yang terasa lebih berat. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa sebagian dari anda ingin melakukan downgrade dari MIUI 14 dan kembali ke antarmuka sebelumnya. Karena fitur rollback sudah tidak tersedia, kita harus menggunakan teknik khusus untuk berhasil.

Apa itu Downgrade Miui?

Downgrade dapat berarti mengembalikan MIUI ke versi yang lebih rendah dari versi yang lebih tinggi atau paling baru. Misalnya, smartphone Anda saat ini menggunakan ROM MIUI 14, tetapi Anda merasa tidak nyaman di sana dan ingin kembali ke MIUI 13 atau versi yang lebih rendah. Sejauh ini, downgrade MIUI sudah tidak bisa di lakukan jika perangkat Xiaomi Anda telah di update ke ROM versi ARB 4—juga dikenal sebagai Anti-Rollback—

Sebelum Anda tahu cara downgrade MIUI, Anda harus memastikan bahwa versi ARB ada di ROM MIUI yang di gunakan pada HP Xiaomi Anda. Karena itu, memaksa untuk downgrade meskipun perangkat Xiaomi Anda menggunakan ROM versi ARB 4, dapat menyebabkan bootloop saat menyalakan ulang perangkat.

Cara Downgrade Miui

  • Anda harus mengunduh berkas recovery ROM untuk MIUI 14 dan MIUI 13 yang ingin Anda pasang.
  • Pastikan bahwa berkas pemulihan ROM sesuai dengan perangkat yang di gunakan.
  • Letakkan kedua berkas ROM pemulihan ke dalam folder yang mudah di temukan.
  • Untuk membuka halaman pengaturan, cari menu About phone dan klik menu MIUI version. Untuk membuka halaman updater, klik tombol More (ikon titik tiga) di pojok kanan atas. Pilih menu Pilih paket pengupdatean dan cari dua berkas pemulihan ROM yang telah di unduh sebelumnya.
  • Akses recovery ROM MIUI 14 yang paling baru.
  • Tunggu hingga proses pemulihan ROM selesai.
  • Setelah muncul tombol Reboot and update, tekan tombol Home untuk membuka aplikasi manajer file.
  • Ubah nama berkas recovery ROM MIUI 14 versi terbaru supaya berbeda dari versi sebelumnya.
  • Untuk mengubah nama berkas recovery ROM MIUI 13, gunakan nama yang berhasil di salin.
  • Setelah selesai, kembali ke halaman updater dan tekan tombol Reboot dan Update. Biarkan sistem melakukan pembaruan dan masuk ke Menu MIUI Recovery.
  • Cari menu Wipe Data di MIUI Recovery dan pilih opsi Wipe All Data. Setelah selesai, kembali ke menu utama dan pilih opsi Reboot dan pilih opsi Reboot to System.
  • Ponsel akan melakukan pemuat ulang dan bergabung dengan sistem utama.
  • Lakukan pengaturan awal seperti yang di lakukan pada ponsel baru.

Nah itulah beberapa langkah untuk downgrade Miui dengan mudah. Selamat mencoba !!

Baca Juga :

***